Nasional
Share this on:

Calon Jamaah Haji Meninggal Bisa Diganti Ahli Waris

  • Calon Jamaah Haji Meninggal Bisa Diganti Ahli Waris
  • Calon Jamaah Haji Meninggal Bisa Diganti Ahli Waris

JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) siap menerapkan regulasi baru pengisian kursi bagi calon jamaah haji (CJH) reguler yang meninggal. Selama ini jika ada CJH yang meninggal, antriannya dianggap gugur dan diganti CJH di urutan berikutnya. Pada ketentuan terbaru, kursi CJH yang meninggal bisa digantikan oleh ahli waris.

Kasubdit Pendaftaran dan Pembatalan Haji Kemenag Noer Alya Fitra mengatakan regulasi teknis terkait pengisian kursi CJH yang meninggal itu masih diproses sampai sekarang. Kemenag memasang target regulasi baru itu bisa diterapkan bulan ini.

Pejabat yang akrab disapa Nafit itu mengatakan, pertimbangan Kemenag adalah antrean haji reguler saat ini sudah begitu lama atau panjang. Sehingga begitu disayangkan ketika kursi itu dianggap gugur. Apalagi jika CJH yang meninggal itu sudah antri sekian tahun.

’’Ketika ada jamaah yang akan berangkat lalu meninggal, dapat digantikan oleh pengganti,’’ katanya, kemarin.

Nah untuk pengisian kursi CJH yang meninggal itu, dipasrahkan kepada keluarga. Keluarga CJH yang meninggal harus bermusyawarah siapa yang ditunjuk menjadi ahli waris kursi haji itu.

Dengan cara baru ini, diharapkan ahli waris yang ditunjuk itu bisa sekaligus membadalkan CJH yang meninggal. Untuk menghindari potensi adanya polemik di internal keluarga saat penunjukan ahli waris, Nafit mengatakan keputusannya nanti bisa menggunakan putusan pengadilan.

Dia menegaskan klausul penggantian CJH yang meninggal ini hanya berlaku bagi yang namanya masuk dalam rombongan keberangkatan tahun berjalan. Misalnya nama CJH yang bersangkutan ditetapkan masuk dalam porsi berangkat 2018.

Sementara bagi CJH yang masih berada di daftar antrian (waiting list) kemudian meninggal, tidak bisa digantikan oleh ahli waris. Ketentuannya seperti semula, yakni kursi antrian dianggap gugur. Keluarga atau ahli waris bisa mengambil uang setoran awal di kantor Kemenag kabupaten/kota setempat.

Rencana kursi haji CJH yang meninggal bisa diganti oleh ahli waris juga disampaikan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Nizar Ali saat peresmian revitalisasi Asrama Haji Tabing Padang, Sumatera Barat kemarin (7/3). Nizar mengatakan rencana ini sudah mendapatkan persetujuan dari Komisi VIII DPR.

Dia menjelaskan kebijakan ini diambil dalam rangka mewujudkan keadilan. Sebab ada yang sudah lama menunggu, tiba-tiba wafat tidak bisa digantikan oleh siapapun. Nizar mengatakan dalam waktu dekat diharapkan regulasinya pengisian kursi CJH meninggal oleh ahli waris bisa dikeluarkan. (wan/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Pelamar CPNS 2018 Diprediksi Tembus 10 Juta

Pelamar CPNS 2018 Diprediksi Tembus 10 Juta

Tahun ini pemerintah berencana kembali membuka rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) baru. Tapi hingga saat ini jadwal dan formasinya belum dilansir.


Pemudik Roda Dua dan Pribadi Turun

Pemudik Roda Dua dan Pribadi Turun

Puncak arus mudik pertama yang diperkirakan Kementerian Perhubungan bisa dianggap lancar. Jumlah pemudik dengan kendaraan roda dua pun berkurang.


Bos First Travel Divonis Maksimal

Bos First Travel Divonis Maksimal

Seolah air matanya telah mengering, tak ada raut sedih yang berlebihan dari Anniesa Hasibuan dan dua terdakwa kasus penipuan haji dan umroh lainnya


Pelaku Candaan Bom Bisa Dipenjara

Pelaku Candaan Bom Bisa Dipenjara

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan memberi tindakan tegas berupa tuntutan hukum terhadap pelaku yang memberikan informasi palsu tentang bom.


Bangku Kereta Habis, Tiket Bus Bisa Dibeli Online

Bangku Kereta Habis, Tiket Bus Bisa Dibeli Online

Pemerintah berhasil menstabilkan harga kebutuhan pokok sejauh ini.


Rupiah Melemah, Biaya Haji Bengkak Rp550 Miliar

Rupiah Melemah, Biaya Haji Bengkak Rp550 Miliar

Pelamahan nilai rupiah terhadap dolar (USD) dan riyal (SAR) berdampak pada biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) 2018.


Kejar Target, Lusa RUU Terorisme Diketok

Kejar Target, Lusa RUU Terorisme Diketok

Pembahasan RUU Antiterorisme terus dikebut. DPR menarget Jumat akhir pekan ini atau lusa (25/5) sudah bisa membawa RUU tersebut ke paripurna untuk kemudian dike


Otak Bom Bunuh Diri di Surabaya, Baru Pulang dari Syria

Otak Bom Bunuh Diri di Surabaya, Baru Pulang dari Syria

Serangan aksi bom bunuh diri di tiga gereja di Surabaya kemarin, dilakukan kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) dan Jamaah Ansharut Tauhid (JAT).


Pelunasan Tahap Kedua, Tetap Wajib Cek Kesehatan

Pelunasan Tahap Kedua, Tetap Wajib Cek Kesehatan

Kemenag rencananya mulai umumkan nama calon jamaah haji (CJH) berhak lunas biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) tahap kedua kemarin (11/5).


Jangan Kuatir, Kartu Seluler Lama Anda Masih Bisa Diregistrasi

Jangan Kuatir, Kartu Seluler Lama Anda Masih Bisa Diregistrasi

Registrasi kartu seluler memang telah berakhir pada 30 April lalu.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!