Nasional
Share this on:

Begini Penampakan Lukisan Binantang Tertua di Dunia

  • Begini Penampakan Lukisan Binantang Tertua di Dunia
  • Begini Penampakan Lukisan Binantang Tertua di Dunia

BERKURANG: Lukisan cap tangan negatif di Gua Tewet Di sini paling banyak ditemukan garca namun kondisinya semakin berkurang dan rusak.(M RIDHUAN/KALTIM POST)

KALIMANTAN - Tiga binatang mirip sapi gemuk tergambar di gua Lubang Jeriji Saleh, Kalimantan Timur. Gambar yang paling besar tingginya mencapai 2 meter lebih.

Gambar binatang itu bukan baru dibuat. Tapi sudah ada sejak sekitar 40–52 ribu tahun lalu. Hal itu terungkap dalam jurnal Nature yang dirilis Rabu (7/11). Para peneliti meyakini bahwa itu adalah lukisan binatang dalam gua yang tertua di dunia.

Sejatinya, lukisan di gua Lubang Jeriji Saleh itu sudah ditemukan sejak lebih dari sepuluh tahun lalu. Tapi kala itu para peneliti belum berhasil menentukan berapa usia lukisan tersebut. Mereka akhirnya menggunakan teknologi yang disebut analisis seri uranium untuk menentukan usia luksian itu.

Hasilnya diketahui bahwa lukisan tersebut lebih tua dari pemegang rekor tahun 2014 lalu. Yaitu lukisan babi rusa di Sulawesi yang berusia 35 ribu tahun.

'Itu mungkin spesies binatang ternak liar yang masih bisa ditemukan di hutan-hutan Kalimantan,'' ujar arkeolog dan profesor di Griffith University, Australia Maxime Aubert seperti dikuti USA Today. Dia adalah penulis utama di jurnal tersebut.

Belum diketahui itu adalah jenis binatang apa ataukah apa arti binatang itu bagi para manusia purba yang melukisnya. Ada kemungkinan itu bukan hanya sekedar binatang yang mereka buru untuk dimakan. Tapi punya arti penting.

''Penemuan baru ini mendorong diskusi tentang apakah peristiwa sejarah atau evolusi mendorong ledakan kreativitas manusia yang hampir bersamaan,''

Itu karena lukisan gua ternyata tidak hanya ada di benua Eropa seperti pemikiran banyak peneliti selama ini. Tapi juga ada di Asia. Seni melukis itu berkembang dan berevolusi di Eropa dan Asia kurang lebih di waktu yang hampir bersamaan. Para seniman di Asia Tenggara diyakini memiliki peranan kunci dalam perkembangannya.

Lukisan yang ada di gua ubang Jeriji Saleh itu bukan hanya binatang. Tapi ada pula tangan-tangan manusia dengan warga merah dan ungu. Jumlahnya ratusan. Beberapa lukisan saling bertumpuk. Lukisan tangan itu usianya lebih muda. Kisarannya belasan ribu tahun.

''Siapakah seniman Kalimantan itu dan apa yang terjadi pada mereka masih misterius,'' tulis arkeolog Pindi Setiawan yang membantu penulisan jurnal tersebut. (sha/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Bank Dunia Bantu Rp76 Miliar

Bank Dunia Bantu Rp76 Miliar

Sejumlah pemimpin lembaga internasional menyempatkan diri menengok kondisi Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) di sela-sela acara Annual Meeting IMF–World Bank 2018


Isu SARA Reda, Ganti Soal Ekonomi

Isu SARA Reda, Ganti Soal Ekonomi

Pertarungan di dunia maya selama pemilu diprediksi tidak akan banyak menyinggung isu-isu suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA).


Banjir Hadiah Menanti Zohri

Banjir Hadiah Menanti Zohri

Sprinter muda Indonesia Lalu Muhammad Zohri langsung kebanjiran hadiah setelah menjadi juara dunia lari 100 meter kejuaraan dunia U-20.


Indonesia Mulai Loby AS

Indonesia Mulai Loby AS

Mata pemerintah dan pelaku usaha kini tertuju pada sengitnya perang dagang antara dua raksasa ekonomi dunia, Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok.


500 Desa Dapat Pinjaman Bank Dunia

500 Desa Dapat Pinjaman Bank Dunia

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) membawa 500 proposal berisi showcase pembangunan dengan Dana Desa.


Koordinasi Aturan Transportasi Belum Maksimal

Koordinasi Aturan Transportasi Belum Maksimal

Pasca kecelakaan kapal dalam sebulan terakhir, Kementerian Perhubungan memberikan perhatian lebih pada dunia pelayaran.


Catat, Ini Aturan Resmi bagi PNS saat Bermedsos

Catat, Ini Aturan Resmi bagi PNS saat Bermedsos

Kemenpan mengeluarkan aturan khusus bagi aparatur sipil negara (ASN/PNS) dalam beraktivitas di dunia media sosial (medsos).


Pemerintah Cermati Fluktuasi Harga Minyak

Pemerintah Cermati Fluktuasi Harga Minyak

Pada perdagangan akhir pekan lalu indeks harga minyak dunia berada pada level tertinggi selama 3 tahun terakhir menjadi USD 67,39 per barel.


Begini Model Baru Perhitungan Skor Ujian SBM PTN

Begini Model Baru Perhitungan Skor Ujian SBM PTN

Siswa SMA/MA yang mulai ujian hari ini, diantaranya ada yang berniat masuk PTN.


Kematian Bos Matahari, Keluarga Sebut karena Serangan Jantung

Kematian Bos Matahari, Keluarga Sebut karena Serangan Jantung

Keluarga mengikhlaskan kepergian Hari Darmawan. Pendiri Matahari Department Store itu ditemukan meninggal dunia di aliran Sungai Ciliwung di Bogor.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!