Nasional
Share this on:

Ditutup, Pendaftar CPNS Tembus 1,2 Juta

  • Ditutup, Pendaftar CPNS Tembus 1,2 Juta
  • Ditutup, Pendaftar CPNS Tembus 1,2 Juta

JAKARTA - Pendaftaran CPNS 2017 untuk 61 instansi resmi ditutup tadi malam (25/9) pukul 23.59 WIB. Badan Kepegawaian Negara (BKN) belum mengeluarkan data resmi jumlah pendaftar hingga tadi malam. Namun hampir dipastikan jumlah pelamar mencapai 1,2 juta orang.

Pada batch II pendaftaran CPNS 2017 lowongan formasi yang tersedia mencapai 17.928 kursi. Perinciannya adalah 17.428 kursi tersebar di 60 instansi pemerintah pusat dan sisanya 500 kursi untuk CPNS di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara.

Data BKN hingga kemarin siang pukul 10.00 menyebutkan, sejak dibuka pada 11 September, jumlah pelamar CPNS mencapai 1.213.778 orang. Jumlah ini sangat berpotensi karena pendaftaran masih dibuka terus sampai tadi malam.

Instansi paling laris adalah Kemendikbud dengan jumlah pelamar 154.006 orang. Padahal di kementerian yang dipimpin Muhadjir Effendy itu hanya menyiapkan 300 formasi. Artinya satu orang akan bersaing mengalahkan 513 pelamar lainnya.

Intansi dengan jumlah pelamar tertinggi berikutnya adalah Kemenkeu (136.690), Kemenkes (111.930), Kejagung (73.772), dan Kementan (73.156). Sedangkan instansi dengan pelamar terkecil adalah Lemsaneg (50 orang), Kemenko Perekonomian (317), Badan Pengawas Tenaga Nuklir (831), Kemenpar (1.252), dan Kementerian PAN-RB (1.361).

Kepala Biro Humas BKN Muhammad Ridwan menjelaskan setelah masa pendaftaran secara online ditutup, pelamar tinggal menunggu seleksi administrasi.

Dia menuturkan tidak akan semua yang mendaftar secara online akan lolos seleksi administrasi lalu ikut seleksi kompetensi dasar (SKD). Di sejumlah instansi pengumuman peserta yang lolos seleksi administrasi disampaikan 9 Oktober nanti.

Selama masa menunggu pengumuman administrasi itu, Ridwan mengingatkan supaya pelamar aktif membuka lama sscn.bkn.go.id. Sebab pelamar harus selalu update informasi yang disampaikan oleh BKN secara resmi. Khususnya informasi penting seperti kewajiban upload ulang dokumen tertentu.

Upload ulang itu biasanya karena dokumen awal yang diunggah tidak terbaca sistem kami, tuturnya. Jika pelamar tidak segera update ulang sesuai dengan batas waktu yang tersedia, maka hampir dipastikan tidak lolos tahap seleksi administrasi.

Menurut Ridwan banyak sekali pendaftar yang menanyakan informasi ke call center BKN. Padahal informasi tersebut sudah dipampang di website sscn.bkn.go.id. Dia berharap sebelum menanyakan ke call center, pelamar sebaiknya mengunjungi website pendaftaran terlebih dahulu.

Lantas terkait pelaksanaan tes tulis untuk seleksi CPNS gelombang kedua ini, Ridwan belum bisa memastikan jadwalnya. Yang jelas BKN akan melayani terlebih dahulu instansi yang sudah merampungkan seleksi administrasi.

Dia menegaskan BKN sudah menyiapkan layanan ujian berbasis komputer. Tinggal menunggu permintaan dari instansi yang siap terlebih dahulu. (wan/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Banyak Instansi Belum Umumkan Kelulusan

Banyak Instansi Belum Umumkan Kelulusan

Sesuai jadwal yang ditetapkan, batas akhir pengumuman kelulusan seleksi administrasi rekrutmen CPNS baru kemarin (21/10).


Jumlah Pelamar Hampir Tembus 5 Juta

Jumlah Pelamar Hampir Tembus 5 Juta

Pendaftaran CPNS baru secara online di website sscn.bkn.go.id ditutup tadi malam (15/10) pukul 23.59 WIB.


Satu Jutaan Pembuat Akun Belum Selesaikan Pendaftaran CPNS

Satu Jutaan Pembuat Akun Belum Selesaikan Pendaftaran CPNS

Sesuai jadwal yang telah ditetapkan, pendaftarn CPNS baru dibuka hingga hari ini (15/10) pukul 23.59 WIB.


Ribuan Honorer K2 Daftar CPNS

Ribuan Honorer K2 Daftar CPNS

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menampik adanya upaya mempersulit para tenaga honorer kategori dua (K2) untuk mendaftar CPNS baru.


PP 43/2018 Diteken, Pelapor Korupsi Bakal Dihadiahi Rp200 Juta

PP 43/2018 Diteken, Pelapor Korupsi Bakal Dihadiahi Rp200 Juta

Kabar baik bagi mereka yang getol membongkar skandal korupsi. Pemerintah bakal memberikan hadiah bagi masyarakat yang melaporkan kasus korupsi.


Honorer K2 Merasa Dipersulit Daftar CPNS Online

Honorer K2 Merasa Dipersulit Daftar CPNS Online

Pendaftaran CPNS online melalui website sscn.bkn.go.id ditutup 15 Oktober atau tinggal lima hari lagi.


Wali Kota Pasuruan Diduga Terima Fee Rp230 Juta

Wali Kota Pasuruan Diduga Terima Fee Rp230 Juta

Usai menjalani pemeriksaan di Polres Pasuruan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) langsung menerbangkan Wali Kota Pasuruan Setiyono ke Jakarta.


Pendaftaran CPNS Diperpanjang Himgga 15 Oktober

Pendaftaran CPNS Diperpanjang Himgga 15 Oktober

Pemerintah akhirnya menyikapi masih minimnya jumlah pendaftar CPNS baru tahun ini.


Tinggal Sepekan, Pendaftar CPNS Baru 284.740 Orang

Tinggal Sepekan, Pendaftar CPNS Baru 284.740 Orang

Masa pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) tinggal sepekan lagi. Namun, hingga kemarin belum ada peningkatan jumlah pelamar yang signifikan.


Baru 10 Ribu Pelamar, Situs Pendaftaran CPNS Overload

Baru 10 Ribu Pelamar, Situs Pendaftaran CPNS Overload

Susahnya akses mendaftar CPNS baru secara online di website sscn.bkn.go.id ditengarai menjadi penyebab masih minimnya jumlah pendaftar.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!