Nasional
Share this on:

Ini Pepatah Bugis Tanda Terima Kasih Jokowi untuk JK

  • Ini Pepatah Bugis Tanda Terima Kasih Jokowi untuk JK
  • Ini Pepatah Bugis Tanda Terima Kasih Jokowi untuk JK

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pepatah adat Bugis diakhir pidatonya usai acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024 di gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta, kemarin (20/10).

Lantunan pepatah tersebut sebagai tanda penghormatan khusus kepada Muhammad Jusuf Kalla (JK), yang telah bahu-membahu selama lima tahun terakhir sebagai Wakil Presiden. Pepatah bugis ini pun sebagai langkah awal menuju Indonesia maju.

"Pura babbara" sompekku…

Pura tangkisi’ golikku…"

"Layarku sudah terkembang…

Kemudiku sudah terpasang…"

Kita bersama

Menuju Indonesia maju!!!.

"Perkenankan saya, atas nama pribadi, atas nama Wakil Presiden K.H. Ma'ruf Amin dan atas nama seluruh rakyat Indonesia, menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bapak Muhammad Jusuf Kalla yang telah bahu-membahu menjalankan pemerintahan selama lima tahun terakhir," tutur Presiden.

Selain itu, Jokowi juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh lembaga-lembaga negara, kepada jajaran aparat pemerintah, TNI, dan Polri. "Serta seluruh komponen bangsa yang turut mengawal pemerintahan selama lima tahun ini sehingga dapat berjalan dengan baik," ucap Jokowi.

Selain pepatah Bugis yang menarik perhatian publik, Ketua MPR Bambang Soesatyo juga tak mau kalah. Ia secara khusus menyapa Presiden kelima dan keenam RI Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024.

"Khusus kepada Ibu Megawati dan Bapak SBY, kami menghanturkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya," ucapnya.

Ucapan khusus tersebut disampaikannya atas kehadiran kedua tokoh negara itu yang dinilainya dapat semakin memajukan demokrasi di Tanah Air. Selain menyapa secara khusus Megawati dan Presiden keenam SBY, Ketua MPR RI yang akrab disapa Bamsoet tersebut juga memberikan penghormatan atas kehadiran mantan Wakil Presiden kesembilan RI Hamzah Haz.

Pada pelantikan tersebut, politisi partai Golkar itu juga memberikan apresiasi kepada Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno yang menerima hasil pemilu 2019 dengan jiwa yang besar. "Ada saatnya kita bertempur dan ada saatnya kita bersatu kembali," katanya.

Bahkan, secara khusus Bamsoet juga memberikan sebuah pantun kepada Ketua umum Gerindra yang berbunyi "Dari Teuku Umar ke Kertanegara, di jamu nasi goreng oleh Ibu Mega, meski Pak Prabowo tidak jadi kepala negara tapi masih tetap bisa berkuda dan lapang dada," ucap Bamsoet.

Pantun politik tersebut sontak mendapat tepuk tangan meriah dari para tamu yang hadir pada pelantikan Presiden dan Wakil Presiden.

Sementara itu JK memberikan aplus atas pepatah Bugis yang disampaikan Presiden Jokowi. Baginya, hari ini menjadi momen bersejarah dalam hidupnya. ”Terima kasih ya. Bagus sekali tadi pepatah yang disampaikan Presiden. Saya pun mengucapkan terima kasih kepada beliau (Jokowi, red) dan semua pihak yang telah membantu saya dalam bekerja,” ujar Jusuf Kalla kepada wartawan.

JK mengaku akan tetap merindukan waktu wawancara bersama para wartawan seperti yang dilakukannya sekali dalam sepekan ketika masih menjabat sebagai wakil presiden. ”Ya semua dirindukan, (termasuk) kalian, tidak ada lagi yang begini,” kata JK di rumah dinas wapres sebelum berangkat menuju Gedung Parlemen Senayan Jakarta, kemarin (20/10).

Selama menjabat sebagai Wapres periode 2014-2019, JK memang meluangkan waktu satu hari dalam sepekan untuk meladeni pertanyaan para jurnalis yang bertugas di kantor maupun Istana Wapres. Biasanya, wawancara doorstop itu dilakukan setiap Selasa dengan beragam pertanyaan mulai dari isu terkini, politik, sosial, hingga ekonomi.

