Nasional
Share this on:

Jalur ke Dieng dari Kejajar Ditutup Total

  • Jalur ke Dieng dari Kejajar Ditutup Total
  • Jalur ke Dieng dari Kejajar Ditutup Total

DITUTUP - Satlantas Polres Wonosobo melakukan pengaturan lalu lintas di Jembatan Tieng Kejajar jelang penutupan total jalur tersebut, kemarin. (jpnn)

WONOSOBO - Jalur menuju kawasan dataran tinggi Dieng tepatnya di Desa Tieng Kejajar akan ditutup total selama empat hari. Penutupan tersebut terkait dengan pengerjaan pengecoran plat dan balok jalan.

Pihak Polres Wonosobo mengimbau kepada pengguna jalan termasuk wisatawan yang hendak ke Dieng 13 hingga 17 Nopember nanti untuk menggunakan angkutan umum. Hal itu menyusul adanya pengerjaan pengecoran jalan longsor di Sitieng Kejajar.

Sebelumnya, jalur tersebut diberlakukan buka tutup menggunakan jembatan darurat. “Berdasarkan hasil rapat semua pemangku kepentingan penutupan jalan tersebut sudah sesuai jadwal pembangunan. Untuk hari Senin hingga Jumat besok, 13-17 Nopember 2017 akan dilakukan pengerjaan pengecoran plat dan balok jalan. Pada saat itu, jalan akan kami tutup total untuk kendaraan baik roda 2 maupun roda 4,” ungkap Kanit Dikyasa Satlantas Polres Wonosobo Iptu Suriyanto

Disinggung mengenai kepadatan kendaraan yang dimungkinkan terjadi, Iptu Suriyanto menyampaikan pihaknya bersama pemangku kepentingan lain sudah mempertimbangkannya. Diharapkan pada saat hari Sabtu, jalan sudah normal dan tidak terjadi kemacetan pada saat weekend.

“Makanya kami memilih hari senin hingga jumat dimana jumlah pengunjung Dieng tidak begitu banyak. Untuk mengurangi terjadinya kepadatan selama kegiatan pengecoran, kami menghimbau kepada masyarakat yang hendak ke Dieng agar menggunakan angkutan umum,” jelanya.

Mengenai jadwal selanjutnya, Kanit Dikyasa menerangkan, bahwa pada bulan Desember 2017, jalan akan kembali ditutup untuk kepentingan pembongkaran jembatan sementara. “Pada 1 hingga 15 Desember, rencananya jalur akan ditutup lagi untuk pembongkaran jembatan. Sehingga pada saat libur Natal dan Tahun Baru, jalur Dieng sudah sepenuhnya aman dan bisa dilewati dengan lancar,” ungkapnya.

Camat Kejajar Iwan Widiyanto saat dikonfirmasi membenarkan bahwa jalur tieng kejajar menuju kawasan dataran tinggi dieng, tepatnya setelah gardu pandang, akan dilakukan penutupan total selama lima hari. Penutupan tersebut terkait pengecoran jalan yang mengalami longsor tahun lalu.

“Sekarang tutup total, tidak ada buka buka tutup, roda dua maupun roda empat tidak bisa melintas. Untuk pengguna jalan turun di terminal darurat kemudian melintas dengan jalan kaki dan meneruskan perjalan dan angkutan yang ada di di lokasi setempat,” jelasnya.

Sementara itu, bagi warga kejajar yang berada di sekitar Kawasan Dieng, pihaknya mengaku telah melakukan koordinasi dengan semua pemerintahan desa agar mempersiapkan segala sesuatunya selama proses penutupan total dilakukan.

“Kita sudah lakukan koordinasi dengan semua pihak termasuk pemerintahan desa yang ada di sebelah utara desa stieng dalam menghadapi penutupan jalur tersebut,” ucapnnya.

Diakui bahwa penutupan jalur secara total akan memberikan dampak pada berbagai sektor, diantaranya ekonomi, sosial dan wisata. Namun pembanguan jalur tersebut juga tidak kalah penting untuk melancarkan akses di kemudian hari. (ags/wan/jpg)


Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Begini Kronologis “Pelarian” Singkat Ketua DPR Setnov dari Kejaran KPK

Begini Kronologis “Pelarian” Singkat Ketua DPR Setnov dari Kejaran KPK

Penahanan yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi akhir “pelarian” Ketua DPR Setya Novanto (Setnov).


Wali Kota Cantik Diperiksa KPK Lagi

Wali Kota Cantik Diperiksa KPK Lagi

Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany tampak buru-buru saat keluar dari gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pukul 17.22, kemarin.


Divonis Lima Tahun, Miryam pun Dicopot dari DPR

Divonis Lima Tahun, Miryam pun Dicopot dari DPR

Berita acara pemeriksaan (BAP) Miryam S. Haryani yang sempat dicabut pada persidangan Irman dan Sugiharto 23 Maret lalu.


Dari 103 Hanya 27 Pegawai Pabrik Kembamg Api Punya BPJS

Dari 103 Hanya 27 Pegawai Pabrik Kembamg Api Punya BPJS

Menteri Ketenagakerjaan Muhammad Hanif Dhakiri mendapati sejumlah kejanggalan ketika meninjau pabrik kembang api yang terbakar Kamis (26/10).


Tak Tersangka Lagi, Setnov Sembuh

Tak Tersangka Lagi, Setnov Sembuh

Pulangnya Setya Novanto dari Rumah Sakit Premier Jatinegara, setelah menang gugatan praperadilan menuai kontroversi.


Tiga Provinsi di Pulau Jawa Belum Mencapai Target

Tiga Provinsi di Pulau Jawa Belum Mencapai Target

Pada awal pencanangan kampanye imunisasi Measles-Rubela (MR), pemerintah hanya menargetka 95 persen dari 34 juta anak tervaksin.


Aliansi Kebhinekaan Sampaikan Tuntutan Panca Seruan Kebangsaan

Aliansi Kebhinekaan Sampaikan Tuntutan Panca Seruan Kebangsaan

Aliansi Kebhinekaan sebuah OKP Cipayung yang terdiri dari PMII, GMNI, PMKRI, GMKI, KMHDI dan HIKMAHBUDHIS berkomitmen menjaga keutuhan NKRI.


Ditutup, Pendaftar CPNS Tembus 1,2 Juta

Ditutup, Pendaftar CPNS Tembus 1,2 Juta

Pendaftaran CPNS 2017 untuk 61 instansi resmi ditutup tadi malam (25/9) pukul 23.59 WIB.


Ketahuilah, Begini Berbagai Modus Kecurangan yang Rugikan Pasien BPJS

Ketahuilah, Begini Berbagai Modus Kecurangan yang Rugikan Pasien BPJS

Dapat pengakuan atau tidak, pelayanan sejumlah rumah sakit terhadap pasien BPJS masih jauh dari kata baik.


Mata Kanan Novel Sempurna, Fokus ke Mata Kiri

Mata Kanan Novel Sempurna, Fokus ke Mata Kiri

KPK mendapat kabar baik dari tim dokter yang merawat Novel Baswedan di Singapura.



Berita Hari Ini

Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!