Nasional
Share this on:

Jalur ke Dieng dari Kejajar Ditutup Total

  • Jalur ke Dieng dari Kejajar Ditutup Total
  • Jalur ke Dieng dari Kejajar Ditutup Total

DITUTUP - Satlantas Polres Wonosobo melakukan pengaturan lalu lintas di Jembatan Tieng Kejajar jelang penutupan total jalur tersebut, kemarin. (jpnn)

WONOSOBO - Jalur menuju kawasan dataran tinggi Dieng tepatnya di Desa Tieng Kejajar akan ditutup total selama empat hari. Penutupan tersebut terkait dengan pengerjaan pengecoran plat dan balok jalan.

Pihak Polres Wonosobo mengimbau kepada pengguna jalan termasuk wisatawan yang hendak ke Dieng 13 hingga 17 Nopember nanti untuk menggunakan angkutan umum. Hal itu menyusul adanya pengerjaan pengecoran jalan longsor di Sitieng Kejajar.

Sebelumnya, jalur tersebut diberlakukan buka tutup menggunakan jembatan darurat. “Berdasarkan hasil rapat semua pemangku kepentingan penutupan jalan tersebut sudah sesuai jadwal pembangunan. Untuk hari Senin hingga Jumat besok, 13-17 Nopember 2017 akan dilakukan pengerjaan pengecoran plat dan balok jalan. Pada saat itu, jalan akan kami tutup total untuk kendaraan baik roda 2 maupun roda 4,” ungkap Kanit Dikyasa Satlantas Polres Wonosobo Iptu Suriyanto

Disinggung mengenai kepadatan kendaraan yang dimungkinkan terjadi, Iptu Suriyanto menyampaikan pihaknya bersama pemangku kepentingan lain sudah mempertimbangkannya. Diharapkan pada saat hari Sabtu, jalan sudah normal dan tidak terjadi kemacetan pada saat weekend.

“Makanya kami memilih hari senin hingga jumat dimana jumlah pengunjung Dieng tidak begitu banyak. Untuk mengurangi terjadinya kepadatan selama kegiatan pengecoran, kami menghimbau kepada masyarakat yang hendak ke Dieng agar menggunakan angkutan umum,” jelanya.

Mengenai jadwal selanjutnya, Kanit Dikyasa menerangkan, bahwa pada bulan Desember 2017, jalan akan kembali ditutup untuk kepentingan pembongkaran jembatan sementara. “Pada 1 hingga 15 Desember, rencananya jalur akan ditutup lagi untuk pembongkaran jembatan. Sehingga pada saat libur Natal dan Tahun Baru, jalur Dieng sudah sepenuhnya aman dan bisa dilewati dengan lancar,” ungkapnya.

Camat Kejajar Iwan Widiyanto saat dikonfirmasi membenarkan bahwa jalur tieng kejajar menuju kawasan dataran tinggi dieng, tepatnya setelah gardu pandang, akan dilakukan penutupan total selama lima hari. Penutupan tersebut terkait pengecoran jalan yang mengalami longsor tahun lalu.

“Sekarang tutup total, tidak ada buka buka tutup, roda dua maupun roda empat tidak bisa melintas. Untuk pengguna jalan turun di terminal darurat kemudian melintas dengan jalan kaki dan meneruskan perjalan dan angkutan yang ada di di lokasi setempat,” jelasnya.

Sementara itu, bagi warga kejajar yang berada di sekitar Kawasan Dieng, pihaknya mengaku telah melakukan koordinasi dengan semua pemerintahan desa agar mempersiapkan segala sesuatunya selama proses penutupan total dilakukan.

“Kita sudah lakukan koordinasi dengan semua pihak termasuk pemerintahan desa yang ada di sebelah utara desa stieng dalam menghadapi penutupan jalur tersebut,” ucapnnya.

Diakui bahwa penutupan jalur secara total akan memberikan dampak pada berbagai sektor, diantaranya ekonomi, sosial dan wisata. Namun pembanguan jalur tersebut juga tidak kalah penting untuk melancarkan akses di kemudian hari. (ags/wan/jpg)


Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Akhirnya, Cantrang Boleh Melaut dangan Syarat

Akhirnya, Cantrang Boleh Melaut dangan Syarat

Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti menemui ribuan massa dari Aliansi Nelayan Indonesia (ANNI), Rabu (17/1) sore di Monas, Jakarta.


SUGBK Disebut Lebih Bagus dari San Siro

SUGBK Disebut Lebih Bagus dari San Siro

Pertandingan persahabatan antara timnas Indonesia melawan timnas Islandia kemarin (14/1), menandai selesainya proses renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno.


USBN Delapan Mapel di SD Batal

USBN Delapan Mapel di SD Batal

Sedaianya ujian sekolah berstandar nasional (USBN) di jenjang SD tahun ini terdiri dari delapan mata pelajaran (mapel).


Tak Percaya Isu, PDIP Tetap Usung Anas

Tak Percaya Isu, PDIP Tetap Usung Anas

Isu mundurnya Azwar Anas dari calon wakil Gubernur Jawa Timur koalisi PKB-PDIP akibat persoalan pribadi membuat partai berlambang banteng itu gerah.


USBN SD Mulai Ditolak

USBN SD Mulai Ditolak

Menambah mata pelajaran (mapel) ujian sekolah berstandar nasional (USBN) di jenjang SD dari tiga menjadi delapan, akhirnya picu polemik.


Dijenguk Anak-Istri, Setnov Dibawakan Bihun Bebek

Dijenguk Anak-Istri, Setnov Dibawakan Bihun Bebek

Di dalam ruang tahanan KPK, Setya Novanto (Setnov) tetap mendapat dukungan moril dari keluarga.


Dari Registrasi SIM Card, Operator Bisa Hemat Rp2-2,5 Triliun

Dari Registrasi SIM Card, Operator Bisa Hemat Rp2-2,5 Triliun

Sejak program registrasi bergulir, jumlah peredaran sim card menurun jadi 300-400 juta.


Setnov Ganti Serang KPK

Setnov Ganti Serang KPK

Kubu Setya Novanto (Setnov) terus mencari celah agar bisa lolos dari jeratan hukum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).


Jenderal Asal Tegal Itu Pamitan Sebelum Sertijab

Jenderal Asal Tegal Itu Pamitan Sebelum Sertijab

Senyum lepas tampak dari wajah mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo saat mengunjungi Komando Armada kawasan Timur (Koarmatim).


Produktivitas Indonesia Kalah Empat Kali Lipat dari Jepang

Produktivitas Indonesia Kalah Empat Kali Lipat dari Jepang

Balai latihan kerja (BLK) yang diambil pemerintah daerah dinilai masih belum bisa meningkatan produktivitas para pekerja.



Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!