Nasional
Share this on:

Baru 720 Kendaraan yang Kembali ke Jakarta

  • Baru 720 Kendaraan yang Kembali ke Jakarta
  • Baru 720 Kendaraan yang Kembali ke Jakarta

Foto: jawa pos.com

JAKARTA - Sudah 720 ribu kendaraan kembali ke Jakarta melalui Tol Trans Jawa hingga H+3 arus balik Lebaran, Minggu (9/6) lalu. Dari total arus mudik diperkirakan masih ada 497 ribu kendaraan yang belum kembali ke Jakarta. Untuk menghindari kepadatan, kebijakan one way atau satu arah di ruas Tol Cikampek diperpanjang.

Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol Refdi Andri mengatakan kebijakan satu arah atau "one way" di tol Cikampek diperpanjang hingga Senin (10/6). Perpanjangan sistem one way karena arus kendaraan yang menuju Jakarta masih tinggi.

"Iya diperpanjang sampai Senin ini," katanya dalam pesan yang diterima, Senin (10/6).

Dijelaskannya, kebijakan satu arah di tol yang mengarah ke Jakarta terdiri atas dua ruas, yakni ruas tol Kali Kangkung (KM 414) hingga Cikampek Utama (KM 70) dan Cikampek Utama (KM 70) hingga KM 29 (Cikarang Utama). "Untuk tol Cikampek Utama hingga Cikarang Utama, diperpanjang hingga pukul 08:00 WIB. Sedangkan untuk ruas Kali Kangkung hingga Cikampek Utama diperpanjang hingga pukul 24:00 WIB," bebernya.

Pada puncak arus balik Minggu (9/6), data Polda Metro Jaya, mencatat 93.845 unit kendaraan masuk ke tol Cikampek Utama. Sementara bedasarkan data PT Jasa Marga, sebanyak 720 ribu kendaraan telah kembali ke Jakarta hingga H+3 arus balik Lebaran, Minggu (9/6). Angka ini naik 67,38 persen dari lalu lintas harian rata-rata (LHR) normal yang hanya 429.944 kendaraan.

Corporate Communication Department Head PT Jasa Marga Irra Susiyanti mengatakan angka 720 ribu sama dengan 59 persen dari total arus mudik sebesar 1,21 juta kendaraan sejak H-7 sampai H-1 Lebaran 2019. "Jadi masih ada 41 persen atau sebanyak 497 ribu kendaraan yang masih belum melakukan perjalanan dari Jakarta," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Senin (10/6).

Dijelaskannya, distribusi lalu lintas di tiga arah tol sebanyak 62 persen dari arah timur atau dari GT Cikampek Utama atau 276.989 kendaraan dan GT Kalihurip Utama sebanyak 112.190 kendaraan. Sedangkan dari arah barat sebesar 22 persen via GT Cikupa Jalan Tol Merak-Tangerang atau 159.532 kendaraan, dan 16 persen dari arah selatan via GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi sebanyak 115.978 kendaraan.

Terpisah, Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan sekitar 70 persen pemudik yang menggunakan jasa kereta api belum kembali ke Jakarta melalui Stasiun Pasar Senen dan Gambir. PT KAI mencatat total sebanyak 720.098 penumpang dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen. Dan yang belum kembali ke Jakarta sebanyak 506.970 penumpang.

Data PT KAI Daop 1 Jakarta, sejak 6-10 Juni 2019 jumlah penumpang tiba di Stasiun Gambir sebanyak 98.156 orang. Sedangkan total keberangkatan 315.705 orang. Sementara di Stasiun Pasar Senen, jumlah penumpang tiba sebanyak 114.970 orang dan penumpang berangkat 404.393 orang.

Eva mengatakan ratusan ribu pemudik yang belum pulang karena mengambil cuti kerja agar bisa lebih lama di kampung halaman. "Pemudik (yang berangkat) saat H-4 dan H+1 Lebaran masih tinggi," katanya, Senin (10/6).

Eva menambahkan arus balik penumpang kereta api menuju Jakarta diprediksi terjadi pada 9 Juni hingga 16 Juni mendatang. (gw/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Belum Copot Kapolda, Masih Fokus Penegakan Hukum Karhutla

Belum Copot Kapolda, Masih Fokus Penegakan Hukum Karhutla

Presiden Jokowi berjanji akan mencopot Kapolda dan Danrem yang tak mampu mengatasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).


DPR Usul Jokowi Segera Lantik Pimpinan KPK Baru

DPR Usul Jokowi Segera Lantik Pimpinan KPK Baru

Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyerahkan tanggung jawab pengelolaan KPK kepada Presiden Joko Widodo.


Begini Maksud KPK Serahkan Mandat ke Presiden

Begini Maksud KPK Serahkan Mandat ke Presiden

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menyatakan tetap akan menjalankan tugas pemberantasan korupsi seperti yang diamanatkan oleh Undang


Soal Dewan Pengawas KPK, DPR-Pemerintah Belum Deal

Soal Dewan Pengawas KPK, DPR-Pemerintah Belum Deal

Dewan Pengawas KPK dalam Daftar Inventarisir Masalah (DIM) yang diajukan pemerintah, masih menjadi topik pembahasan.


Kabut asap Kian Tebal, Sejumlah Kota Lumpuh

Kabut asap Kian Tebal, Sejumlah Kota Lumpuh

Asap dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di wilayah Provinsi Riau sudah menyebar ke negara tetangga.


Terindikasi Bau Sangit, Kapolri Didesak Tarik Firli

Terindikasi Bau Sangit, Kapolri Didesak Tarik Firli

Komposisi lima pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023 yang baru saja ditetapkan Komisi III DPR menuai kritik dari sejumlah mantan komisio


Jabatan Baru Firli Tak Bisa Diganggu Gugat

Jabatan Baru Firli Tak Bisa Diganggu Gugat

Irjen Pol Firli Bahuri terpilih menjadi Ketua KPK periode 2019-2023 melalui voting anggota Komisi III DPR.


Bukan Mandataris, KPK Tak Bisa Serahkan Tanggungjawab ke Presiden

Bukan Mandataris, KPK Tak Bisa Serahkan Tanggungjawab ke Presiden

Langkah sebagian pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyerahkan tanggungjawab ke Presiden Joko Widodo sebagai langkah yang salah.


Lima Komisiner Baru Harus Berani Tolak Revisi UU KPK

Lima Komisiner Baru Harus Berani Tolak Revisi UU KPK

Polemik revisi UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK, terus bergulir. Kali ini, Partai Gerindra menyatakan menolak revisi tersebut.


Jokowi Setuju KPK Punya SP3

Jokowi Setuju KPK Punya SP3

Presiden Joko Widodo menegaskan UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK perlu direvisi secara terbatas. Sebab, ada poin-poin yang disetujui dan ditolak oleh presiden



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!