Nasional
Share this on:

Enam Kader Golkar Tantang Airlangga Hartarto

  • Enam Kader Golkar Tantang Airlangga Hartarto
  • Enam Kader Golkar Tantang Airlangga Hartarto

**JAKARTA ** - Enam kader Partai Golkar mendeklarasikan diri sebagai calon ketua umum (caketum) DPP Partai Golkar periode 2019-2024. Satu di antaranya adalah Bambang Soesatyo (Bamsoet). Keenam kader beringin itu menantang ketua umum Golkar Petahana, Airlangga Hartarto pada musyawarah nasional (munas) Desember mendatang.

Selain Bamsoet, nama lain yang mendeklarasikan diri adalah Marlinda Irwanti, Ulla Nuchrawatty, Indra Bambang Utoyo, Ridwan Hisyam, dan Ali Yahya. "Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, saya Bambang Soesatyo, menyatakan maju bersama calon lainnya, Indra Bambang Sutoyo, Ridwan Hisam, Ahli Yahya, Ibu Ula, Ibu Linda plus Pak Airlangga sendiri sebagai incumbent," tegas Bamsoet di The Sultan Hotel Residence Jakarta, Kamis (18/7) kemarin.

Bamsoet merupakan politikus Golkar yang kini menjabat sebagai Ketua DPR RI. Dia mengaku maju atas desakan kader daerah untuk menyelamatkan partai dari keterpurukan. Sedangkan Ali Yahya adalah Ketua Umum Satuan Karya Ulama Partai Golkar. Ali mengatakan dari seluruh calon, hanya dirinya caketum yang memiliki hak suara dalam munas. Karena menjadi pengurus organisasi sayap partai.

Sementara Ulla Nuchrawatty adalah mantan Ketua Umum Kesatuan Perempuan Partai Golkar. Ulla menyampaikan komitmennya untuk menjalankan visi-misi Golkar dan tidak akan membeda-bedakan kader. Lainnya, Marlinda Irwanti menyampaikan harapannya membawa Golkar sebagai partai nomor satu pada Pemilu 2024 mendatang.

Indra Bambang Utoyo, Ridwan Hisyam dan calon petahana Airlangga Hartarto tidak hadir dalam deklarasi tersebut. Dengan demikian, ada tujuh calon ketua umum Golkar yang telah menyatakan maju dalam munas mendatang.

"Mari kita bertarung secara sehat tanpa ancam-mengancam, tanpa tekan-menekan. Karena Golkar adalah partai yang demokratis. Rakyat akan melihat apakah pimpinan partai ini bekerja mengelola partai secara demokratis atau menjadi otoriter," tegas Bamsoet.

Dia Munas Partai Golkar dengan agenda pemilihan ketum dapat dilakukan dalam waktu dekat. Bamsoet ingin pemilihan ketum Golkar berlangsung secara demokratis. "Kalau Munas dilakukan dalam waktu dekat, kita berharap itu berlangsung demokratis. Tidak pernah dikenal di Golkar dukungan atau pemaksaan aklamasi. Golkar tidak pernah memaksakan adanya calon tunggal," paparnya.

Menurutnya setiap kader memiliki tanggung jawab membesarkan partai. Selain itu, Golkar harus mampu menjadi rumah besar bersama. "Saudara sekalian kita memiliki tanggung jawab yang sama membesarkan partai ini. Menjadi partai yang menjadi rumah besar bersama. Entah itu profesional, kaum buruh, mahasiswa, ulama, TNI/Polri purnawirawan dan keluarga besarnya," jelasnya.

Ali Yahya menambahkan pemilihan caketum Golkar akan dilaksanakan sebelum pelantikan presiden. "Dengan diiringi niat yang tulus dan iktikad yang baik untuk memperbaiki 5 tahun ke depan, saya Ali Yahya, siap maju untuk jadi caketum. Kita harapkan Munas dapat diselenggarakan sebelum pelantikan presiden," jelas Ali Yahya. (rh/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Golkar Usung Capres di Pemilu 2024

Golkar Usung Capres di Pemilu 2024

Partai Golkar berkeinginan mengusung kader sendiri dalam Pemilu Presiden 2024 mendatang.


Megawati Kembali Tantang Prabowo

Megawati Kembali Tantang Prabowo

Megawati banyak melontarkan kelakar politik dalam pidato sambutannya di acara pembukaan Kongres V PDIP, di Bali, kemarin (8/8).


Enam Pahlawan Indonesia Dijadikan Nama Jalan di Belanda

Enam Pahlawan Indonesia Dijadikan Nama Jalan di Belanda

Beberapa tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia dijadikan nama jalan di sejumlah kawasan di Pusat Ijburg, Amsterdam, Belanda.


Ketua MPR Tergantung Presiden

Ketua MPR Tergantung Presiden

Koalisi Indonesia Kerja (KIK) dikabarkan sepakat memberikan kursi Ketua MPR RI kepada Partai Golkar.


Golkar Klaim Dapat Kursi Ketua MPR

Golkar Klaim Dapat Kursi Ketua MPR

Lima partai politik (parpol) yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja (KIK) telah sepakat membentuk paket pimpinan MPR RI periode 2019-2024.


Gerindra Siapkan Kader di Kabinet

Gerindra Siapkan Kader di Kabinet

Partai Gerindra memastikan kesiapannya bergabung dalam pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin.


Target Golkar Capres 2024

Target Golkar Capres 2024

Tak hanya mencari figur ketua umum, Partai Golkar juga punya target mengusung sendiri capres dan cawapres pada Pemilu 2024.


Lima Tokoh Senior Beringin Dukung Kandidat Caketum Berbeda

Lima Tokoh Senior Beringin Dukung Kandidat Caketum Berbeda

Tiga tokoh senior Partai Golkar diprediksi akan mendukung Airlangga Hartarto.


Golkar Ngotot Ketua MPR, Puan Pimpin DPR

Golkar Ngotot Ketua MPR, Puan Pimpin DPR

Golkar berpotensi besar menduduki jabatan Ketua MPR. Sementara Puan Maharani diprediksi bakal memimpin DPR.


Airlangga Harus Memilih Jadi Menteri atau Ketum Golkar

Airlangga Harus Memilih Jadi Menteri atau Ketum Golkar

Persaingan memperebutkan kursi Ketua Umum DPP Partai Golkar kian seru. Posisi Airlangga Hartarto pun mulai dipersoalkan.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!