Nasional
Share this on:

Duh, Tingkat Pengangguran Lulusan SMK paling Tinggi

  • Duh, Tingkat Pengangguran Lulusan SMK paling Tinggi
  • Duh, Tingkat Pengangguran Lulusan SMK paling Tinggi

Ilustrasi.

JAKARTA - Kualitas Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dipertanyakan. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) yang dirilis Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Sabtu (10/3) lalu, menunjukkan 11 persen dari 7 juta penganggur di seluruh indonesia adalah siswa lulusan SMK.

Persentase tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan lulusan dari SD, SMP, SMA umum, Diploma, bahkan sarjana. Pada rilis Februari 2017, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) SMK masih berada di angka 9,2, lantas pada survey Agustus 2017, jumlahnya meningkat menjadi 11,41 persen.

”Jika kita lihat, hanya SD yang mengalami tingkat penurunan TPT,” kata Dirjen Binalattas Kemnaker Bambang Satrio Lelono di Bandung, kemarin.

Bambang menyebut, TPT tertinggi dimiliki oleh lembaga-lembaga pendidikan yang khusus mempersiapkan lulusannya bekerja. Yakni SMK, SMA dan Politeknik. ”Ini aneh kenapa lulusan SMK kok nganggur. Padahal disiapkan untuk langsung kerja. Politeknik juga untuk kerja. Artinya pendidikan kita belum siap pakai," kata Bambang.

Solusi dari permasalahan ini kata Bambang adalah membuat lulusan SMK memiliki ketrampilan lebih. "Dan salah satunya jalan dengan memberikan pelatihan," ujar Dirjen Bambang.

Bambang mengungkapkan, pada Tahun 2019, Kemnaker telah merancang kegiatan-kegiatan peningkatkan kualitas SDM melalui program pemagangan dengan bekerja sama dengan industri untuk 400 ribu orang.

Menurut Bambang, semua harus bersiap dan mengikuti trend perubahan yang berkembang cepat. Pemerintah siap memfasilitasi kebutuhan tenaga kerja yang berubah, akibat digitalisasi dan perkembangan teknologi melalui program pelatihan di Balai Pelatihan Kerja (BLK).

Perkembangan industri yang cepat, kata Bambang, menghendaki BLK juga memiliki skema transformasi industri kedepan dan pemetaan pasar kerja di masa depan. "Kalau industri berubah tentu dibutuhkan pekerjaan baru, pekerjaan lama akan hilang. Konsekuensinya dibutuhkan skill yang baru," tambahnya.

Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK) Kemendikbud, M. Bakrun membenarkan data BPS tersebut. Namun ia meyakinkan bahwa sampai saat ini perbaikan-perbaikan terus dilakukan. “Data BPS tidak bisa langsung diubah, karena yang di survei lulusan SMK yang usianya 15 sampai 55 tahun,” bebernya lagi.

Memang, Bakrun mengakui bahwa sejak awal lulusan SMK dipersiapkan utk bekerja. Namun menurutnya tidak boleh dilupakan bahwa saat ini juga terjadi banyak Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). ”Kemungkinan itu penyebab nya juga, karena yang kami survei, penganggur lulusan SMK 55%pernah bekerja,” jelas Bakrun.

Sistem ketenagakerjaan yang ada saat ini, kata Bakrun belum mensyaratkan bahwa orang yang bekerja harus punya sertifikat/kompetensi tertentu. Jenis pekerjaan masih bisa diisi oleh semua yg jenis lulusan.

”Selain itu peta kebutuhan tenaga kerja juga belum terlihat dengan jelas. Maka sekarang kita mencoba mengarahkan siswa-siswa SMK untuk mengembangkan wirausaha,” pungkas Bakrun. (tau/jpg)


Berita Sejenis

Waspada Gelombang Tinggi di Perairan Selatan

Waspada Gelombang Tinggi di Perairan Selatan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kemarin (29/8) mengeluarkan peringatan dini terjadinya gelombang tinggi.


Kapolda Papua yang Baru Diminta Tangani KKSB

Kapolda Papua yang Baru Diminta Tangani KKSB

Polri menggelar serah terima jabatan (Sertijab) tujuh perwira tinggi (pati) kemarin (20/8) di ruang Rupatama Mabes Polri.


Penerima PKH dan BPNT Diharuskan Tidak Merokok

Penerima PKH dan BPNT Diharuskan Tidak Merokok

Tingkat kemiskinan Indonesia turun, karena sebagian pindah ke level hampir miskin. Masyarakat di level ini rentan turun level menjadi miskin kembali.


Golkar dan Gerindra Paling Banyak

Golkar dan Gerindra Paling Banyak

Partai Gerindra dan Golkar seakan bersaing menjadi parpol yang paling banyak mendaftarkan mantan terpidana korupsi sebagai calon anggota legislatif (caleg).


Waspada Gelombang Tinggi dan Hujan Lebat

Waspada Gelombang Tinggi dan Hujan Lebat

Selain ancaman gelombang tinggi, masyarakat penghuni indonesia barat kini harus waspada terhadap terbentuknya aliran massa udara basah.


Angka Golput Masih Tinggi

Angka Golput Masih Tinggi

KPU menargetkan tingkat partisipasi pemilih dalam pilkada serentak 2018 bisa mencapai 77,5 persen.


Sembako Mulai Naik, Daging Sapi Tembus Rp130.000

Sembako Mulai Naik, Daging Sapi Tembus Rp130.000

H- 4 sebelum lebaran, harga-harga kebutuhan pokok mulai mengalami kenaikan, kemarin. Daging sapi mencatatkan kenaikan paling signifikan.


Nilai Turun tapi Asli

Nilai Turun tapi Asli

Nilai ujian nasional (Unas) SMA/SMK selalu turun dalam tiga tahun.


Tingkat Kelulusan Siswa Masih Tinggi

Tingkat Kelulusan Siswa Masih Tinggi

Pengumuman kelulusan jenjang SMA sederajat disampaikan kemarin (3/5).


Harga Daging Stabil, Beras Masih Tinggi

Harga Daging Stabil, Beras Masih Tinggi

Upaya menstabilkan harga pangan jelang datangnya bulan Ramadan terus dilakukan pemerintah.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!