Nasional
Share this on:

Bank Dunia Bantu Rp76 Miliar

  • Bank Dunia Bantu Rp76 Miliar
  • Bank Dunia Bantu Rp76 Miliar

JAKARTA - Sejumlah pemimpin lembaga internasional menyempatkan diri menengok kondisi Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) di sela-sela acara Annual Meeting IMF–World Bank 2018 yang digelar di Bali sejak awal pekan lalu. Dalam kunjungan Jumat (12/10), mereka menyatakan komitmen untuk membantu proses rekonstruksi pasca gempa dan tsunami yang memporak poranda beberapa kota di daerah tersebut.

Sejumlah tokoh yang hadir di antaranya Sekjen Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) Antonio Gutteres, CEO Bank Dunia Kristalina Georgieva, dan Country Director for Indonesia, Asian Development Bank (ADB) Winfried Wicklein. Saat mereka meninjau Palu, Wakil Presiden Jusuf Kalla turut mendampingi. JK menyampaikan bahwa beberapa lembaga internasional memiliki pengalaman membantu rekonstruksi pasca bencana.

Bank Dunia dan PBB misalnya, ikut terlibat saat menangani bencana tsunami di Aceh 2014 lalu. Karena itu, ia menyampaikan ucapan terima kasih atas komitmen kedua lembaga untuk kembali terlibat. ”Sangat membantu dalam melakukan rekonstruksi Aceh,” kata Wapres.

Pada kesempatan itu juga, pria asal Sulawesi Selatan itu menyampaikan apresiasinya terhadap komitmen ketiga lembaga untuk memberi bantuan. Sekjen PBB Antonio Gutteres dalam pernyataannya mengungkapkan keprihatinan yang mendalam dan solidaritas dari negara-negara anggota PBB.

”Solidaritas terhadap para korban yang terdampak sangat luar biasa,” kata Gutteres. Dia mengapresiasi respons cepat Pemerintah Indonesia dalam menangani bencana. Untuk itu, dia bersama para komunitas internasional akan terus mendukung.

Sehingga penanganan bencana ini menjadi efektif. ”Saya percaya komunitas internasional siap memberi bantuan untuk memulihkan, merekonstruksi Palu,” ujarnya.

Di tempat yang sama, CEO Bank Dunia Kristalina Georgieva menyampaikan simpati yang sama. Dia menyatakan bahwa tantangan dari bencana adalah membangun kembali dengan lebih baik. Pihaknya pun siap membantu dengan menggelontorkan dana.

Untuk bantuan, World Bank menyiapkan dana sebesar USD 5 juta atau Rp 76 miliar untuk membantu proses rekonstruksi. Harapannya, dapat memberikan manfaat kepada mereka yang kehilangan segalanya. Pernyataan duka juga disampaikan Country Director for Indonesia, Asian Development Bank (ADB) Winfried Wicklein.

”Kami prihatin atas apa yang terjadi, dan kami siap membantu yang dibutuhkan oleh Indonesia,” ujarnya.

Sejalan uluran tangan dari berbagai instansi maupun organisasi luar negeri, pemerintah dengan semua potensi yang mereka miliki terus berusaha membenahi wilayah terdampak gempa maupun tsunami. Membersihkan puing bangunan menjadi salah satu pekerjaan yang tengah digarap oleh masyarakat bersama aparat. Tidak hanya itu membuka akses jalan yang sempat tertutup juga mereka lakukan bersama-sama.

Satuan Tugas (Satgas) Divisi Infanteri 3/Kostrad yang turut bergabung dalam upaya penanggulangan dampak gempa maupun tsunami di Sulteng dikerahkan untuk membuka kembali jalur Donggala – Palu maupun sebaliknya. Kapten Infanteri Fajar Eko yang memimpin satgas tersebut menyampaikan bahwa akses jalan penting.

”Sangat vital dan harus segera dilakukan,” imbuhnya.

Menurut Fajar, akses jalan tersebut bukan hanya penting untuk memudahkan distribusi dan penyaluran bantuan. Tetapi, juga penting sebagai salah satu fasilitas penunjang aktivitas masyarakat. ”Sebagai infrastruktur sosial dan ekonomi masyarakat,” terang dia.

