Nasional
Share this on:

Ditutup, Pendaftar CPNS Tembus 1,2 Juta

  • Ditutup, Pendaftar CPNS Tembus 1,2 Juta
  • Ditutup, Pendaftar CPNS Tembus 1,2 Juta

JAKARTA - Pendaftaran CPNS 2017 untuk 61 instansi resmi ditutup tadi malam (25/9) pukul 23.59 WIB. Badan Kepegawaian Negara (BKN) belum mengeluarkan data resmi jumlah pendaftar hingga tadi malam. Namun hampir dipastikan jumlah pelamar mencapai 1,2 juta orang.

Pada batch II pendaftaran CPNS 2017 lowongan formasi yang tersedia mencapai 17.928 kursi. Perinciannya adalah 17.428 kursi tersebar di 60 instansi pemerintah pusat dan sisanya 500 kursi untuk CPNS di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara.

Data BKN hingga kemarin siang pukul 10.00 menyebutkan, sejak dibuka pada 11 September, jumlah pelamar CPNS mencapai 1.213.778 orang. Jumlah ini sangat berpotensi karena pendaftaran masih dibuka terus sampai tadi malam.

Instansi paling laris adalah Kemendikbud dengan jumlah pelamar 154.006 orang. Padahal di kementerian yang dipimpin Muhadjir Effendy itu hanya menyiapkan 300 formasi. Artinya satu orang akan bersaing mengalahkan 513 pelamar lainnya.

Intansi dengan jumlah pelamar tertinggi berikutnya adalah Kemenkeu (136.690), Kemenkes (111.930), Kejagung (73.772), dan Kementan (73.156). Sedangkan instansi dengan pelamar terkecil adalah Lemsaneg (50 orang), Kemenko Perekonomian (317), Badan Pengawas Tenaga Nuklir (831), Kemenpar (1.252), dan Kementerian PAN-RB (1.361).

Kepala Biro Humas BKN Muhammad Ridwan menjelaskan setelah masa pendaftaran secara online ditutup, pelamar tinggal menunggu seleksi administrasi.

Dia menuturkan tidak akan semua yang mendaftar secara online akan lolos seleksi administrasi lalu ikut seleksi kompetensi dasar (SKD). Di sejumlah instansi pengumuman peserta yang lolos seleksi administrasi disampaikan 9 Oktober nanti.

Selama masa menunggu pengumuman administrasi itu, Ridwan mengingatkan supaya pelamar aktif membuka lama sscn.bkn.go.id. Sebab pelamar harus selalu update informasi yang disampaikan oleh BKN secara resmi. Khususnya informasi penting seperti kewajiban upload ulang dokumen tertentu.

Upload ulang itu biasanya karena dokumen awal yang diunggah tidak terbaca sistem kami, tuturnya. Jika pelamar tidak segera update ulang sesuai dengan batas waktu yang tersedia, maka hampir dipastikan tidak lolos tahap seleksi administrasi.

Menurut Ridwan banyak sekali pendaftar yang menanyakan informasi ke call center BKN. Padahal informasi tersebut sudah dipampang di website sscn.bkn.go.id. Dia berharap sebelum menanyakan ke call center, pelamar sebaiknya mengunjungi website pendaftaran terlebih dahulu.

Lantas terkait pelaksanaan tes tulis untuk seleksi CPNS gelombang kedua ini, Ridwan belum bisa memastikan jadwalnya. Yang jelas BKN akan melayani terlebih dahulu instansi yang sudah merampungkan seleksi administrasi.

Dia menegaskan BKN sudah menyiapkan layanan ujian berbasis komputer. Tinggal menunggu permintaan dari instansi yang siap terlebih dahulu. (wan/jpg)


Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Kemenag Cari Imam Masjid, Digaji Rp23 Juta Sebulan

Kemenag Cari Imam Masjid, Digaji Rp23 Juta Sebulan

Kementerian Agama (Kemenag) dan pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) melanjutkan program kerja sama pengiriman imam masjid.


Pemerintah Diminta Segera Buka CPNS Guru

Pemerintah Diminta Segera Buka CPNS Guru

Kekurangan guru PNS, khususnya di jenjang SD sudah sangat mendesak.


Wow... Arus balik Liburan Tembus 104 Ribu Kendaraan

Wow... Arus balik Liburan Tembus 104 Ribu Kendaraan

Puncak arus balik pada periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2017 terjadi kemarin (1/1).


 2017 Ada 2.000 Bencana, 377 Orang Tewas

2017 Ada 2.000 Bencana, 377 Orang Tewas

Lebih 2 Ribu bencana tercatat menghantam indonesia sepanjang tahun 2017. Mengakibatkan 377 orang tewas, dan membuat 2,5 juta jiwa mengungsi.


Potensi Zakat PNS Tembus Rp15 Triliun

Potensi Zakat PNS Tembus Rp15 Triliun


Seleksi CPNS 2018, Hati-hati Honorer Siluman

Seleksi CPNS 2018, Hati-hati Honorer Siluman

Tahun depan pemerintah direncanakan mengangkat CPNS daerah. Di antaranya adalah mengakomodasi para tenaga honorer guru yang sudah lama bekerja.


Mulai 2018, Tarif Minimal Umrah Rp20 Juta

Mulai 2018, Tarif Minimal Umrah Rp20 Juta

Akibat kasus penipuan oleh First Travel yang menawarkan jasa umrah berbiaya murah, Kemenag berniat menetapkan batas minimal biaya umrah.


Dari Registrasi SIM Card, Operator Bisa Hemat Rp2-2,5 Triliun

Dari Registrasi SIM Card, Operator Bisa Hemat Rp2-2,5 Triliun

Sejak program registrasi bergulir, jumlah peredaran sim card menurun jadi 300-400 juta.


Usul 250 Ribu CPNS Baru, 212 Ribu Daerah se Indonesia

Usul 250 Ribu CPNS Baru, 212 Ribu Daerah se Indonesia

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (PAN-RB) membuka kemungkinan adanya tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) baru tahun depan.


Sudah Sejuta Orang, Guru Honorer Susah Jadi PNS

Sudah Sejuta Orang, Guru Honorer Susah Jadi PNS

Jumlah guru honorer di Indonesia sudah membengkak hingga satu juta lebih. Kabarnya masih banyak yang belum masuk pendataan Kemendikbud.



Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!