Nasional
Share this on:

Diduga Overload, Kapal Motor Oleng lalu Terbalik

  • Diduga Overload, Kapal Motor Oleng lalu Terbalik
  • Diduga Overload, Kapal Motor Oleng lalu Terbalik

Ilustrasi.

SAMOSIR - Kapal Motor (KM) Sinar Bangun yang berlayar dari Pelabuhan Simanindo, Toba Samosir, tujuan Tiga Ras, Simalungun, Sumatera Utara, terbalik di perairan Danau Toba kemarin sore (18/6). Kapal kayu itu mengangkut penumpang yang diperkirakan lebih dari 80 orang dan sepeda motor sebanyak 20 unit.

Hingga berita ini diturunkan, jumlah korban tewas, hilang, maupun yang bisa diselamatkan masih simpang siur. Dua media Jawa Pos Group, Sumut Pos dan Metro Siantar, yang berusaha mengontak pihak-pihak terkait belum mendapatkan konfirmasi mengenai perincian jumlah korban. Juga belum ada keterangan tentang manifes.

Kepala Basarnas Parapat Torang M. Hutahean yang dikonfirmasi via telepon seluler menjelaskan, pihaknya bersama pihak kepolisian masih melakukan upaya pencarian di tengah perairan Danau Toba. ”Benar, ada kejadian tersebut. Mohon sabar ya, Bang. Kami masih melakukan upaya pencarian,” ujarnya.

Berdasar informasi sementara, setidaknya 19 orang selamat. Satu penumpang tewas adalah seorang perempuan yang identitasnya belum diketahui. Sebagian yang selamat dirawat di RSU dr Hadrianus Sinaga Samosir. Sebagian lainnya masih dirawat di Puskesmas Tigaras.

Insiden itu terjadi pada pukul 17.30 atau sekitar setengah jam setelah kapal tersebut meninggalkan Simanindo menuju Tiga Ras. Hernando, salah seorang penumpang selamat, menceritakan bahwa kapal sempat dipenuhi air di bagian bawah. ”Kapal kemudian mulai oleng dan tiba-tiba terbalik,” katanya kepada polisi yang mewawancarai.

Hernando menambahkan, saat kejadian angin dan ombak sangat kencang. Sedangkan kapal sangat padat penumpang dan kendaraan roda dua. ”Diperkirakan, penumpang lebih dari seratus orang,” ucap pria yang masih dirawat di RSU dr Hadrianus Sinaga itu.

Informasi yang dihimpun Sumut Pos menyebutkan, sebuah kapal feri yang melintas di lokasi kapal terbalik sekitar pukul 18.00 berhasil menyelamatkan sejumlah penumpang. Para kru kapal melemparkan belasan pelampung ke tengah-tengah sejumlah penumpang yang terlihat berjuang menyelamatkan nyawanya di tengah gempuran ombak dan angin.

Salah satu korban yang berhasil diselamatkan ialah Santika, seorang ibu hamil berusia 20 tahun. Dia juga dirawat di RSU Hadrianus Sinaga, tapi belum bisa ditemui karena masih trauma. Apalagi, suami korban belum ditemukan. (mea/adi/JPG/c9/ttg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Diduga Terima Rp26,5 Miliar, Menpora Ditetapkan Tersangka Suap

Diduga Terima Rp26,5 Miliar, Menpora Ditetapkan Tersangka Suap

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi sebagai tersangka kasus dugaan suap dana hibah Kemenpora ke KON


Dua Pentolan ULMWP Ditangkap

Dua Pentolan ULMWP Ditangkap

Dua pentolan United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) yang diduga menjadi aktor intelektual kerusuhan di Papua ditangkap.


Mantan Kapolres Brebes Diduga Lakukan Pelanggaran Berat

Mantan Kapolres Brebes Diduga Lakukan Pelanggaran Berat

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merilis proses pemeriksaan dugaan pelanggaran etik yang dilakukan eks Deputi Bidang Penindakan Firli Bahuri.


Karhutla Menyebar di 1.233 Titik

Karhutla Menyebar di 1.233 Titik

Hujan belum juga turun. Terakhir bulan Agustus lalu, sementara Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) kembali meningkat intensitasnya pada awal September 2019.


Pemblokiran Data Hanya di Daerah Rusuh

Pemblokiran Data Hanya di Daerah Rusuh

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) memblokir layanan data internet di Provinsi Papua dan Papua Barat mulai, Rabu (21/8) lalu.


Hoaks Pemilu Terus Meningkat

Hoaks Pemilu Terus Meningkat

Lembaga penyelenggara pemilu mengakui jika tren hoaks pemilu dari tahun ke tahun terus meningkat. Berita bohong soal pemilu mulai dikenal 2004 lalu.


30 Kabupaten Kota Dapat Potongan Tagihan Listrik

30 Kabupaten Kota Dapat Potongan Tagihan Listrik

PT PLN (Persero) menyatakan, akan memberikan kompensasi bagi pelanggan yang terkena pemadaman listrik 'berjamaah' pada Minggu (4/8) dan Senin (5/8) lalu.


Empat Ibu Kota Negara Pernah Terapkan Ganjil Genap

Empat Ibu Kota Negara Pernah Terapkan Ganjil Genap

Pemerintah DKI Jakarta, pada Kamis pekan lalu (1/8) mengeluarkan Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 66 Tahun 2019.


Jual Data ke Pengiklan, Twitter Minta Maaf

Jual Data ke Pengiklan, Twitter Minta Maaf

Media jejaring sosial Twitter, Selasa (7/8) lalu, meminta maaf kepada pengguna karena telah membagikan data pengguna dengan pengiklan tanpa izin.


Bentuk Desa Siaga untuk Antisipasi Megathrust

Bentuk Desa Siaga untuk Antisipasi Megathrust

Gempa bumi megathrust bisa terjadi kapan saja. Termasuk gempa yang terjadi pada Jumat (2/8) malam lalu.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!