Nasional
Share this on:

Jamaah Haji Tiba Lebih Cepat

  • Jamaah Haji Tiba Lebih Cepat
  • Jamaah Haji Tiba Lebih Cepat

JAKARTA - Jemaah haji kloter pertama dari Embarkasi Surabaya (SUB 1) tiba dengan selamat di Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdulaziz, Madinah, sekitar pukul 09.00 waktu setempat, kemarin. Kloter yang berisikan 449 orang jemaah haji asal Magetan ini tiba lebih cepat dari jadwal semestinya yakni pukul 10.00 waktu Madinah.

Kedatangan jemaah haji perdana asal Indonesia itu disambut oleh Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh, Kepala Daker Bandara Arsyad Hidayat, dan PPIH Arab Saudi lainnya. Agus Maftuh mengucapkan selamat datang kepada jemaah haji. Dia bersama petugas haji adalah pelayan jemaah.

"Jangan sungkan untuk meminta bantuan karena kami adalah pelayanan panjenengan. Melayani jamaah haji adalah kehormatan untuk kami," katanya.

Dari hasil pantauan tim Media Center Haji (MCH), proses kedatangan jemaah haji berlangsung cukup cepat karena jemaah tidak perlu menunggu koper bagasi. Usai upacara penyambutan, mereka langsung diarahkan ke paviliun untuk menunggu bus yang akan mengantarkan jemaah ke hotel.

Berdasarkan data Siskohat, dari 449 jemaah asal Magetan, 2 di antaranya memakai tongkat untuk berjalan dan 8 orang lainnya menggunakan kursi roda. Jemaah tertua adalah Sukinah yang telah berumur 93 tahun.

Para petugas menjalankan perannya masing-masing. Mereka bahu-membahu melayani seluruh jemaah yang datang. Ada yang membantu mengenakan masker adapula yang mendorong jemaah ke paviliun.

Salah satu jamaah haji asal Magetan, Siti Maesaroh (57 th) mengaku senang telah sampai di Tanah Suci. Wanita paruh baya yang masih aktif sebagai Kepala Sekolah di salah satu SMP di Magetan ini berangkat ke tanah suci bersama sang suami setelah menunggu selama sembilan tahun.

"Alhamdulillah perjalanannya nyaman, saya tidak merasakan lelah," katanya.

Usai proses imigrasi, para jemaah haji menaiki bus untuk diberangkatkan ke Hotel Ishraq Al-Bustan yang berada di sektor 3 tempat mereka menginap selama di Madinah.

Terpisah, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengapresiasi penyediaan layanan "jalur cepat" bagi jamaah haji Indonesia pada 2019, yang mencakup pelayanan keimigrasian dengan proses yang lebih cepat bagi jamaah.

"Saya ingin berterima kasih, seperti yang disampaikan tadi bahwa dalam pelayanan haji, kepada pemerintah Arab Saudi dan Raja Salman sebagai penjaga dua kota suci, pelayanannya sangat baik," jelas JK di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, tempat dia melepas keberangkatan jamaah haji kelompok terbang pertama DKI Jakarta yang terdiri atas 388 orang, kemarin (7/7).

Ia mengatakan penggunaan teknologi semakin memudahkan pengurusan perjalanan bagi jamaah haji, dan memungkinkan penyediaan layanan jalur cepat sebagaimana yang diberikan kepada jamaah haji Embarkasi DKI Jakarta.

"Kita harapkan bahwa mudah-mudahan pada tahun depan ini semuanya lancar seperti ini. Ini uji coba dulu di sini," katanya.

Sementara itu, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Esam A Abid Althagafi berharap proses pemberangkatan jamaah haji Indonesia berjalan lancar hingga kelompok terbang yang terakhir. "Kami berharap juga seluruh proses keberangkatan jamaah haji Indonesia akan berjalan hingga kloter terakhir yang berangkat dari embarkasi Jakarta ini," katanya.

