Nasional
Share this on:

Empat BUMN Naik Kasta

  • Empat BUMN Naik Kasta
  • Empat BUMN Naik Kasta

JAKARTA - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) semakin dilirik dunia. Tercatat, 4 BUMN Indonesia masuk dalam daftar perusahaan publik terbesar di dunia pada 2019, yang dirilis majalah ekonomi asal Amerika Serikat (AS), Forbes edisi Juni 2019.

Adapun keempat BUMN yang masuk daftar, yakni PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Bank Mandiri Tbk, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, dan PT Bank Negara Indonesia Tbk. Dalam daftar tersebut, PT Bank BRI menempati posisi 363. Bank terbesar di Indonesia ini tercatat memiliki kapitalisasi pasar (market cap) USD 38,8 miliar.

Dengan nilai pendapatan mencapai USD 9,4 miliar, perolehan laba USD 2,3 miliar dan aset USD 90,2 miliar. Menteri BUMN Rini Soemarno menyatakan, pengakuan ini sekaligus apresiasi dunia internasional terhadap kinerja BUMN tersebut merupakan salah satu bukti keseriusan BUMN untuk selalu mewujudkan visi jangka panjang sebagai penyedia layanan dan memiliki kinerja yang terbaik.

"Saya sangat bangga dengan masuknya 4 perusahaan BUMN ke dalam daftar perusahaan publik terbesar di dunia versi majalah Forbes. Peringkat Forbes ini menunjukkan bahwa BUMN Indonesia memiliki daya saing yang kuat dengan perusahaan top global lainnya," ungkapnya, kemarin.

Forbes merilis daftar 2.000 perusahaan publik global terbesar di dunia pada 2019. Perusahaan-perusahaan yang dipilih Forbes ini tersebar di 61 negara. Penetapan kriteria perusahaan publik global terbesar, mengacu pada ukuran kapitalisasi pasar, penjualan, laba, dan aset di 2018.

Sementara PT Bank Mandiri masuk dalam posisi 481. Bank Mandiri mencatatkan pendapatan USD 8 miliar, dengan perolehan laba USD 1,8 miliar dan aset mencapai USD 83,6 miliar. Adapun nilai kapitalisasi pasarnya sebesar USD 25,9 miliar.

PT Telkom Indonesia menempati posisi 747. Pendapatan perusahaan mencapai USD 9,4 miliar dengan perolehan laba USD 1,3 miliar dan aset USD 13,8 miliar. Nilai kapitalisasi pasar perusahaan dilaporkan mencapai USD 27,2 miliar.

Selanjutnya, PT Bank BNI yang betada pada posisi 835. Bank BNI menjadi bank BUMN ketiga yang masuk dalam daftar perusahaan publik terbesar di dunia. Pendapatan bank ini tercatat USD 4,9 miliar, dengan raihan laba USD 1,1 miliar. Adapun asetnya USD 56,2 miliar dengan nilai kapitalisasi pasar USD 13,1 miliar.

Rini menceritakan, saat ditunjuk sebagai Menteri BUMN, keuntungan BUMN Rp 143 triliun dan dengan kerja keras seluruh insan BUMN, pada 2018 untungnya di atas Rp 200 triliun. " Masih akan kita dorong hingga bisa menjadi yang terdepan," tandasnya. (rls/fin/zul/tgr)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Rp1,162 Triliun Disiapkan untuk Cetak SDM Andal

Rp1,162 Triliun Disiapkan untuk Cetak SDM Andal

Pemerintah telah menyiapkan empat proyek utama untuk mencetak sumber daya manusia (SDM) unggul.


Kembalikan UUD 1945 yang Asli

Kembalikan UUD 1945 yang Asli

Wacana amandemen Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 terus mengemuka. Sejak 1999 hingga 2002, sudah empat kali dilakukan amandemen.


Puncak Haji Dibagi Empat Rute

Puncak Haji Dibagi Empat Rute

Seluruh jemaah haji sudah berada di Tanah Suci. Dari data Siskohat Kemenag totalnya mencapai 212.732 orang, yang tergabung dalam 529 kelompok terbang (kloter).


Empat Ibu Kota Negara Pernah Terapkan Ganjil Genap

Empat Ibu Kota Negara Pernah Terapkan Ganjil Genap

Pemerintah DKI Jakarta, pada Kamis pekan lalu (1/8) mengeluarkan Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 66 Tahun 2019.


PDIP Emoh Diberi Jatah Empat Menteri

PDIP Emoh Diberi Jatah Empat Menteri

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri memberi kode keras kepada Presiden Joko Widodo.


Listrik Mati Tanggung Jawab Menteri BUMN

Listrik Mati Tanggung Jawab Menteri BUMN

Listrik di wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, dan Banten mengalami padam massal pada Minggu (4/5).


Kuatir Virus Ebola, Arab Saudi Larang Warga Kongo Naik Haji

Kuatir Virus Ebola, Arab Saudi Larang Warga Kongo Naik Haji

Sebanyak 410 calon jamaah haji dari Republik Demokratik Kongo (RDC) batal diberangkatkan untuk menunaikan ibadah ke Mekah.


Empat Kloter Haji Indonesia Tak Dapat Izin Mendarat

Empat Kloter Haji Indonesia Tak Dapat Izin Mendarat

Pemerintah Indonesia tengah berupaya melobi Pemerintah Arab Saudi, untuk mendapatkan izin mendarat atau slot time.


Megawati-Prabowo Sepakat

Megawati-Prabowo Sepakat

Ada kesepakatan dalam pertemuan empat mata Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto, Rabu (24/7) lalu.


Atasi Defisit, saatnya Premi BPJS Kesehatan Naik

Atasi Defisit, saatnya Premi BPJS Kesehatan Naik

Premi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan peserta mandiri sudah selayaknya dinaikkan.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!