JK melepas jabatan dan fasilitas sebagai wapres, termasuk rumah dinas, setelah pelantikan presiden dan wapres terpilih Joko Widodo-Ma’ruf Amin di Gedung Parlemen Senayan Jakarta, Minggu.

JK dan keluarganya telah memindahkan barang-barang pribadinya dari rumah dinas wapres di Menteng ke kediamannya di kawasan Brawijaya, Jakarta Selatan, sejak sepekan lalu. ”Ya (hari ini) dengan anak-anak, dengan cucu bercengkerama, siap-siap untuk pindah. Sudah seminggu berkemas, pelan-pelan, sudah seminggu ini,” tambahnya.

Sebelumnya, JK mengatakan akan berlibur sejenak setelah purna tugas sebagai wapres. Dia akan mengajak istrinya, Mufidah Kalla untuk jalan-jalan ke Pulau Sumatera dan luar negeri setelah pelantikan presiden dan wapres periode 2019-2024.

Seperti diketahui, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia setelah memenangkan Pemilihan Presiden dan Wapres 2019, mengalahkan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Jokowi dan Ma'ruf meraih 85.607.362 suara atau 55,5 persen suara sah dibandingkan Prabowo dan Sandi yang mendapatkan 68.650.239 suara atau 45,5 persen. (tim/zul/fin/ful)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Kemenperin Jaring 100 Formasi untuk Dosen

Kemenperin Jaring 100 Formasi untuk Dosen

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali membuka kesempatan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk 359 formasi pada tahun 2019.


Jokowi Tetap Ingin Pilkada Langsung

Jokowi Tetap Ingin Pilkada Langsung

Wacana Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tidak langsung menuai polemik. Ada yang pro, ada pula yang kontra.


Masyarakat Tak Mampu Bayar, Fraksi PKS Tolak Kenaikan BPJS

Masyarakat Tak Mampu Bayar, Fraksi PKS Tolak Kenaikan BPJS

Pemerintah diminta segera mencari solusi konkret untuk memberikan subsidi bagi peserta BPJS Kesehatan kelas III.


Kemenlu dan DPR Bahas soal Habib Rizieq secara Tertutup

Kemenlu dan DPR Bahas soal Habib Rizieq secara Tertutup

Pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan Komisi I DPR RI sepakat melakukan pembicaraan tertutup untuk membahas Habib Rizieq Shihab (HRS).


Draf Larangan Koruptor Nyalon Pilkada di Tangan Presiden

Draf Larangan Koruptor Nyalon Pilkada di Tangan Presiden

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman mengakui, salah satu bahasan yang disampaikan saat bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).


Ini Syarat Pendaftaran PPG Prajabatan 2019

Ini Syarat Pendaftaran PPG Prajabatan 2019

Kemendikbud akan melakukan seleksi ketat untuk mencari calon guru andal melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Mandiri.


Reformasi Birokrasi, Eselon IV Lebih Dulu Dipangkas

Reformasi Birokrasi, Eselon IV Lebih Dulu Dipangkas

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pemangkasan birokrasi khususnya eselon IV dilakukan lebih dulu di Kementerian PAN-RB.


Pelukan Surya Paloh ke Presiden PKS Bikin Jokowi Cemburu

Pelukan Surya Paloh ke Presiden PKS Bikin Jokowi Cemburu

Presiden Indonesia terang-terangan mengaku cemburu dengan sikap Surya Paloh ke Presiden PKS Sohibul Iman.


Prabowo: Kekuatan Pertahanan Rahasia, Tak Boleh Bocor

Prabowo: Kekuatan Pertahanan Rahasia, Tak Boleh Bocor

Ketidaktepatan membeli alat pertahanan menjadi sorotan Komisi I DPR RI. Anggaran besar yang digelontorkan pemerintah untuk memperkuat persenjataan dinilai pembo


Lusa Sidang Pemakzulan, Trump Siap Buka-bukaan Transkrip

Lusa Sidang Pemakzulan, Trump Siap Buka-bukaan Transkrip

Presiden AS Donald Trump memberikan kejutan sebelum pergelaran sidang terbuka pemakzulan pekan ini.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!