Nasional
Share this on:

Gus Ipul Siap Jika diganti Risma

  • Gus Ipul Siap Jika diganti Risma
  • Gus Ipul Siap Jika diganti Risma

Saifullah Yusuf.

SURABAYA - Calon Gubernur Jatim PDIP-PKB, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengakui, jika isu terkait Azwar Anas cukup berimbas pada koalisinya. Meski demikian, dia tetap menyerahkan sepenuhnya kepastian Anas dalam pilgub kepada partai pengusungnya.

Kalaupun harus berganti wakil, Gus Ipul mengaku siap-siap saja. Hanya saja, dia berharap penggantinya nanti harus memiliki visi yang sama. "Yang jelas pengganti ini harus bisa diterima oleh semua pihak. Terutama yg selama ini sama-sama sudah berjuang, " ujarnya di DPP PKB.

Bagaimana dengan Risma Triharini? Ipul mengaku akan menerima jika Risma yang menjadi wakilnya. Sebab, Walikota Surabaya itu merupakan salah satu calon wagub yang punya elektabilitas, popularitas, dan bisa bersinergi.

Namun dia mengaku belum ada komunikasi langsung dengan Risma. "Dalam situasi seperti ini kita siap dipasangkan dengan siapapun, terutama yang tadi saya bilang ya (Risma)," imbuhnya memberi sinyal.

Dinamika yang terjadi di pencalonan kepala daerah yang diusung PDIP dan PKB, sedikit banyak mengganggu persiapan dari Ipul selaku cagub. Di sisi lain, pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak yang tidak diterpa isu miring, relatif memiliki persiapan yang lebih matang.

Meski dinilai diuntungkan atas peristiwa itu, Khofifah memiliki pendapat berbeda. Saat memenuhi undangan di DPP Partai Golkar kemarin, Khofifah menyatakan bahwa pihaknya tidak ingin ikut bicara terkait posisi yang terjadi pada pasangan calon lain.

"Kami tidak pada posisi mengomentari apa yang terjadi di paslon lain," ujar Khofifah yang hadir didampingi Emil.

Khofifah menyatakan, dirinya bersama Emil dan parpol koalisi saat ini lebih konsen pada upaya pemenangan. Dirinya juga tidak ingin menyampaikan pandangan atas situasi pada paslon lain, yang bisa mempengaruhi konstelasi yang terjadi.

"Kalaupun ada perubahan konstelasi, biarkan itu berubah secara alami," ujarnya.

Khofifah juga tidak mau berkomentar banyak terkait peluang majunya walikota Surabaya Tri Rismaharini menjadi cawagub menggantikan Anas. Menurut dia, semua itu merupakan keputusan internal dari masing-masing partai. "Siapapun calonnya, kita memberi kesempatan yang sama," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto tidak banyak berkomentar mengenai dinamika yang ada di tubuh pasangan Saifullah Yusuf-Azwar Anas. Dia hanya membenarkan bahwa dinamika yang terjadi saat ini memiliki dampak terhadap paslon yang didukungnya, yakni Khofifah-Indar Parawansa-Emil Dardak.

Apakah berarti hofifah-Emil mendapat keuntungan dari dinamika tersebut, Airlangga tidak menjawab lugas. ’’Semua ada positifnya, kita ambil yang positif,’’ujarnya saat ditemu di kompleks Istana Kepresidenan kemarin.

Saat ini, Memang baru Khofifah-Emil yang menjadi lawan dari Saifullah-Anas, meyusul belum adanya kepastian pembentukan poros baru. Meskipun demikian, Airlangga masih enggan memprediksi peluang Khofifah di Pilgub Jatim pasca isu mundurnya Anas.

’’Saya pikir peluangnya semua positif. Semakin besar semakin positif,’’ lanjutnya. Tentu saja, pihaknya selaku rival akan mengambil peluang positif dari isu mundurnya Anas. (far/bay/byu/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Risma: THR Nggak Ada Dananya, Mau Pakai Uang Siapa?

Risma: THR Nggak Ada Dananya, Mau Pakai Uang Siapa?

Bukan hanya daerah dengan APBD kecil yang kebingungan membayar THR sesuai surat edaran Mendagri.


Tiga Terduga Teroris Siap Ledakan Bom High Explosive

Tiga Terduga Teroris Siap Ledakan Bom High Explosive

Kelompok teroris masih menggeliat. Kemarin (7/5) Polri mengungkapkan penangkapan tiga terduga teroris di jalan Veteran III, Bogor, Jawa Barat.


Dieksekusi ke Sukamiskin, Waspadai Jika Setnov Ajukan PK

Dieksekusi ke Sukamiskin, Waspadai Jika Setnov Ajukan PK

Mantan ketua DPR Setya Novanto (Setnov) mulai menjalani masa pemidanaan, kemarin (4/5).


Setnov Siap Pindah ke Sukamiskin

Setnov Siap Pindah ke Sukamiskin

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera mengesekusi terpidana kasus korupsi kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) Setya Novanto (Setnov).


Siap-siap Nilai Penyebar Soal UN Dibatalkan

Siap-siap Nilai Penyebar Soal UN Dibatalkan

Aksi membocorkan soal ujian nasional berbasis komputer (UNBK) ditanggapi serius oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.


Ambruknya Jembatan Widang Tak Akan Ganggu Mudik

Ambruknya Jembatan Widang Tak Akan Ganggu Mudik

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) optimis jika ambruknya Jembatan Widang di Tuban Jawa Timur tidak akan mengganggu arus mudik.


Tol Jakarta-Surabaya Siap Digunakan untuk Mudik

Tol Jakarta-Surabaya Siap Digunakan untuk Mudik

Mudik lebaran memang masih lama. Namun kementerian terkait telah melakukan berbagai persiapan.


Ganggu Kedaulatan, Indonesia Siap Perang

Ganggu Kedaulatan, Indonesia Siap Perang

Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu menjawab tegas peringatan Tentara Pembebasan Nasional–Papua Barat (TPN – PB).


Tol Ngawi-Wilangan Siap Dioperasionalisasikan Kamis Lusa

Tol Ngawi-Wilangan Siap Dioperasionalisasikan Kamis Lusa

Ruas tol Ngawi-Kertosono seksi 1-3 (Ngawi-Wilangan) akan diresmikan Kamis (29/3) mendatang.


Jika Tak Mau Diimbau, KPK Tak Perlu Tunda Penetapan Tersangka

Jika Tak Mau Diimbau, KPK Tak Perlu Tunda Penetapan Tersangka

Prof Mahfud MD menjelaskan dia tidak percaya Menko Polhukam Wiranto akan meminta penundaan calon kepala daerah untuk dijadikan tersangka.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!