Nasional
Share this on:

Hampir Separuh Pemudik Sudah Kembali

  • Hampir Separuh Pemudik Sudah Kembali
  • Hampir Separuh Pemudik Sudah Kembali

JAKARTA - Sekitar 48 persen pemudik tercatat telah kembali ke jakarta dan kota-kota besar lain pada H+5 lebaran tahun 2018. Sejauh ini, arus balik dinilai lancar tanpa hambatan berarti.

Kepala Posko Terpadu Angkutan Lebaran Kementerian Pehubungan (Kemenhub) Wahju Adji mengatakan bahwa sejak kamis siang (21/6), hanya diberlakukan sekali contraflow di Jalan Tol Jakarta Cikampek sejak Km 41 hingg Km 47. Kemudian pada sore hariny diperpanjang hingga Km 53.

"Jadi kepadatan masih bisa diatasi dengan contraflow saja," kata Wahju kemarin.

Wahju mencatat sudah 48,34 persen pemudik yang kembali. Masih ada lebih dari separuh pemudik yang belum. Mereka rata-rata memperpanjang cuti ataupun masih berlibur. Sisa 62 persen ini kata Wahju akan tersebar dalam beberapa hari mendatang. "Jadi sangat kecil kemungkinan terjadi lonjakan penumpang yang signifikan," jelasnya.

Untuk masing-masing moda, Angkutan Jalan mencatatkan progres 45,78 persen, Penyeberangan 47,06 persen, Kereta Api 56,25 persen, Laut 34,90 persen, serta udara 48,62 persen.

Pertambahan penumpang kata Wahju kemungkinan terjadi pada akhir minggu ini. Yakni pada hari sabtu dan minggu.

Wahju yakin bahwa arus mudik tahun ini lebih lancar dari tahun-tahun sebelumnya. Wahju mencontohkan perjalanan dari Jawa Tengah ke Jakarta saja bisa ditempuh dalam 8-9 jam. Ini juga didukung oleh infrastruktur jalan yang lebih baik. "Jarang ada pemudik yang sampai kemalaman atau bermalam di jalan," katanya.

General Manager PT Jasa Marga cabang Jakarta Cikampek Raddy Riadi mengungkapkan kebijakan one way banyak mengubah pola arus balik menuju Jakarta. Lantaran kendaraan lebih cepat kembali ke ibu kota. Bila dibandingkan dengan arus mudik, jumlah kendaraan yang balik ke Jakarta lewat tol Japek itu masih sekitar 36 persen hingga pagi kemarin.

”Arus balik H+2 sd H+4 sudah mencapai 64 persen. Tinggal 36 persen lagi yang belum balik,” ujar Raddy kepada Jawa Pos, kemarin (21/6).

Pada arus mudik sejak H-8 hingga H-1 tercatat ada 720.245 kendaraan yang melewati jalan tol Japek. Sedangkan pada arus balik H+1 hingga H+4 atau kemarin, tercatat sudah 460.212 kendaraan.

Jumlah kendaraan yang masuk ke Jakarta melalui tol Japek memang terus diatas 100 ribu dalam tiga hari terakhir. Data pada Rabu (20/6) total ada 124.903 kendaraan, sedangkan Selasa (19/6) tercatat 130.125 kendaraan, sedangkan Senin (18/6) 116.104 kendaraan.

Wakil Presiden Jusuf Kalla menuturkan salah satu kunci sukses mudik lebaran tahun ini adalah libur panjang. Sehingga masyarakat bisa lebih memilih waktu untuk pulang kampung. Imbasnya penumpukan kendaraan bisa lebih tersebar. ”Liburan panjang sehingga yang mudik itu punya kesempatan (pulang kampung, Red),” ujar JK di Istana Wakil PResiden, kemarin (21/6).

Selain itu, infrastruktur penunjang mudik juga sudah lebih baik. Sehingga tidak ada lagi kemacetan yang parah. Misalnya dibandingkan dengan kemacetan akibat jalan tol di exit Brebes atau Brexit pada 2016 lalu. Jumlah kecelakaan fatal di jalur mudik yang menimbulkan korban meninggal dunia juga turun drastis. ”Macet sedikit-sedikit ya hari biasa pun macet, tidak parah,” tambah dia. (tau/jun/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Keluarga Budi Mulya Tagih Janji KPK

Keluarga Budi Mulya Tagih Janji KPK

Keluarga terpidana mantan Deputi Bidang Moneter Bank Indonesia (BI) Budi Mulya kembali mendatangi gedung KPK kemarin (19/9).


Ketatnya Syarat Kesehatan Tekan Jumlah Jamaah Meninggal

Ketatnya Syarat Kesehatan Tekan Jumlah Jamaah Meninggal

Musim haji berakhir sekitar dua pekan lagi. Sebagian besar jamaah haji sudah pulang ke Tanah Air.


Masih Ada Sel Mewah di Sukamiskin, Menkumham Didesak Mundur

Masih Ada Sel Mewah di Sukamiskin, Menkumham Didesak Mundur

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) kembali “kebobolan” soal buruknya pengelolaan Lapas Kelas 1 Sukamiskin, Bandung.


Jatim-Bali Padam Selama Satu Jam

Jatim-Bali Padam Selama Satu Jam

Hampir sebagian besar wilayah Jawa Timur (Jatim) dan secara keseluruhan wilayah Bali mengalami pemadaman listrik total alias black out kemarin (5/9).


Kemenag: Seharusnya Tidak Boleh Ada Penolakan

Kemenag: Seharusnya Tidak Boleh Ada Penolakan

Upaya penolakan bahkan disebut sebagai intimidasi terhadap kegiatan ceramah agama kembali menyeruak. Kali ini dialami oleh Ustad Abdul Somad (UAS).


Empat Tahun Sudah 488 Kapal Ditenggelamkan

Empat Tahun Sudah 488 Kapal Ditenggelamkan

Upaya memerangi kasus pencurian ikan (illegal fishing) terus dilakukan dengan penenggelaman kapal.


Viral Naik Motor, Presiden Jokowi diperankan Stuntman Thailand

Viral Naik Motor, Presiden Jokowi diperankan Stuntman Thailand

Pembukaan Asian Games 2018 memang sudah berlalu. Namun, momen yang berpusat di Stadion Gelora Bung Karno itu masih ramai dibicarakan banyak orang.


KPK Tetap Koordinator Pencegahan Korupsi

KPK Tetap Koordinator Pencegahan Korupsi

Pemerintah kembali menegaskan komitmennya terkait dengan pencegahan korupsi.


Medsos Memanas, Polri Aktifkan Satgas Nusantara

Medsos Memanas, Polri Aktifkan Satgas Nusantara

Jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) membuat media sosial memanas. Polri berupaya mengantisipasi dengan mengaktifkan kembali Satgas Nusantara.


Prabowo Pilih Sandiaga Uno

Prabowo Pilih Sandiaga Uno

Dari kubu oposisi, koalisi pendukung Prabowo Subianto sudah melakukan persiapan di Kertanegara, kediaman Prabowo, sejak pagi.



Berita Hari Ini

Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!