Akses jalan itu, masih kata dia, juga penting untuk mobilisasi tenaga, peralatan, dan perlengkapan yang bakal digunakan untuk membangun kembali sejumlah fasilitas umum.

Menurut Komandan Batalyon Infanteri Para Raider 432/Waspada Setia Jaya Mayor Infanteri Gustiawan Ferdianto, anak buahnya digerakan tidak lain untuk mempercepat proses membuka jalan tersebut. ”Akan kami gempur (kerjakan) sampai akses jalan dapat berjalan dengan lancar. Dan tentunya roda perekonomian dan kegiatan sosial lainnya pun (diharapkan) akan segera pulih,” tegas Gustiawan.

Berdasar data yang dia miliki, jalan yang menghubungkan Donggala dengan Palu juga menghubungkan Sulteng dengan Sulawesi Barat. ”Itu alasan utama lain pembukaan akses jalan itu menjadi prioritas kami,” imbuhnya.

Karena itu pula, sambung dia, Kodim 1306/Donggala turut serta membuka jalur tersebut. Menurut Gustiawan, tanpa bantuan prajurit yang biasa bertugas di sana, akan sulit mempercepat pembukaan jalan. Sebab, mereka yang tahu medan. (far/syn/jpg)

Berita Sebelumnya

Ribuan Honorer K2 Daftar CPNS
Ribuan Honorer K2 Daftar CPNS

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Begini Penampakan Lukisan Binantang Tertua di Dunia

Begini Penampakan Lukisan Binantang Tertua di Dunia

Tiga binatang mirip sapi gemuk tergambar di gua Lubang Jeriji Saleh, Kalimantan Timur. Gambar yang paling besar tingginya mencapai 2 meter lebih.


BNPB Minta Tambahan Dana Lagi Rp500 Miliar

BNPB Minta Tambahan Dana Lagi Rp500 Miliar

Masa tanggap darurat bencana gempa dan tsunami Sulawesi Tengah (Sulteng) menyedot anggaran besar.


Tekan Biaya Meeting, Panitia Tak Sediakan Wine

Tekan Biaya Meeting, Panitia Tak Sediakan Wine

Bali semakin siap menyambut kedatangan para delegasi acara pertemuan tahunan International Monetary Fund (IMF)-World Bank Group di Nusa Dua, Kabupaten Badung.


Kehabisan Dana, Kemensos Butuh Rp567 Miliar

Kehabisan Dana, Kemensos Butuh Rp567 Miliar

Kejadian bencana alam besar yang hampir berurutan, Lombok kemudian Sulawesi Tengah, ternyata menguras anggaran penanganan bencana di Kementerian Sosial (Kemenso


Idrus Bantu Eni Minta Uang dari Kotjo

Idrus Bantu Eni Minta Uang dari Kotjo

Sidang perdana perkara dugaan korupsi pembangunan PLTU Mulut Tambang Riau 1 memang hanya untuk Johanes Budisutrisno Kotjo sebagai terdakwa.


Keluarga Budi Mulya Tagih Janji KPK

Keluarga Budi Mulya Tagih Janji KPK

Keluarga terpidana mantan Deputi Bidang Moneter Bank Indonesia (BI) Budi Mulya kembali mendatangi gedung KPK kemarin (19/9).


Isu SARA Reda, Ganti Soal Ekonomi

Isu SARA Reda, Ganti Soal Ekonomi

Pertarungan di dunia maya selama pemilu diprediksi tidak akan banyak menyinggung isu-isu suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA).


Kopassus Bantu Evakuasi Pendaki Rinjani

Kopassus Bantu Evakuasi Pendaki Rinjani

Mabes TNI kembali mengirim pasukan untuk membantu masyarakat pasca gempa 6,4 skala richter mengguncang Nusa Tenggara Barat (NTB).


Boediono: Penghapusan Hutang BLBI Berdasarkan Sistem

Boediono: Penghapusan Hutang BLBI Berdasarkan Sistem

Sidang dugaan korupsi Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) kembali digelar kemarin di Pengadilan Tipikor, Jakarta kemarin (19/7).


Banjir Hadiah Menanti Zohri

Banjir Hadiah Menanti Zohri

Sprinter muda Indonesia Lalu Muhammad Zohri langsung kebanjiran hadiah setelah menjadi juara dunia lari 100 meter kejuaraan dunia U-20.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!