Nasional
Share this on:

Hampir Separuh Pemudik Sudah Kembali

  • Hampir Separuh Pemudik Sudah Kembali
  • Hampir Separuh Pemudik Sudah Kembali

JAKARTA - Sekitar 48 persen pemudik tercatat telah kembali ke jakarta dan kota-kota besar lain pada H+5 lebaran tahun 2018. Sejauh ini, arus balik dinilai lancar tanpa hambatan berarti.

Kepala Posko Terpadu Angkutan Lebaran Kementerian Pehubungan (Kemenhub) Wahju Adji mengatakan bahwa sejak kamis siang (21/6), hanya diberlakukan sekali contraflow di Jalan Tol Jakarta Cikampek sejak Km 41 hingg Km 47. Kemudian pada sore hariny diperpanjang hingga Km 53.

"Jadi kepadatan masih bisa diatasi dengan contraflow saja," kata Wahju kemarin.

Wahju mencatat sudah 48,34 persen pemudik yang kembali. Masih ada lebih dari separuh pemudik yang belum. Mereka rata-rata memperpanjang cuti ataupun masih berlibur. Sisa 62 persen ini kata Wahju akan tersebar dalam beberapa hari mendatang. "Jadi sangat kecil kemungkinan terjadi lonjakan penumpang yang signifikan," jelasnya.

Untuk masing-masing moda, Angkutan Jalan mencatatkan progres 45,78 persen, Penyeberangan 47,06 persen, Kereta Api 56,25 persen, Laut 34,90 persen, serta udara 48,62 persen.

Pertambahan penumpang kata Wahju kemungkinan terjadi pada akhir minggu ini. Yakni pada hari sabtu dan minggu.

Wahju yakin bahwa arus mudik tahun ini lebih lancar dari tahun-tahun sebelumnya. Wahju mencontohkan perjalanan dari Jawa Tengah ke Jakarta saja bisa ditempuh dalam 8-9 jam. Ini juga didukung oleh infrastruktur jalan yang lebih baik. "Jarang ada pemudik yang sampai kemalaman atau bermalam di jalan," katanya.

General Manager PT Jasa Marga cabang Jakarta Cikampek Raddy Riadi mengungkapkan kebijakan one way banyak mengubah pola arus balik menuju Jakarta. Lantaran kendaraan lebih cepat kembali ke ibu kota. Bila dibandingkan dengan arus mudik, jumlah kendaraan yang balik ke Jakarta lewat tol Japek itu masih sekitar 36 persen hingga pagi kemarin.

”Arus balik H+2 sd H+4 sudah mencapai 64 persen. Tinggal 36 persen lagi yang belum balik,” ujar Raddy kepada Jawa Pos, kemarin (21/6).

Pada arus mudik sejak H-8 hingga H-1 tercatat ada 720.245 kendaraan yang melewati jalan tol Japek. Sedangkan pada arus balik H+1 hingga H+4 atau kemarin, tercatat sudah 460.212 kendaraan.

Jumlah kendaraan yang masuk ke Jakarta melalui tol Japek memang terus diatas 100 ribu dalam tiga hari terakhir. Data pada Rabu (20/6) total ada 124.903 kendaraan, sedangkan Selasa (19/6) tercatat 130.125 kendaraan, sedangkan Senin (18/6) 116.104 kendaraan.

Wakil Presiden Jusuf Kalla menuturkan salah satu kunci sukses mudik lebaran tahun ini adalah libur panjang. Sehingga masyarakat bisa lebih memilih waktu untuk pulang kampung. Imbasnya penumpukan kendaraan bisa lebih tersebar. ”Liburan panjang sehingga yang mudik itu punya kesempatan (pulang kampung, Red),” ujar JK di Istana Wakil PResiden, kemarin (21/6).

Selain itu, infrastruktur penunjang mudik juga sudah lebih baik. Sehingga tidak ada lagi kemacetan yang parah. Misalnya dibandingkan dengan kemacetan akibat jalan tol di exit Brebes atau Brexit pada 2016 lalu. Jumlah kecelakaan fatal di jalur mudik yang menimbulkan korban meninggal dunia juga turun drastis. ”Macet sedikit-sedikit ya hari biasa pun macet, tidak parah,” tambah dia. (tau/jun/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Diberi Keleluasaan, Debat Capres Bakal Lebih Seru

Diberi Keleluasaan, Debat Capres Bakal Lebih Seru

Minggu lusa dua calon presiden (capres), Joko Widodo dan Prabowo Subianto, kembali head-to-head di forum debat.


Dana BPJS Kesehatan Sudah Cair Rp14,7 Triliun

Dana BPJS Kesehatan Sudah Cair Rp14,7 Triliun

Presiden Joko Widodo memastikan anggaran untuk BPJS Kesehatan bagi penerima bantuan iuran (PBI) yang menjadi kewajiban pemerintah dibayarkan awal waktu.


Tol Trans Jawa Mahal, Sopir Truk Minta Diturunkan Separuh

Tol Trans Jawa Mahal, Sopir Truk Minta Diturunkan Separuh

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menegaskan bahwa tarif tol di Indonesia tergolong murah.


Kembali Jadi Sorotan, Dorong Cabut Pasal Duplikasi UU ITE

Kembali Jadi Sorotan, Dorong Cabut Pasal Duplikasi UU ITE

UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan UU Nomor 11 Tahun 2018 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik atau UU ITE kembali menjadi sorotan.


Sudah 30 Motor dan Mobil Dibakar, Modus Sama, Pelaku Misterius

Sudah 30 Motor dan Mobil Dibakar, Modus Sama, Pelaku Misterius

”Awalnya suara keretek-keretek kayak hujan. Tapi, saat dicek di depan rumah, tidak ada hujan.


Awasi Pejabat, Dua Pegawai KPK Dipukuli

Awasi Pejabat, Dua Pegawai KPK Dipukuli

Ancaman terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali berulang. Kali ini, dua pegawai KPK menjadi korban kekerasan sekolompok orang.


Lindungi Pesawat Bupati, Praka Nasrudin Tewas Ditembak

Lindungi Pesawat Bupati, Praka Nasrudin Tewas Ditembak

Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) kembali beraksi, Senin (28/1). Mereka menembaki prajurit TNI yang berjaga di Bandara Mapenduma, Nduga, Papua.


Keluarga Puput Menghilang, Kuasa Hukum: Ahok Tinggal di Menteng

Keluarga Puput Menghilang, Kuasa Hukum: Ahok Tinggal di Menteng

Diketahui sudah mengundurkan diri sebagai anggota Kepolisian, calon istri Basuki Tjahaja Purnama (BTP), Puput Nastiti Devi tidak terlihat dikediamannya.


Calon Istri Ahok Sudah Mundur dari Kepolisian

Calon Istri Ahok Sudah Mundur dari Kepolisian

Bripda Puput yang dikabarkan akan menikah dengan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok bukan lagi anggota Polri.


Grasi Susrama Lukai Kebebasan Pers

Grasi Susrama Lukai Kebebasan Pers

Ironi keadilan di negeri ini kembali tersaji. Itu terjadi setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan grasi kepada I Nyoman Susrama.



Berita Hari Ini

Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!