Fasilitas layanan jalur cepat merupakan bagian dari program Makkah Road Initiative yang dijalankan pemerintah Arab Saudi sejak 2018 guna meningkatkan pelayanan bagi jamaah haji. Layanan Makkah Road Initiative akan mencakup pelayanan bagi jamaah haji di bandara-bandara di Malaysia, Indonesia, Pakistan, Bangladesh dan Tunisia.

Fasilitas pelayanan dalam jalur cepat mencakup pengurusan keimigrasian, verifikasi persyaratan medis, dan penyortiran bagasi para jamaah di titik-titik embarkasi serta layanan penerbitan visa, prosedur pemeriksaan paspor, hingga pengaturan transportasi dan pemondokan di Arab Saudi.

Fasilitas pelayanan sebelum keberangkatan tersebut memudahkan proses kedatangan jamaah di Arab Saudi dan memungkinkan mereka langsung menuju ke pemondokan di Mekkah dan Madinah tanpa berurusan dengan prosedur yang menghabiskan waktu lama. (ful/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Pemulangan Jemaah Lewat Fast Track

Pemulangan Jemaah Lewat Fast Track

Pemerintah Arab Saudi melakukan uji coba fast track atau jalur cepat untuk proses pemulangan jamaah haji termasuk dari Indonesia.


Pemulangan Dimulai 17 Agustus, Dilarang Membawa Air Zam-Zam

Pemulangan Dimulai 17 Agustus, Dilarang Membawa Air Zam-Zam

Pemulangan jemaah haji Indonesia akan dimulai pada 17 Agustus mendatang. Kamis (15/8) hari ini, rencananya jemaah haji mulai melakukan penimbangan bagasi.


Kelelahan, Wafat Dalam Terowongan Mina

Kelelahan, Wafat Dalam Terowongan Mina

Kepala Satuan Operasional (Kasatops) Arafah-Muzdalifah-Mina (Armuzna) memastikan kondisi di tenda jemaah haji Indonesia saat ini aman terkendali.


Sisir Jamaah Sampai ke Muzdalifah

Sisir Jamaah Sampai ke Muzdalifah

Secara bertahap jemaah haji mulai diberangkatkan menuju Muzdalifah untuk melaksanakan mabit.


Puncak Haji Dibagi Empat Rute

Puncak Haji Dibagi Empat Rute

Seluruh jemaah haji sudah berada di Tanah Suci. Dari data Siskohat Kemenag totalnya mencapai 212.732 orang, yang tergabung dalam 529 kelompok terbang (kloter).


Jokowi Dalam Tekanan, Permintaan Megawati Wajar

Jokowi Dalam Tekanan, Permintaan Megawati Wajar

Kelakar Megawati Soekarnoputri agar PDI Perjuangan mendapatkan posisi menteri lebih banyak, tentu menjadi kerisauan tersendiri bagi Presiden terpilih Joko Widod


Hari Ini Jamaah Haji Mulai Bergerak ke Arafah

Hari Ini Jamaah Haji Mulai Bergerak ke Arafah

Berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama, jumlah jemaah haji reguler yang telah tiba di Arab Saudi berjumla


Ribuan Orang di Burundi Tewas Terserang Wabah Malaria

Ribuan Orang di Burundi Tewas Terserang Wabah Malaria

Badan kemanusiaan PBB mencatat, wabah malaria telah menewaskan lebih dari 1.800 orang di Burundi, Afrika tahun ini.


Mbah Moen: Wafatnya Orang Alim Biasanya Hari Selasa

Mbah Moen: Wafatnya Orang Alim Biasanya Hari Selasa

KH Maimoen Zubair atau lebih akrab disapa Mbah Moen pernah mengatakan orang alim biasanya meninggal di hari Selasa.


Jamaah Indonesia Lempar Jumrah 10 Zulhijah Malam

Jamaah Indonesia Lempar Jumrah 10 Zulhijah Malam

Jamaah Indonesia baru akan melempar jumrah pada 10 Zulhijah lewat tengah malam.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!