Nasional
Share this on:

Honorer K2 Merasa Dipersulit Daftar CPNS Online

  • Honorer K2 Merasa Dipersulit Daftar CPNS Online
  • Honorer K2 Merasa Dipersulit Daftar CPNS Online

Ilustrasi.(dok. Jawapos0

JAKARTA - Pendaftaran CPNS online melalui website sscn.bkn.go.id ditutup 15 Oktober atau tinggal lima hari lagi. Laporan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyebutkan belum ada satupun tenaga honorer kategori dua (K2) yang mendaftar. Di pihak honorer, mereka merasa dipersulit dalam proses pendaftaran.

Pemerintah membuka lowongan CPNS jalur khusus untuk tenaga honorer K2 profesi guru dan tenaga kesehatan. Data Kementerian PAN-RB menyebutkan jumlah honorer K2 untuk profesi guru ada 157.210 orang. Dari jumlah ini, hanya 12.883 orang yang memenuhi syarat (eligible) mendaftar CPNS tahun ini.

Sedangkan untuk tenaga honorer K2 profesi tenaga kesehatan berjumlah 6.091 orang. Dari jumlah tersebut, hanya 464 orang tenaga honorer K2 profesi tenaga kesehatan yang memenuhi syarat mendaftar.

Sayangnya sejak dibuka pendaftaran CPNS mulai 26 September lalu, belum ada satupun tenaga honorer K2 yang mendaftar. Fakta ini diungkapkan oleh Deputi Sistem Informasi Kepegawaian BKN Iwan Hermanto. ’’Yang sudah membuat akun banyak,’’ katanya di komplek Kantor Staf Presiden (KSP) kemarin (9/10).

Dia menuturkan pendaftaran CPNS baru secara online di website BKN terdiri dari beberapa tahapan. Dimulai dengan pembuatan akun. Kemudian baru proses pendaftaran, diawali dengan pemilihan formasi. Iwan tidak mengungkapkan secara detail kenapa sampai sekarang pendaftar CPNS baru dari kelompok tenaga honorer K2 masih nihil.

Iwan hanya menjelaskan mekanisme pendaftaran CPNS jalur umum berbeda dengan jalur honorer K2. ’’Mereka (honorer K2) verifikasi dahulu di instansi masing-masing,’’ tuturnya. Dia menduga bahwa ada kendala ketika para honorer K2 itu meminta verifikasi ke instansi asalnya.

Ketua Forum Honorer K2 Indonesia Titi Purwaningsih mengaku bahwa ada kendala yang dialami para tenaga honorer K2 saat pendaftaran CPNS baru. ’’Nyatanya teman-teman honorer K2 yang usia di bawah 35 tahun pun sama dipersulit,’’ jelasnya.

Titi menegaskan janji pemerintah membuka jalan bagi tenaga honorer K2 untuk jadi PNS patut dipertanyakan. Sebab tenaga honorer K2 yang valid dan memenuhi persyaratan, di lapangan dipersulit.

Dia mencontohkan ada guru honorer K2 yang memiliki tanda peserta tes pengangkatan CPNS 2013 lalu. Ternyata saat mendaftar di sscn.bkn.go.id honorer K2 yang memiliki kartu tanda peserta tes tersebut tidak bisa mendaftar. Padahal menutut Titi, honorer K2 yang ikut tes pada 2013 lalu berarti statusnya sudah valid. Alasan yang sering jadi kendala adalah ijazah.

’’Dari BKD (Badan Kepegawaian Daerah, Red) bilang suruh ngurus di BKN. Setelah di BKN, itu katanya data dari BKN,’’ tuturnya. Titi menegaskan upaya pemerintah untuk mengentaskan sebagian honorer K2 menjadi CPNS terkesan setengah hati. (wan/jpg)

Berita Sebelumnya

Besok, Operasi SAR Dihentikan
Besok, Operasi SAR Dihentikan

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Daftar Nama-nama Kandidat Menteri Jokowi-Ma'ruf Hoaks

Daftar Nama-nama Kandidat Menteri Jokowi-Ma'ruf Hoaks

Sejumlah nama disebut-sebut dalam dokumen Risalah Rapat Pengangkatan Menteri Pembantu Presiden dalam Kabinet Kerja Jilid II Periode 2019-2024.


Pansel KPK Tak Indahkan LHKPN

Pansel KPK Tak Indahkan LHKPN

Sejumlah penyelenggara negara yang masuk dalam daftar 192 nama yang lolos seleksi administrasi, ternyata belum sepenuhnya memberikan laporan harta kekayaan.


11 Jenderal Polisi Daftar Capim KPK Disebut Salah Alamat

11 Jenderal Polisi Daftar Capim KPK Disebut Salah Alamat

11 perwira tinggi (pati) polisi resmi mengikuti seleksi calon pimpinan (capim) KPK.


Siap-siap, Pendaftaran CPNS Dibuka Oktober

Siap-siap, Pendaftaran CPNS Dibuka Oktober

Waktu pelaksanaan rekruitmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 mulai menemui titik terang.


Kominfo Segera Batasi Iklan Rokok di Media

Kominfo Segera Batasi Iklan Rokok di Media

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan membatasi iklan rokok di media, termasuk media daring (online).


Daftar Calon Pimpinan KPK, Pati Polri Harus Mundur

Daftar Calon Pimpinan KPK, Pati Polri Harus Mundur

Sembilan perwira tinggi (Pati) Polri yang akan ikut seleksi capim KPK, diminta mengundurkan diri.


Kivlan: Saya Difitnah

Kivlan: Saya Difitnah

Mantan Kepala Staf Komando Srategis Angkatan Darat (Kas Kostrad) Mayjen TNI (Purn) Kivlan Zein merasa difitnah.


Empat BUMN Naik Kasta

Empat BUMN Naik Kasta

Empat BUMN Indonesia masuk dalam daftar perusahaan publik terbesar di dunia pada 2019, yang dirilis Forbes edisi Juni 2019.


Siap-siap, Seleksi CPNS Digelar Akhir Tahun Ini

Siap-siap, Seleksi CPNS Digelar Akhir Tahun Ini

Pemerintah memastikan kembali merekrut calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada akhir tahun ini.


Besok, Aturan Taksi Online Mulai Berlaku

Besok, Aturan Taksi Online Mulai Berlaku

Besok Peraturan Menteri Perhubungan No. 118/2018 tentang Penyelenggaraan Angkutan Sewa Khusus diberlakukan.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!