Nasional
Share this on:

Dinikmati 28,8 Juta Orang Kaya, Subsidi Elpiji 3 Kg Berpotensi Jebol

  • Dinikmati 28,8 Juta Orang Kaya, Subsidi Elpiji 3 Kg Berpotensi Jebol
  • Dinikmati 28,8 Juta Orang Kaya, Subsidi Elpiji 3 Kg Berpotensi Jebol

JAKARTA - Tahun depan pemerintah mengalokasikan anggaran subsidi elpiji 3 kg sebesar Rp40 triliun. Menyusut Rp5 triliun dibandingkan tahun ini yang mencapai Rp45 triliun.

Peneliti Pusat Penelitian Ekonomi LIPI Maxensius Tri Sambodo memprediksi anggaran subdisi elpiji 3 kg tahun depan akan jebol. Prediksi Max, nama akrabnya, dia sampaikan dalam diskusi bertema Subsidi LPG 3 Kg Mau Dibawa Kemana? di Jakarta, kemarin.

Max mengatakan bukan tanpa dasar dia menyebut tahun depan anggaran subsidi elpiji ’’melon’’ bakal jebol. Sebab dalam enam tahun terakhir atau sejak 2011, realisasi konsumsi elpiji 3 kg lebih besar ketimbang pagu subsidi yang dialokasikan pemerintah.

Dia mencontohkan tahun lalu pagu subsidi elpiji tabung 3 kg dipatok Rp25,2 trilun, namun konsumsi riilnya mencapai Rp26,69 triliun. Kemudian pada 2015 kondisinya lebih ekstrem. Yakni pagu anggaran subsidi elpiji 3 kg ditetapkan Rp21,47 triliun, tetapi konsumsinya menyentuh angka Rp30,51 triliun.

Max menuturkan ada banyak faktor yang menyebabkan konsumsi elpiji 3 kg membengkak. Diantaranya adalah orang kaya ikut menikmatinya. ’’Padahal sudah ada tulisan khusus untuk orang miskin. Tetapi masih dibeli juga,’’ jelasnya.

Dia menuturkan masyarakat Indonesia terbagi dalam sepuluh desil. Dimana desil 1 sampai desil 4 adalah keluarga miskin. Sedangkan desil 5 sampai desil 10 itu adalah keluarga sejahtera atau kaya. Di mana mereka sangat mampu membeli tabung elpiji 5,5 kg maupun yang 12 kg.

Dalam data yang dia kumpulkan, jumlah masyarakat desil 5 sampai desil 10 yang ikut menkonsumsi elpiji 3 kg mencapai 28,8 juta jiwa. Dia berharap pemerintah bisa membenahi tata kelola niaga elpiji 3 kg. Diantaranya bisa memaksa supaya pembelian dilakukan dengan cara nontunai melalui kartu keluarga miskin.

Namun persoalannya saat ini pangkalan penjualan tabung elpiji 3 kg belum menyebar. Sehingga di titik terkecil, penjualan tabung elpiji 3 kg dilakukan oleh masyarakat biasa. Akibatnya tidak bisa dikontrol penjualan elpiji 3 kg yang dikhususnya untuk warga miskin. ’’Idealnya 1 desa ada 1 pangkalan penjualan elpiji 3 kg nontunai,’’ tutur dia.

Untuk mengurangi penggunaan tabung elpiji 3 kg oleh keluarga mampu, Max berharap Pertamina lebih serius berjualan elipiji tabung 5,5 kg. Menurutnya harga penjualan elpiji tabung 5,5 kg tidak terlalu memberatkan. Namun sampai saat ini keberadaan elipiji tabung 5,5 kg masih langka.

Max memprediksi 2018 dan 2019 adalah tahun politik. Pemerintah tidak akan memaksa memangkas anggaran subsidi elpiji tabung 3 kg secara signifikan. Sebab bisa berdampak pada kenaikan harga per tabungnya. ’’Kalau sudah ada kenaikan harga, sangat sensitif memasuki tahun politik,’’ jelasnya.

Meskipun di dalam RAPBN 2018 disebutkan anggaran subsidi elpiji 3 kg Rp40 triliun, Max memprediksi pemerintah akan meminta tambahan dana lagi ke parlemen. Sebab jika anggaran subsidi dikepras jadi Rp40 triliun tahun depan, diperkirakan harga elpiji tabung 3 kg anak naik sekitar Rp3 ribu sampai Rp5 ribu per tabung. (wan/vir/jpnn)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

1,8 Juta Peserta SKD CPNS Hanya 8 % yang Lulus

1,8 Juta Peserta SKD CPNS Hanya 8 % yang Lulus

Di tengah polemik nilai ambang batas tes CPNS terlalu tinggi atau soal sangat sulit, pada kenyataannya yang lulus sedikit.


Surabaya Membara, Tiga Tewas Jatuh dari Viaduk

Surabaya Membara, Tiga Tewas Jatuh dari Viaduk

Puluhan orang itu berebutan memilih naik ke viaduk.


Gaji Pilot Asing Lion Air Rp135-165 Juta

Gaji Pilot Asing Lion Air Rp135-165 Juta

Lion Air membantah jika gaji pilot asing di maskapai mereka disebut hanya Rp3,7 juta per bulan.


Gaji Pilot Rp3,7 Juta, Co Pilot Rp20 Juta

Gaji Pilot Rp3,7 Juta, Co Pilot Rp20 Juta

Upaya BPJS Ketenagakerjaan membantu memberikan hak korban kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 menemukan fakta baru.


Arab Saudi Tolak Ekstradisi Pembunuh Khashoggi

Arab Saudi Tolak Ekstradisi Pembunuh Khashoggi

Desakan agar proses hukum terhadap 18 orang terduga pembunuh Khashoggi dilakukan di Turki mendapat penolakan.


''Harga'' Camat di Cirebon Rp50 Juta

''Harga'' Camat di Cirebon Rp50 Juta

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) langsung melakukan penggeledahan terkait dugaan suap dan gratifikasi Bupati Cirebon (nonaktif) Sunjaya Purwadisastra.


Korban Meninggal Jadi 2.113 Orang

Korban Meninggal Jadi 2.113 Orang

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis daftar terbaru jumlah korban terdampak gempa dan tsunami di Provinsi Sulawesi Selatan.


Kasus Peluru Nyasar, Dua Orang Resmi Jadi Tersangka

Kasus Peluru Nyasar, Dua Orang Resmi Jadi Tersangka

Polisi telah menetapkan dua orang tersangka atas kasus proyektil nyasar di Gedung DPR RI, Senayan yang terjadi pada Senin (15/10).


Jumlah Pelamar Hampir Tembus 5 Juta

Jumlah Pelamar Hampir Tembus 5 Juta

Pendaftaran CPNS baru secara online di website sscn.bkn.go.id ditutup tadi malam (15/10) pukul 23.59 WIB.


PP 43/2018 Diteken, Pelapor Korupsi Bakal Dihadiahi Rp200 Juta

PP 43/2018 Diteken, Pelapor Korupsi Bakal Dihadiahi Rp200 Juta

Kabar baik bagi mereka yang getol membongkar skandal korupsi. Pemerintah bakal memberikan hadiah bagi masyarakat yang melaporkan kasus korupsi.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!