Nasional
Share this on:

Digitalisasi Televisi Dimulai Lagi

  • Digitalisasi Televisi Dimulai Lagi
  • Digitalisasi Televisi Dimulai Lagi

JAKARTA - Setelah sempat padam, rencana untuk digitalisasi saluran televisi di indonesia kembali dihidupkan oleh pemerintah. Kemarin (11/7), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengumpulkan para penyelenggara dan pemilik televisi.

Digitalisasi televisi dianggap sudah sangat mendesak karena Indonesia sudah tertinggal sangat jauh dari negara-negara tetangga seperti Korea Selatan, Taiwan, Jepang maupun India yang sudah meninggalkan TV analog.

Direktur Penyiaran Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Geryantika Kurnia mengungkapkan, pemerintah memiliki target tahun 2020 untuk mewujudkan digitalisasi televisi di Indonesia. Hanya saja, hingga saat ini, para penyelenggara televisi masih belum sepakat dalam beberapa hal.

“Misalnya soal tarif penyewaan frekuensi,” Katanya kemarin (11/7)

Pria yang akrab disapa Gary ini berharap, asosiasi penyelenggara siaran televisi bisa memberikan hadiah di hari kemerdekaan 17 Agustus 2018 nanti dengan menemukan titik temu. Rencana digitalisasi televisi telah bergulir sejak tahun 2011 saat Menkominfo Tifatul Sembiring menjabat.

Saat itu, pemerintah membentuk Peraturan Menteri nomor 22 tahun 2011. Namun aturan tersebut digugat dalam Judicial Review dan dimenangkan oleh Mahkamah Agung (MA) pada tahun 2012.

Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Hukum Henri Subiakto mengatakan, bahwa dulunya Permen soal digitalisasi dibatalkan karena dianggap bertentangan dengan UU Nomor 32 tahun 2002 tentang Penyiaran. Saat ini, UU 32 sedang dalam proses revisi, sehingga proses digitalisasi tidak bisa dilakukan sebelum revisi.

“Tapi dalam waktu dekat kami akan bikin peraturannya. Karena tidak segera dilaksanakan, indonesia akan ketinggalan jauh,” jelasnya.

Henri menjelaskan, ada beberapa alasan para penyelengara penyiaran tidak setuju dengan sistem multiplex (mux) channel yang akan diterapkan pemerintah. Dalam Permen sebelumnya, disebutkan bahwa hanya satu perusahaan yang boleh mengelola satu channel berisi 9 slot (single mux operator). Sementara televisi lain harus “menumpang” dengan membayar sewa.

“Mereka (penyelenggara, Red) khawatir tidak bisa leluasa jika menumpang ke perusahaan lain, apalagi yang berpotensi jadi kompetitor,” katanya.

Kekhawatiran inilah, kata Subiakto yang menyebabkan setiap aturan yang akan diterbitkan mengenali digitalisasi, selalu berusaha dijegal. Padahal, dalam aturan tersebut pemerintah telah berusaha menempatkan poin-poin perlindungan.

Di antaranya, pemenang tender saluran mux hanya boleh menggunakan 3 dari 9 slot saluran yang diberikan. Sementara 6 lainnya harus disewakan. Selain itu, pengelolaan saluran mux harus berdasarkan prinsip akses terbuka dan nondiskriminatif.

“Jadi agar perusahaan yang menumpang merasa nyaman. Tapi sepertinya ada faktor psikologis yang harus kita selesaikan,” jelasnya.

Selain itu, ada juga kekhawatiran ada permainan sewa tarif oleh para penguasa saluran mux kepada penyewa. Gary mengatakan bahwa formula perhitungan tarif saluran sudah diatur dalam Permen Kominfo Nomor 18 tahun 2012 dan Nomor 27 tahun 2014.

“Ini cuma masalah tarif saja. Kalau tarif setuju, kita bisa mulai jalan,” pungkasnya. (tau/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Batal Pailit, Merpati Urus Izin Terbang

Batal Pailit, Merpati Urus Izin Terbang

Harapan agar Merpati bisa terbang lagi semakin mendekati kenyataan.


2019, Merpati Diproyeksi Terbang Lagi

2019, Merpati Diproyeksi Terbang Lagi

Selang empat tahun sejak berhenti beroperasi, perusahaan maskapai Merpati Nusantara Airline disebut akan kembali mengudara pada tahun 2019 mendatang.


Angkut Durian 2 Ton, Penumpang Sriwijaya Air Turun Lagi

Angkut Durian 2 Ton, Penumpang Sriwijaya Air Turun Lagi

Keberangkatan pesawat Sriwijaya Air rute Bengkulu–Jakarta harus tertunda kemarin (6/11).


Demo Lagi, Ini Lima Tuntutan Massa Bela Tauhid

Demo Lagi, Ini Lima Tuntutan Massa Bela Tauhid

Sekelompok masa kembali menggelar aksi bela bendera tauhid di sekitaran tugu Monas kemarin (2/11).


Bagian Kotak Hitam Lion Air Akan Diteliti di Indonesia

Bagian Kotak Hitam Lion Air Akan Diteliti di Indonesia

Penyebab jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP dengan nomor penerbangan JT 610 sebentar lagi akan terungkap.


MA Batalkan Tiga Peraturan BPJS Kesehatan

MA Batalkan Tiga Peraturan BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan sudah tidak bisa menghindar lagi terkait desakan pembatalan Peraturan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan (Perdirjampelkes).


Tuntutan Tidak Dituruti, Guru Honorer Mau Mogok Lagi

Tuntutan Tidak Dituruti, Guru Honorer Mau Mogok Lagi

Merasa tuntutannya tidak dituruti pemerintah, mulai hari ini (15/10) guru hunorer kembali menggelar aksi mogok mengajar.


KPK Kaji Lagi Pemeriksaan Internal

KPK Kaji Lagi Pemeriksaan Internal

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal kembali melakukan eksaminasi terkait hasil investigasi Indonesialeaks.


Harga BBM Naik Lagi

Harga BBM Naik Lagi

Tepat pukul 11.00, Rabu (10/10) hari ini, PT Pertamina (Persero) mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).


Honorer K2 Merasa Dipersulit Daftar CPNS Online

Honorer K2 Merasa Dipersulit Daftar CPNS Online

Pendaftaran CPNS online melalui website sscn.bkn.go.id ditutup 15 Oktober atau tinggal lima hari lagi.



Berita Hari Ini

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!