Nasional
Share this on:

Dinikmati 28,8 Juta Orang Kaya, Subsidi Elpiji 3 Kg Berpotensi Jebol

  • Dinikmati 28,8 Juta Orang Kaya, Subsidi Elpiji 3 Kg Berpotensi Jebol
  • Dinikmati 28,8 Juta Orang Kaya, Subsidi Elpiji 3 Kg Berpotensi Jebol

JAKARTA - Tahun depan pemerintah mengalokasikan anggaran subsidi elpiji 3 kg sebesar Rp40 triliun. Menyusut Rp5 triliun dibandingkan tahun ini yang mencapai Rp45 triliun.

Peneliti Pusat Penelitian Ekonomi LIPI Maxensius Tri Sambodo memprediksi anggaran subdisi elpiji 3 kg tahun depan akan jebol. Prediksi Max, nama akrabnya, dia sampaikan dalam diskusi bertema Subsidi LPG 3 Kg Mau Dibawa Kemana? di Jakarta, kemarin.

Max mengatakan bukan tanpa dasar dia menyebut tahun depan anggaran subsidi elpiji ’’melon’’ bakal jebol. Sebab dalam enam tahun terakhir atau sejak 2011, realisasi konsumsi elpiji 3 kg lebih besar ketimbang pagu subsidi yang dialokasikan pemerintah.

Dia mencontohkan tahun lalu pagu subsidi elpiji tabung 3 kg dipatok Rp25,2 trilun, namun konsumsi riilnya mencapai Rp26,69 triliun. Kemudian pada 2015 kondisinya lebih ekstrem. Yakni pagu anggaran subsidi elpiji 3 kg ditetapkan Rp21,47 triliun, tetapi konsumsinya menyentuh angka Rp30,51 triliun.

Max menuturkan ada banyak faktor yang menyebabkan konsumsi elpiji 3 kg membengkak. Diantaranya adalah orang kaya ikut menikmatinya. ’’Padahal sudah ada tulisan khusus untuk orang miskin. Tetapi masih dibeli juga,’’ jelasnya.

Dia menuturkan masyarakat Indonesia terbagi dalam sepuluh desil. Dimana desil 1 sampai desil 4 adalah keluarga miskin. Sedangkan desil 5 sampai desil 10 itu adalah keluarga sejahtera atau kaya. Di mana mereka sangat mampu membeli tabung elpiji 5,5 kg maupun yang 12 kg.

Dalam data yang dia kumpulkan, jumlah masyarakat desil 5 sampai desil 10 yang ikut menkonsumsi elpiji 3 kg mencapai 28,8 juta jiwa. Dia berharap pemerintah bisa membenahi tata kelola niaga elpiji 3 kg. Diantaranya bisa memaksa supaya pembelian dilakukan dengan cara nontunai melalui kartu keluarga miskin.

Namun persoalannya saat ini pangkalan penjualan tabung elpiji 3 kg belum menyebar. Sehingga di titik terkecil, penjualan tabung elpiji 3 kg dilakukan oleh masyarakat biasa. Akibatnya tidak bisa dikontrol penjualan elpiji 3 kg yang dikhususnya untuk warga miskin. ’’Idealnya 1 desa ada 1 pangkalan penjualan elpiji 3 kg nontunai,’’ tutur dia.

Untuk mengurangi penggunaan tabung elpiji 3 kg oleh keluarga mampu, Max berharap Pertamina lebih serius berjualan elipiji tabung 5,5 kg. Menurutnya harga penjualan elpiji tabung 5,5 kg tidak terlalu memberatkan. Namun sampai saat ini keberadaan elipiji tabung 5,5 kg masih langka.

Max memprediksi 2018 dan 2019 adalah tahun politik. Pemerintah tidak akan memaksa memangkas anggaran subsidi elpiji tabung 3 kg secara signifikan. Sebab bisa berdampak pada kenaikan harga per tabungnya. ’’Kalau sudah ada kenaikan harga, sangat sensitif memasuki tahun politik,’’ jelasnya.

Meskipun di dalam RAPBN 2018 disebutkan anggaran subsidi elpiji 3 kg Rp40 triliun, Max memprediksi pemerintah akan meminta tambahan dana lagi ke parlemen. Sebab jika anggaran subsidi dikepras jadi Rp40 triliun tahun depan, diperkirakan harga elpiji tabung 3 kg anak naik sekitar Rp3 ribu sampai Rp5 ribu per tabung. (wan/vir/jpnn)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

BOS Mandek, Setengah Juta Siswa Kesetaraan Terancam Putus Sekolah

BOS Mandek, Setengah Juta Siswa Kesetaraan Terancam Putus Sekolah

Pemerintah gencar merekrut anak putus sekolah kembali bersekolah.


Lebih dari 202 Juta Nomor Sudah Registrasi

Lebih dari 202 Juta Nomor Sudah Registrasi

Hingga 10 Februari, sudah lebih dari 202 juta SIM card prabayar yang beredar di Indonesia telah teregistrasi.


Bus yang Celaka di tanjakan Emen Laik Jalan

Bus yang Celaka di tanjakan Emen Laik Jalan

Informasi yang beredar kecelakaan fatal di tanjakan Emen, Subang, yang menewaskan 27 orang, Sabtu lalu (10/2), dipicu rem blong.


Kereta Cepat Jalur Selatan Bisa Sampai Jogja

Kereta Cepat Jalur Selatan Bisa Sampai Jogja

Niat pemerintah pusat membangun kereta api cepat jalur Jakarta - Bandung berpotensi berubah. Rencananya, pembangunan tersebut tidak berhenti di Bandung.


Napi Teroris Bisa Rakit Bom Bakal Bebas

Napi Teroris Bisa Rakit Bom Bakal Bebas

Tiga orang narapidana kasus terorisme bakal bebas dari Nusakambangan dalam waktu dekat. Sayangnya, ketiganya diduga masih memiliki paham radikal.


Subsidi Ditambah Rp405 Miliar, Ongkos Haji Tetap Naik

Subsidi Ditambah Rp405 Miliar, Ongkos Haji Tetap Naik

Besaran kenaikan biaya haji 2018 bergantung dari seberapa banyak dana subsidi yang disiapkan oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).


Ongkos Haji Tahun Ini Rp35 Juta

Ongkos Haji Tahun Ini Rp35 Juta

Meski baru sebatas hitungan awal, calon jamaah yang berangkat tahun ini siap-siap antisipasi kenaikan ongkos haji.


Sikat 150 Ribu Tabung, Elpiji Subsidi Dioplos Mafia

Sikat 150 Ribu Tabung, Elpiji Subsidi Dioplos Mafia

Salah satu biang kerok kelangkaan elpiji 3 kg bersubsidi Desember lalu terungkap.


Empat Bandar Buruan Mabes Divonis Mati

Empat Bandar Buruan Mabes Divonis Mati

Daftar terpidana mati di Lampung semakin panjang. Jika pada 2017 mencapai 14 orang, saat ini, pekan kedua 2018, jumlah tersebut bertambah menjadi 18 terpidana m


Kemenag Cari Imam Masjid, Digaji Rp23 Juta Sebulan

Kemenag Cari Imam Masjid, Digaji Rp23 Juta Sebulan

Kementerian Agama (Kemenag) dan pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) melanjutkan program kerja sama pengiriman imam masjid.



Berita Hari Ini

hari pers

Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!