Nasional
Share this on:

Dinikmati 28,8 Juta Orang Kaya, Subsidi Elpiji 3 Kg Berpotensi Jebol

  • Dinikmati 28,8 Juta Orang Kaya, Subsidi Elpiji 3 Kg Berpotensi Jebol
  • Dinikmati 28,8 Juta Orang Kaya, Subsidi Elpiji 3 Kg Berpotensi Jebol

JAKARTA - Tahun depan pemerintah mengalokasikan anggaran subsidi elpiji 3 kg sebesar Rp40 triliun. Menyusut Rp5 triliun dibandingkan tahun ini yang mencapai Rp45 triliun.

Peneliti Pusat Penelitian Ekonomi LIPI Maxensius Tri Sambodo memprediksi anggaran subdisi elpiji 3 kg tahun depan akan jebol. Prediksi Max, nama akrabnya, dia sampaikan dalam diskusi bertema Subsidi LPG 3 Kg Mau Dibawa Kemana? di Jakarta, kemarin.

Max mengatakan bukan tanpa dasar dia menyebut tahun depan anggaran subsidi elpiji ’’melon’’ bakal jebol. Sebab dalam enam tahun terakhir atau sejak 2011, realisasi konsumsi elpiji 3 kg lebih besar ketimbang pagu subsidi yang dialokasikan pemerintah.

Dia mencontohkan tahun lalu pagu subsidi elpiji tabung 3 kg dipatok Rp25,2 trilun, namun konsumsi riilnya mencapai Rp26,69 triliun. Kemudian pada 2015 kondisinya lebih ekstrem. Yakni pagu anggaran subsidi elpiji 3 kg ditetapkan Rp21,47 triliun, tetapi konsumsinya menyentuh angka Rp30,51 triliun.

Max menuturkan ada banyak faktor yang menyebabkan konsumsi elpiji 3 kg membengkak. Diantaranya adalah orang kaya ikut menikmatinya. ’’Padahal sudah ada tulisan khusus untuk orang miskin. Tetapi masih dibeli juga,’’ jelasnya.

Dia menuturkan masyarakat Indonesia terbagi dalam sepuluh desil. Dimana desil 1 sampai desil 4 adalah keluarga miskin. Sedangkan desil 5 sampai desil 10 itu adalah keluarga sejahtera atau kaya. Di mana mereka sangat mampu membeli tabung elpiji 5,5 kg maupun yang 12 kg.

Dalam data yang dia kumpulkan, jumlah masyarakat desil 5 sampai desil 10 yang ikut menkonsumsi elpiji 3 kg mencapai 28,8 juta jiwa. Dia berharap pemerintah bisa membenahi tata kelola niaga elpiji 3 kg. Diantaranya bisa memaksa supaya pembelian dilakukan dengan cara nontunai melalui kartu keluarga miskin.

Namun persoalannya saat ini pangkalan penjualan tabung elpiji 3 kg belum menyebar. Sehingga di titik terkecil, penjualan tabung elpiji 3 kg dilakukan oleh masyarakat biasa. Akibatnya tidak bisa dikontrol penjualan elpiji 3 kg yang dikhususnya untuk warga miskin. ’’Idealnya 1 desa ada 1 pangkalan penjualan elpiji 3 kg nontunai,’’ tutur dia.

Untuk mengurangi penggunaan tabung elpiji 3 kg oleh keluarga mampu, Max berharap Pertamina lebih serius berjualan elipiji tabung 5,5 kg. Menurutnya harga penjualan elpiji tabung 5,5 kg tidak terlalu memberatkan. Namun sampai saat ini keberadaan elipiji tabung 5,5 kg masih langka.

Max memprediksi 2018 dan 2019 adalah tahun politik. Pemerintah tidak akan memaksa memangkas anggaran subsidi elpiji tabung 3 kg secara signifikan. Sebab bisa berdampak pada kenaikan harga per tabungnya. ’’Kalau sudah ada kenaikan harga, sangat sensitif memasuki tahun politik,’’ jelasnya.

Meskipun di dalam RAPBN 2018 disebutkan anggaran subsidi elpiji 3 kg Rp40 triliun, Max memprediksi pemerintah akan meminta tambahan dana lagi ke parlemen. Sebab jika anggaran subsidi dikepras jadi Rp40 triliun tahun depan, diperkirakan harga elpiji tabung 3 kg anak naik sekitar Rp3 ribu sampai Rp5 ribu per tabung. (wan/vir/jpnn)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Usut Tuntas Calo Anggaran

Usut Tuntas Calo Anggaran

Menyusul hasil Operasi Tangkap Tangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi yang menetapkan empat orang tersangka terkait pemberian gratifikasi.


323.669 Orang Berebut Sekolah Kedinasan

323.669 Orang Berebut Sekolah Kedinasan

Pendaftaran sekolah kedinasan yang terpusat dan online resmi ditutup Senin malam (30/4) lalu.


Bos Pabrik Miras Pembunuh 51 Orang Dibekuk

Bos Pabrik Miras Pembunuh 51 Orang Dibekuk

Polda Jawa Barat yang bertekad untuk membongkar habis pabrik miras Cicalengka berhasil membekuk bos pabrik pembunuh 51 orang.


Pimen Kiye, 1 Juta Data Pengguna Facebook Indonesia Bocor

Pimen Kiye, 1 Juta Data Pengguna Facebook Indonesia Bocor

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiatara memerintahkan Facebook Indonesia untuk mematikan (shut down).


Pimen Kiye... 1,6 Juta PNS Hanya Juru Ketik

Pimen Kiye... 1,6 Juta PNS Hanya Juru Ketik

Peningkatan iklim usaha dan pelayanan publik tengah menjadi fokus pemerintah.


30 Ribu Orang Diperkirakan Akan Mudik Lebaran Nanti

30 Ribu Orang Diperkirakan Akan Mudik Lebaran Nanti

Tahun ini jumlah pemudik diperkirakan mencapai 30.000 orang. Meningkat sekitar 2.000 orang dibandingkan tahun lalu.


6,7 Juta Orang Terancam Tak Bisa Nyoblos

6,7 Juta Orang Terancam Tak Bisa Nyoblos

KPU akhirnya menetapkan daftar pemilih sementara (DPS) untuk pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun ini.


Gaji Pensiunan Dirjen Diharapkan Lebih dari Rp4 Juta

Gaji Pensiunan Dirjen Diharapkan Lebih dari Rp4 Juta

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur kembali menggaungkan rencana untuk mengubah sistem pensiun PNS.


Data Registrasi Kartu Prabayar Operator dan Kemendagri Beda 46 Juta

Data Registrasi Kartu Prabayar Operator dan Kemendagri Beda 46 Juta

Sistem registrasi kartu seluler prabayar yang digulirkan pemerintah ternyata menyimpan potensi masalah.


Penolakan UU MD3 Diteken 205 Ribu Orang

Penolakan UU MD3 Diteken 205 Ribu Orang

Penolakan terhadap UU MD3 terus menggema. Bukan hanya aksi demonstrasi damai tapi juga melalui petisi online di Change.org.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!