Nasional
Share this on:

Baru 720 Kendaraan yang Kembali ke Jakarta

  • Baru 720 Kendaraan yang Kembali ke Jakarta
  • Baru 720 Kendaraan yang Kembali ke Jakarta

Foto: jawa pos.com

JAKARTA - Sudah 720 ribu kendaraan kembali ke Jakarta melalui Tol Trans Jawa hingga H+3 arus balik Lebaran, Minggu (9/6) lalu. Dari total arus mudik diperkirakan masih ada 497 ribu kendaraan yang belum kembali ke Jakarta. Untuk menghindari kepadatan, kebijakan one way atau satu arah di ruas Tol Cikampek diperpanjang.

Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol Refdi Andri mengatakan kebijakan satu arah atau "one way" di tol Cikampek diperpanjang hingga Senin (10/6). Perpanjangan sistem one way karena arus kendaraan yang menuju Jakarta masih tinggi.

"Iya diperpanjang sampai Senin ini," katanya dalam pesan yang diterima, Senin (10/6).

Dijelaskannya, kebijakan satu arah di tol yang mengarah ke Jakarta terdiri atas dua ruas, yakni ruas tol Kali Kangkung (KM 414) hingga Cikampek Utama (KM 70) dan Cikampek Utama (KM 70) hingga KM 29 (Cikarang Utama). "Untuk tol Cikampek Utama hingga Cikarang Utama, diperpanjang hingga pukul 08:00 WIB. Sedangkan untuk ruas Kali Kangkung hingga Cikampek Utama diperpanjang hingga pukul 24:00 WIB," bebernya.

Pada puncak arus balik Minggu (9/6), data Polda Metro Jaya, mencatat 93.845 unit kendaraan masuk ke tol Cikampek Utama. Sementara bedasarkan data PT Jasa Marga, sebanyak 720 ribu kendaraan telah kembali ke Jakarta hingga H+3 arus balik Lebaran, Minggu (9/6). Angka ini naik 67,38 persen dari lalu lintas harian rata-rata (LHR) normal yang hanya 429.944 kendaraan.

Corporate Communication Department Head PT Jasa Marga Irra Susiyanti mengatakan angka 720 ribu sama dengan 59 persen dari total arus mudik sebesar 1,21 juta kendaraan sejak H-7 sampai H-1 Lebaran 2019. "Jadi masih ada 41 persen atau sebanyak 497 ribu kendaraan yang masih belum melakukan perjalanan dari Jakarta," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Senin (10/6).

Dijelaskannya, distribusi lalu lintas di tiga arah tol sebanyak 62 persen dari arah timur atau dari GT Cikampek Utama atau 276.989 kendaraan dan GT Kalihurip Utama sebanyak 112.190 kendaraan. Sedangkan dari arah barat sebesar 22 persen via GT Cikupa Jalan Tol Merak-Tangerang atau 159.532 kendaraan, dan 16 persen dari arah selatan via GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi sebanyak 115.978 kendaraan.

Terpisah, Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan sekitar 70 persen pemudik yang menggunakan jasa kereta api belum kembali ke Jakarta melalui Stasiun Pasar Senen dan Gambir. PT KAI mencatat total sebanyak 720.098 penumpang dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen. Dan yang belum kembali ke Jakarta sebanyak 506.970 penumpang.

Data PT KAI Daop 1 Jakarta, sejak 6-10 Juni 2019 jumlah penumpang tiba di Stasiun Gambir sebanyak 98.156 orang. Sedangkan total keberangkatan 315.705 orang. Sementara di Stasiun Pasar Senen, jumlah penumpang tiba sebanyak 114.970 orang dan penumpang berangkat 404.393 orang.

Eva mengatakan ratusan ribu pemudik yang belum pulang karena mengambil cuti kerja agar bisa lebih lama di kampung halaman. "Pemudik (yang berangkat) saat H-4 dan H+1 Lebaran masih tinggi," katanya, Senin (10/6).

Eva menambahkan arus balik penumpang kereta api menuju Jakarta diprediksi terjadi pada 9 Juni hingga 16 Juni mendatang. (gw/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Soal Sosialisasi Zonasi PPDB, Mendikbud Salahkan Pemda

Soal Sosialisasi Zonasi PPDB, Mendikbud Salahkan Pemda

Muhadjir Effendy menyalahkan Pemerintah Daerah (Pemda) yang kurang sosialisasi terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sistem zonasi.


Jalan di Depan MK Mulai Ditutup

Jalan di Depan MK Mulai Ditutup

Jalan Medan Merdeka Barat Jakarta Pusat di depan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) ditutup selama berlangsungnya rapat hakim MK, mulai Senin (24/6) kemarin.


Siapa sih Saksi 02 yang Ketakutan?

Siapa sih Saksi 02 yang Ketakutan?

Tim hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menyebut ada saksinya yang ketakutan, usai memberi kesaksian di Mahkamah Konstitusi (MK).


MK Kirim Surat, BPN Tunggu Utusan

MK Kirim Surat, BPN Tunggu Utusan

Mahkamah Konstitusi (MK) telah mengirimkan surat pemberitahuan sidang pembacaan putusan kepada seluruh pihak yang berperkara.


KPK Harus Segera Cari Pengganti Irjen Firli

KPK Harus Segera Cari Pengganti Irjen Firli

Pimpinan KPK bersiap untuk merekrut Deputi Penindakan yang baru untuk menggantikan posisi Irjen (Pol) Firli.


Daftar Calon Pimpinan KPK, Pati Polri Harus Mundur

Daftar Calon Pimpinan KPK, Pati Polri Harus Mundur

Sembilan perwira tinggi (Pati) Polri yang akan ikut seleksi capim KPK, diminta mengundurkan diri.


TKN dan BPN Sama-sama Yakin Menang

TKN dan BPN Sama-sama Yakin Menang

Tim kuasa hukum Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Uno optimistis menang sengketa Pilpres 2019 yang tengah disidangkan MK.


Banyak Diprotes, Sistem Zonasi Penerimaan Siswa baru Akhirnya Dievaluasi

Banyak Diprotes, Sistem Zonasi Penerimaan Siswa baru Akhirnya Dievaluasi

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 dengan sistem zonasi akhirnya dievaluasi atas perintah Presiden Joko Widodo.


KPU Protes Disebut Bagian dari Tim 01

KPU Protes Disebut Bagian dari Tim 01

Sejumlah saksi dan ahli yang dihadirkan tim kuasa hukum pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin membantah keterangan ahli 02.


Tim Hukum Prabowo-Sandi Makin Pede

Tim Hukum Prabowo-Sandi Makin Pede

Tim hukum pasangan Prabowo Subianto - Sandiaga Uno meyakini kesaksian yang disampaikan Hairul Anas Suaidi dalam sidang, Rabu (19/6) lalu.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!