Nasional
Share this on:

Jamaah Haji Asal Jawa Barat Bagian Timur Diberangkatkan dari Kertajati

  • Jamaah Haji Asal Jawa Barat Bagian Timur Diberangkatkan dari Kertajati
  • Jamaah Haji Asal Jawa Barat Bagian Timur Diberangkatkan dari Kertajati

JAKARTA - Tahun ini jamaah haji dan umrah dari Jawa Barat bagian Timur akan dipindahkan ke Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. Keputusan ini menjadi keputusan bersama antara Kementerian Agama (Kemenag), dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan haji dan umroh melalui kertajati sudah diputuskan dan ini menjadi program terbaru yang diharapkan memperpendek rentang kendali pemberangkatan jamaah. "Ya, sudah. Semua haji dan umroh untuk jawa barat bagian timur. Diharapkan itu bisa mengurangi kepadatan yang ada di Soekarno-Hatta (Soetta)," terang Budi Karya, kemarin (12/5).

Ditambahkannya, langkah ini dilakukan untuk mengurangi kepadatan penerbangan di Bandara Soetta. Adapun daerah Jawa Barat bagian Timur antara lain, Majalengka, Subang, Indramayu, Cirebon, Tasik dan Ciamis.

Menhub menyebutkan akan ada 20 flight sehingga jumlahnya sekitar 400 flight untuk pulang pergi di tahun ini untuk di Bandara Kertajati. Sedangkan kuota haji di wilayah Jawa Barat bagian Timur ada sekitar 4000 jamaah haji dan untuk umroh ada sekitar 500.000 jamaah.

Pemindahan penerbangan umroh akan dimulai setelah habis lebaran. Terkait tarif Jeddah- Bandara Kertajati Menhub menjelaskan akan sama dengan tarif Jeddah ke Bandara Soekarno-Hatta. "Insya Allah akan sama, jaraknya kan relatif sama," imbuhnya.

Terpisah Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakn, sejumlah langkah tengah dipersiapkan antara lain bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengupayakan tersedianya tempat layanan akomodasi yang berfungsi layaknya asrama haji.

Selain untuk menginap jemaah sebelum pemberangkatan, tempat tersebut juga akan digunakan untuk proses bimbingan manasik haji, pemeriksaan kesehatan, pembagian living-cost, serta pembinaan Kepala Regu (Karu) dan Kepala Rombongan (Karom). "Tempat itu diperlukan karena saat ini belum ada asrama haji di sekitar Bandara Kertajati. Kemenag berharap Provinsi Jawa Barat dapat mampersiapkan tempat yang berfungsi sebagai asrama haji ini dalam waktu secepatnya," tutur Menag.

Persiapan lainnya terkait dengan perubahan rute penerbangan sebagian jemaah haji asal Jawa Barat yang sebelumnya dijadwalkan dari Bandara Soetta ke Bandara Kertajati. Kemenag mendorong Kemengub agar proses perizinan penggunaan Bandara Kertajati bisa segera diselesaikan secepatnya.

Selain itu, pihak Garuda maupun Saudia Airline, juga diharapkan bersedia untuk menerbangkan sebagian jemaah Jawa Barat dari Kertajati ke Saudi. "Dalam waktu dekat, kami akan membicarakan hal ini dengan GACA (General Authority of Civil Aviation) dari Saudi terkait akan adanya pesawat haji dari Bandara Kertajati yang akan mendarat di Saudi," tandasnya.

Seperti diketahui rencana pemberangkatan jemaah haji dan umroh dari Bandara Kertajati itu telah dilaporkan oleh Menag saat bertemu dengan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Esam A Abid Althagafi, di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Jumat (10/5) lalu.

Menag meminta dukungan dari pemerintah Arab Saudi untuk membantu memberikan izin slot time pendaratan pesawat pengangkut jemaah haji Indonesia yang diberangkatkan dari Bandara Kertajati. "Kami mohon dukungan (Pemerintah Arab Saudi -red) untuk pemberian izin pendaratan di Bandara Madinah maupun Jeddah. Karena ini di luar 13 Embarkasi yang telah ada sebelumnya," kata Menag.

Menanggapi hal tersebut, Dubes Arab Saudi Esam A Abid Althagafi berjanji akan melakukan komunikasi dengan pihak GACA (General Authority of Civil Aviation) di Saudi. "Kami akan komunikasikan rencana Indonesia untuk membuka Embarkasi ke-14 di musim haji 1440 H ini," ujar Esam. (ful/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Jawa Barat Jadi Basis Massa Terbesar Kelompok Teroris JI

Jawa Barat Jadi Basis Massa Terbesar Kelompok Teroris JI

Kelompok teroris jaringan Jamaah Islamiyah (JI) memiliki jaringan massa yang besar di Jawa.


Bukan ke Lampung, Ibu Kota Pindah ke Kalimantan

Bukan ke Lampung, Ibu Kota Pindah ke Kalimantan

Pemindahan ibu kota negara jika direalisasikan pasti ke wilayah Kalimantan, apakah itu di Kalimantan Selatan, Tengah, Timur maupun lainnya.


Tiga Kloter Sudah Sampai Madinah

Tiga Kloter Sudah Sampai Madinah

Sekitar 1.300 jamaah calon haji di Madinah, Arab Saudi, diberangkatkan perdana ke Mekkah pada Minggu waktu setempat.


50,8 Ton Obat-obatan Disiapkan di Mekkah

50,8 Ton Obat-obatan Disiapkan di Mekkah

50,8 ton obat-obatan berbagai jenis dan fasilitas pendukung kesehatan telah disiapkan Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekkah untuk melayani jamaah haji I


PPIH Sidak Catering untuk Jamaah Haji

PPIH Sidak Catering untuk Jamaah Haji

Untuk memastikan keamanan makanan jamaah haji Indonesia, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) melakukan sidak atau inspeksi mendadak kepada penyedia caterin


Presiden Jokowi Segera Teken Amnesti Baiq Nuril

Presiden Jokowi Segera Teken Amnesti Baiq Nuril

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku belum menerima berkas permohonan amnesti dari Baiq Nuril, Jumat (12/7) kemarin.


Pastikan Berihram di Bir Ali

Pastikan Berihram di Bir Ali

Petugas akan memastikan jemaah haji sudah berihram di Bir Ali sebelum keberangkatan menuju Makkah pada, Minggu (14/7).


Luar Biasa Jika Media Cetak Bergaya Start-up

Luar Biasa Jika Media Cetak Bergaya Start-up

Media massa, terutama media cetak, harus kembali dapat memenangkan kepercayaan publik, dan membedakan diri dari media sosial.


Minggu, Jemaah Haji Indonesia Mulai Bergerak ke Makkah

Minggu, Jemaah Haji Indonesia Mulai Bergerak ke Makkah

Jemaah haji Indonesia mulai berdatangan di Kota Madinah Al Munawarah. Rencananya sembilan hari sejak kedatangan, mereka mulai melaksanakan salat Arbain di Masji


Evi dan Ilham Tetap Komisioner KPU

Evi dan Ilham Tetap Komisioner KPU

Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memutuskan dua Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Evi Novida Ginting Manik dan Ilham Saputra dicopot dari j



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!