Nasional
Share this on:

Dapat Donor Sumsum Tulang Belakang, Ibu Ani Yudhoyono Segera Dioperasi?

  • Dapat Donor Sumsum Tulang Belakang, Ibu Ani Yudhoyono Segera Dioperasi?
  • Dapat Donor Sumsum Tulang Belakang, Ibu Ani Yudhoyono Segera Dioperasi?

(Capture Instagram/Agusyudhoyono)

JAKARTA - Untuk mengobati kanker sarah yang diderita Ibu Kristiani Herawati alias Ani Yudhoyono (SBY), mantan Ibu Negara itu membutuhkan donor sumsum tulang belakang. Ibu Ani yang masih menjalani perawatan dari tim dokter di Nasional University of Hospital, Singapura itupun kabarnya sudah mendapatkan donor yang cocok.

Kabar terbaru tentang kondisi Ibu Ani disampaikan Ketua DPP Partai Demokrat Jansen Sitindaon. Menurut Jansen, kondisi Ani semakin membaik, serta berbagai penanganan kesehatan masih terus dilakukan.

Dia juga terus melakukan komunikasi dengan kolega dan keluarga SBY. Kabar terbaru, kata dia, ibu negara presiden ke-6 itu sudah mendapatkan donor sumsum tulang yang sesuai.

Menurutnya, donor sumsum tulang belakang yang cocok ternyata bukan karena orang luar, tapi berasal dari keluarganya sendiri. Yaitu, sang adik kandung, Jenderal (Purn) TNI Pramono Edhie Wibowo, mantan kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD).

“Ternyata sangat cocok dan memenuhi syarat untuk jadi donor Ibu Ani,” terang dia kepada Jawa Pos.

Terkait kapan dilakukan transplantasi sumsum tulang belakang, Jansen mengatakan, pihaknya belum tahu kapan tindakan medis itu dilakukan. Menurut dia, waktu transplantsi belum ditetapkan.

“Belum dalam waktu dekat ini,” ucap dia. Saat ini, ungkapnya, masih dalam tahap persiapan saja. Jika donor itu jadi, maka akan dilakukan transplantasi sumsum tulang.

Alumnus fakultas hukum Universitas Airlangga (Unair) itu menyatakan, terkait teknis tindakan medis, dia tidak bisa menjelaskannya secara detail. Sebab, itu merupakan ranah tim dokter di Nasional University of Hospital. Pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada tim dokter yang sudah berupaya keras melakukan perawatan.

Jansen mengajak semua pihak menunggu perkembangan penanganan kesehatan yang dilakukan dokter. Dia meminta kepada masyarakat Indonesa untuk mendoakan Ani agar segera diberi kesembuhan. “Segala proses pengobatan di Singapura dilancarkan,” papar calon anggota legislatif (Caleg) dari daerah pemilihan Sumatera Utara itu.

Semakin hari, kesehatan Ani terus membaik. Empat hari lalu, Ani masih sempat mengunggah foto di akun Instagramnya. Ada sepuluh foto yang diunggah. Mulai foto bersama SBY yang saling merangkul, sedang berjalan, dan berpegangan tangan.

Di foto yang lain, Ani juga terlihat menyapa cucunya lewat kaca pintu. ”Exercise merupakan salah satu cara untuk mendaptkan energi diri. Dekat-dekat dulu, insha Allah makin lama makin jauh. Semua buth kesabaran,” bunyi pesan yang diunggah.

Sementara itu, Pramono Edhi Wibowo belum bisa dihubungi terkait kesediannya mendonorkan sumsum tulang belakang kepada kakaknya, Ani Yudhoyono. Sambungan telpon dari Jawa Pos tidak direspons.

Ketua Divisi Komunikasi Publik DPP Partai Demokrat Imelda Sari mengatakan, pengurus partai masih terus menunggu perkembangan kesehatan Ani. Doa tidak henti-hentinya dipanjatkan agar istri ketua umum Partai Demokrat itu segera diberi kesembuhan.

Para kader bergantian menggelar doa bersama. “Nanti kami akan kabari perkembangan kesehatan Bu Ani,” tutur dia. (zul/lum/jpnn)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Upaya BKKBN Terbelenggu UU Perkawinan

Upaya BKKBN Terbelenggu UU Perkawinan

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) memiliki tugas untuk dapat mengendalikan jumlah penduduk.


Titik Panas di Sumatera Meningkat Tajam

Titik Panas di Sumatera Meningkat Tajam

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mencatat, jumlah titik panas di Sumatera, yang dapat menjadi indikasi kebakaran hutan dan lahan, meningkat


Pamer Proton, Mahatir Sopiri Jokowi

Pamer Proton, Mahatir Sopiri Jokowi

Kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo tampaknya merupakan hal yang istimewa bagi Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Moh


Empat Ibu Kota Negara Pernah Terapkan Ganjil Genap

Empat Ibu Kota Negara Pernah Terapkan Ganjil Genap

Pemerintah DKI Jakarta, pada Kamis pekan lalu (1/8) mengeluarkan Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 66 Tahun 2019.


Pemindahan Ibu Kota Jangan Kuras APBN

Pemindahan Ibu Kota Jangan Kuras APBN

Pemerintah berharap investasi pembangunan fasilitas dan infastruktur sekira Rp480 triliun tidak dibebankan pada APBN secara keseluruhan.


LHKPN Caleg Tak Perlu Diminta

LHKPN Caleg Tak Perlu Diminta

Para caleg terpilih pada Pemilu 2019 diminta untuk segera menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).


Menristekdikti Segera Bertemu DPR Bahas Rektor Asing

Menristekdikti Segera Bertemu DPR Bahas Rektor Asing

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir berencana akan segera bertemu dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).


Pertemuan SBY-Jokowi Munculkan Spekulasi

Pertemuan SBY-Jokowi Munculkan Spekulasi

Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) disebut-sebut akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo.


PPDB Zonasi Dibuat Perpres, Rotasi Guru Segera Dilakukan

PPDB Zonasi Dibuat Perpres, Rotasi Guru Segera Dilakukan

Pemerintah menilai penerimaan peserta didik baru (PPDB) dengan sistem zonasi pada umumnya berjalan dengan baik.


Golkar Klaim Dapat Kursi Ketua MPR

Golkar Klaim Dapat Kursi Ketua MPR

Lima partai politik (parpol) yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja (KIK) telah sepakat membentuk paket pimpinan MPR RI periode 2019-2024.



Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!