Nasional
Share this on:

Dirawat di Singapura, Ani Yudhoyono Banjir Doa

  • Dirawat di Singapura, Ani Yudhoyono Banjir Doa
  • Dirawat di Singapura, Ani Yudhoyono Banjir Doa

Ibu Ani Yudhoyono masih dirawat di Singapura sejak Sabtu (9/2) pekan lalu. (Instgram@aniyudhoyono)

JAKARTA - Ani Yudhoyono, istri Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, menjalani perawatan di Singapura sejak Sabtu lalu (9/2). Ibu dua anak itu mengalami keluhan sakit di punggung. Dari tanah air, ucapan doa untuk kesembuhan Ani terus mengalir.

Di antaranya disampaikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Pria yang akrab disapa JK itu mengatakan bahwa keluarganya mendoakan supaya Ani Yudhoyono sembuh dari penyakitnya. ’’Kita doakan. Semua seluruh rakyat Indonesia (mendoakan, Red). Namanya mantan ibu negara kan sangat penting, sama-sama mendoakan,’’ kata dia setelah membuka Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Palang Merah Indonesia (PMI) 2019 di Jakarta kemarin (11/2).

Ketua Divisi Advokasi dan Hukum DPP Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean mengatakan, saat ini masih dilakukan observasi di rumah sakit. Pihaknya belum bisa menyampaikan sakit apa yang dialami Ani. “Kami belum bisa umumkan secara resmi. Masih observasi,” terang dia.

Dalam dua hari ke depan, kata Ferdinand, keluarga besar Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) baru bisa menyampaikan sakit yang diderita Ani. Menurut dia, istri SBY itu dirawat di rumah sakit setelah mengeluh sakit di bagian punggung.

Sebelumnya, kata dia, Ani ikut keliling bersama SBY dari Aceh sampai Sumatera. Perjalanan yang ditempuh cukup jauh, sehingga kecapekan, karena lama di dalam kendaraan. ''Setelah itu mengeluh sakit di bagian punggung,” ungkap dia.

Saat ini SBY dan keluarganya sedang menunggu di rumah sakit. Dia meminta kepada masyarakat Indonesia untuk mendoakan mantan ibu negara itu agar lekas sembuh.

Pakar tulang belakang dari Departemen Ortopedi FK Universitas Indonesia (UI) Rahyusallim SpOT menuturkan sakit di punggung bisa dibedakan karena tulang atau bukan karena tulang. Sakit di punggung yang bukan karena tulang, diantaranya adalah karena paru-paru, pembuluh darah, saraf, atau jantung. Jika terjadi di bagian bawah, bisa disebabkan karena ginjal atau usus besar.

Sedangkan sakit di punggung yang terjadi pada tulang belakang, juga beragam. ’’Kalau tulang belakang, paling banyak orangtua sering kali karena osteoporosis,’’ tuturnya. Untuk memastikan bisa dilakukan dengan melihat hasil foto rontgen atau bone mineral density scan (BMD).

Selain karena osteoporosis, juga bisa disebabkan oleh kanker. Misalnya wanita yang mengalami kanker payudara, bisa saja sel kankernya menyebar (metastasis) hingga ke tulang belakang. Kemudian adanya infeksi juga bisa juga menyebabkan rasa sakit pada tulang belakang.

Lebih lanjut Rahyusallim menjelaskan sakit pada tulang belakang, bisa juga dipicu trauma. Misalnya setelah pijit dengan jara diinjak atau ditekan berlebihan. ’’Karena tulang orangtua tidak sekuat anak muda,’’ katanya.

Sehingga sangat riskan jika dipijat terlalu kuat. Kemudian sakit di tulang belakang juga bisa disebabkan karena saraf kejepit. Dia menegaskan dokter yang merawat Ani Yudhoyono tentu yang berwenang untuk melakukan diagnosa.

Pertengahan Juni 2012 lalu Ani Yudhoyono sempat mengalami sakit di bagian leher. Saat itu SBY menyampaikan bahwa Ani Yudhoyono harus diterbangkan ke AS untuk menjalani tindakan medis berupa operasi. Operasi itu dilakukan di RS Allegheny General Hospital, 320 North East Avenue, Pittsburgh, Pennsylvania, AS. (wan/lum/oni/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Usai Pemilu, Demokrat Dianggap Mulai Ambigu

Usai Pemilu, Demokrat Dianggap Mulai Ambigu

Pasca pertemuan Agus Harimoerti Yudhoyono (AHY) dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Kamis (3/5) kemarin, berbagai sorotan muncul.


Ditanya Koalisi, AHY Masih Bungkam

Ditanya Koalisi, AHY Masih Bungkam

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memenuhi undangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Ruang Kredensial, Istana Merdeka Jakarta, Kamis (2/5) sore.


Rommy Sakit, Pemeriksaan Tetap Jalan Terus

Rommy Sakit, Pemeriksaan Tetap Jalan Terus

Lebih dari tiga pekan tersangka kasus suap jual beli jabatan di Kementerian Agama Romahurmuziy alias Rommy dirawat di RS Polri Kramat Jati.


Sebelum Coblosan, Prabowo Kirim Doa untuk Ayahanda

Sebelum Coblosan, Prabowo Kirim Doa untuk Ayahanda

Calon presiden 02 Prabowo Subianto menjalani hari terakhir masa tenang di dua kediamannya, Hambalang dan Kertanegara.


Dirawat di RS Polri, Penahanan Romy Ditangguhkan

Dirawat di RS Polri, Penahanan Romy Ditangguhkan

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memperpanjang penahanan dua tersangka kasus dugaan suap jual beli jabatan Kementerian Agama (Kemenag) selama 20 hari ke depan


Dapat Donor Sumsum Tulang Belakang, Ibu Ani Yudhoyono Segera Dioperasi?

Dapat Donor Sumsum Tulang Belakang, Ibu Ani Yudhoyono Segera Dioperasi?

Untuk mengobati kanker sarah yang diderita Ibu Kristiani Herawati alias Ani Yudhoyono (SBY), mantan Ibu Negara itu membutuhkan donor sumsum tulang belakang.


KPU Siapkan Hal Baru untuk Debat Ketiga

KPU Siapkan Hal Baru untuk Debat Ketiga

Debat pilpres edisi kedua 17 Februari lalu memang banjir kritikan soal gaduhnya pendukung di ruang debat.


Banjir Genangi 9 Kota, 8 Orang Meninggal, Ratusan Hilang

Banjir Genangi 9 Kota, 8 Orang Meninggal, Ratusan Hilang

Hujan deras yang disertai angin kencang pada Senin hingga Selasa siang (22/1) membuat beberapa daerah di Sulawesi Selatan (Sulsel) terendam banjir.


Curah Hujan Diprediksi Meningkat, Rawan Diikuti Banjir-Longsor

Curah Hujan Diprediksi Meningkat, Rawan Diikuti Banjir-Longsor

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrim yang membawa potensi hujan disertai dengan kilat dan petir.


Kakak-Adik Tertimbun Longsor 2 Meter

Kakak-Adik Tertimbun Longsor 2 Meter

Tiga desa di Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, dilanda longsor dan banjir bandang, Senin malam (10/12).



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!