Nasional
Share this on:

Dapat Donor Sumsum Tulang Belakang, Ibu Ani Yudhoyono Segera Dioperasi?

  • Dapat Donor Sumsum Tulang Belakang, Ibu Ani Yudhoyono Segera Dioperasi?
  • Dapat Donor Sumsum Tulang Belakang, Ibu Ani Yudhoyono Segera Dioperasi?

(Capture Instagram/Agusyudhoyono)

JAKARTA - Untuk mengobati kanker sarah yang diderita Ibu Kristiani Herawati alias Ani Yudhoyono (SBY), mantan Ibu Negara itu membutuhkan donor sumsum tulang belakang. Ibu Ani yang masih menjalani perawatan dari tim dokter di Nasional University of Hospital, Singapura itupun kabarnya sudah mendapatkan donor yang cocok.

Kabar terbaru tentang kondisi Ibu Ani disampaikan Ketua DPP Partai Demokrat Jansen Sitindaon. Menurut Jansen, kondisi Ani semakin membaik, serta berbagai penanganan kesehatan masih terus dilakukan.

Dia juga terus melakukan komunikasi dengan kolega dan keluarga SBY. Kabar terbaru, kata dia, ibu negara presiden ke-6 itu sudah mendapatkan donor sumsum tulang yang sesuai.

Menurutnya, donor sumsum tulang belakang yang cocok ternyata bukan karena orang luar, tapi berasal dari keluarganya sendiri. Yaitu, sang adik kandung, Jenderal (Purn) TNI Pramono Edhie Wibowo, mantan kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD).

“Ternyata sangat cocok dan memenuhi syarat untuk jadi donor Ibu Ani,” terang dia kepada Jawa Pos.

Terkait kapan dilakukan transplantasi sumsum tulang belakang, Jansen mengatakan, pihaknya belum tahu kapan tindakan medis itu dilakukan. Menurut dia, waktu transplantsi belum ditetapkan.

“Belum dalam waktu dekat ini,” ucap dia. Saat ini, ungkapnya, masih dalam tahap persiapan saja. Jika donor itu jadi, maka akan dilakukan transplantasi sumsum tulang.

Alumnus fakultas hukum Universitas Airlangga (Unair) itu menyatakan, terkait teknis tindakan medis, dia tidak bisa menjelaskannya secara detail. Sebab, itu merupakan ranah tim dokter di Nasional University of Hospital. Pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada tim dokter yang sudah berupaya keras melakukan perawatan.

Jansen mengajak semua pihak menunggu perkembangan penanganan kesehatan yang dilakukan dokter. Dia meminta kepada masyarakat Indonesa untuk mendoakan Ani agar segera diberi kesembuhan. “Segala proses pengobatan di Singapura dilancarkan,” papar calon anggota legislatif (Caleg) dari daerah pemilihan Sumatera Utara itu.

Semakin hari, kesehatan Ani terus membaik. Empat hari lalu, Ani masih sempat mengunggah foto di akun Instagramnya. Ada sepuluh foto yang diunggah. Mulai foto bersama SBY yang saling merangkul, sedang berjalan, dan berpegangan tangan.

Di foto yang lain, Ani juga terlihat menyapa cucunya lewat kaca pintu. ”Exercise merupakan salah satu cara untuk mendaptkan energi diri. Dekat-dekat dulu, insha Allah makin lama makin jauh. Semua buth kesabaran,” bunyi pesan yang diunggah.

Sementara itu, Pramono Edhi Wibowo belum bisa dihubungi terkait kesediannya mendonorkan sumsum tulang belakang kepada kakaknya, Ani Yudhoyono. Sambungan telpon dari Jawa Pos tidak direspons.

Ketua Divisi Komunikasi Publik DPP Partai Demokrat Imelda Sari mengatakan, pengurus partai masih terus menunggu perkembangan kesehatan Ani. Doa tidak henti-hentinya dipanjatkan agar istri ketua umum Partai Demokrat itu segera diberi kesembuhan.

Para kader bergantian menggelar doa bersama. “Nanti kami akan kabari perkembangan kesehatan Bu Ani,” tutur dia. (zul/lum/jpnn)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Hari Ini, KPU Evaluasi Debat Ketiga

Hari Ini, KPU Evaluasi Debat Ketiga

Komisi Pemilihan Umum (KPU) segera melakukan evaluasi debat ketiga, meski mereka mereka puas dengan penyelenggaraannya.


Mau Punya MRT, Minimal Berpenduduk 10 Juta

Mau Punya MRT, Minimal Berpenduduk 10 Juta

Bulan depan warga ibu kota bisa menikmati moda angkutan massal baru. Yakni Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta.


Dirawat di Singapura, Ani Yudhoyono Banjir Doa

Dirawat di Singapura, Ani Yudhoyono Banjir Doa

Ani Yudhoyono, istri Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, menjalani perawatan di Singapura sejak Sabtu lalu (9/2).


Aturan Ojek Online Segera Terbit

Aturan Ojek Online Segera Terbit

Aturan mengenai ojek online mencapai tahap akhir. Kementerian Perhubungan optimis jika minggu ketiga Februari, aturan tersebut bisa diundangkan.


Ambil CVR Dalam Timbunan Lumpur, KNKT Segera Teliti Kotam Hitam Kedua

Ambil CVR Dalam Timbunan Lumpur, KNKT Segera Teliti Kotam Hitam Kedua

KRI Spica 934 berhasil mendeteksi cockpit voice recorder (CVR) Lion Air PK-LQP tepat sepekan pasca bertolak dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara minggu l


Jalan Gubeng Ditarget 5 Hari Bisa Dilewati Lagi

Jalan Gubeng Ditarget 5 Hari Bisa Dilewati Lagi

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berjanji segera memperbaiki badan jalan yang ambles di Jalan Raya Gubeng, Surabaya.


TNI Ultimatum KKSB Segera Menyerah

TNI Ultimatum KKSB Segera Menyerah

Upaya petugas gabungan TNI dan Polri mencari lima korban aksi Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) berbuah hasil.


Satu Keluarga Tewas Dibunuh, Dipastikan Bukan Perampokan

Satu Keluarga Tewas Dibunuh, Dipastikan Bukan Perampokan

Satu keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan dua anak ditemukan tewas di sebuah rumah di Jalan Bojong Nangka, RT 02/07, Kelurahan Jatirahayu, Pondok Melati, Ko


Ibu-ibu Dominasi Penyebaran Hoax

Ibu-ibu Dominasi Penyebaran Hoax

Penyebaran hoax di Indonesia kian mengkhawatirkan. Yang terbaru, hoax penculikan anak yang membuat Polri bergerak cepat menangkap penyebarnya.


Tol Sragen–Ngawi Segera Bisa Dilewati

Tol Sragen–Ngawi Segera Bisa Dilewati

Jalan tol Solo–Ngawi segmen Sragen–Ngawi mengantongi sertifikat layak operasi.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!