Nasional
Share this on:

Jamaah Indonesia Lempar Jumrah 10 Zulhijah Malam

  • Jamaah Indonesia Lempar Jumrah 10 Zulhijah Malam
  • Jamaah Indonesia Lempar Jumrah 10 Zulhijah Malam

MEKKAH - Jamaah Indonesia baru akan melempar jumrah pada 10 Zulhijah lewat tengah malam. Hal tersebut sesuai dengan jadwal yang diterbitkan Pemerintah Arab Saudi.

Kepala Daerah Kerja Mekkah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2019 Subhan Cholid mengatakan, untuk jadwal lempar jumrah, pihaknya telah menerima surat dari Kementerian Haji Arab Saudi melalui Muassasah. Jadwal lempar jumrah tersebut, baik tanggal 10, 11 , 12, dan 13 Zulhijah.

"Pada 10 Zulhijah ketika jamaah sudah melaksanakan mabit di Muzdalifah dan lewat tengah malam menuju Mina, pada saat itulah jamaah mulai akan melakukan lempar jumrah aqobah, kata Subhan dalam pernyataan persnya, Senin (5/8).

Pada 10 Zulhijjah, ditegaskannya, Pemerintah Arab Saudi melarang jamaah calon haji dari Asia Tenggara termasuk Indonesia melempar jumrah dari jam 4 sampai jam 10 pagi.

Selain juga jam itu jam yang sangat padat, juga keluarnya jamaah haji dari tenda menuju Jamarat itu memenuhi jalan, yang jalan itu sesungguhnya untuk laju kendaraan untuk mengantarkan jamaah dari Muzdalifah ke Mina, tambah Subhan.

Menurut dia, jadwal lontar jumrah ini penting dipatuhi oleh jamaah calon haji Indonesia untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Jadi jam-jam itu dilarang selain karena padatnya jamaah di Mina, dan menghindari bertabrakan dan juga peristiwa yang dulu-dulu pernah terjadi, juga untuk menghindari padatnya lalu lintas dan itu menghambat kendaraan yang mengantarkan jamaah dari Muzdalifah ke Mina, tambah Subhan.

Jika masa tersebut sudah terlewati, kata dia, pada 11 Zulhijah jamaah bebas melakukannya jam berapapun dari mulai dini hari 11 Zulhijah hingga 12 Zulhijah.

Kemudian pada 12 itu dilarangnya waktu jam 10 sampai jam 2, karena nafar awal, jamaah dari seluruh dunia berdesak-desakan mengejar afdholiahnya yang ba'da zawal, itu jam 10 sampai jam 2 untuk Asia Tenggara tidak diizinkan untuk melempar jumrah. Lalu kemudian pada 13 bebas dari pagi sampai dengan jamaah selesai melakukan nafar tsani, kata Subhan.

Terpisah, Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kementerian Agama (Kemenag) Sri Ilham Lubis mengatakan hingga saat ini kesiapan tenda-tenda di Arafah-Mina sudah sekitar 70 persen.

Ada banyak hal yang baru kita lakukan tahun ini sebagai inovasi. Termasuk pemasangan AC berkapasitas besar di Arafah dan penomoran tenda-tenda sesuai maktab, katanya.

Petugas haji dikerahkan untuk memasang label nomor tenda yang disesuaikan dengan kloter dan kapasitas tenda.

Di Arafah sejumlah tenda telah siap dengan AC yang sudah mulai menjalani uji coba. Beberapa di antaranya AC 12 ton berkapasitas 56 PK sedangkan AC 25 ton berkapasitas 118 PK.

Sementara instalasi air untuk toilet juga telah siap dengan drum-drum yang pada saatnya nanti akan diisi dengan batu es. Sedangkan fasilitas dapur juga sudah mulai siap digunakan dan bahkan sudah digunakan untuk memasak makanan bagi para pekerja.

Kepala Seksi Akomodasi Abduh Dhiyaur Rahman mengatakan pihaknya menargetkan seluruh penomoran tenda baik di Arafah maupun Mina rampung pada 7 Agustus 2019 karena pada 8 Agustus 2019, jamaah mulai diberangkatkan ke Arafah dari pondokannya.

Penomoran untuk tenda di Mina semalam baru 2 nomor maktab. Pagi ini siap tempel 15 Maktab Arafah dan 6 Maktab Mina. Sore nanti dilanjutkan 20 Maktab Arafah dan Mina, katanya.

Penomoran dan penyiapan tenda terus dilakukan tanpa memandang waktu, seperti halnya di Mina bahkan dimulai pada Minggu malam (4/8) sekitar pukul 22.00 waktu setempat. (gw/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Lima Tahun, Angka Stunting atau Kekerdilan pada Anak Turun

Lima Tahun, Angka Stunting atau Kekerdilan pada Anak Turun

Angka stunting atau kekerdilan pada anak di Indonesia turun 3,1 persen dari tahun sebelumnya.


Daftar Dewan HAM PBB, Indonesia Bersaing dengan Tiga Negara

Daftar Dewan HAM PBB, Indonesia Bersaing dengan Tiga Negara

Indonesia akan bersaing dengan tiga negara dalam emungutan suara pencalonan Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).


Penderita Gangguan Jiwa akibat Game Online di Indonesia Meningkat

Penderita Gangguan Jiwa akibat Game Online di Indonesia Meningkat

Korban yang mengalami gangguan jiwa akibat game online bertambah banyak. Kasus terakhir terungkap di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.


74,6 Persen Publik Tak Setuju Gerindra Merapat ke Kubu Jokowi

74,6 Persen Publik Tak Setuju Gerindra Merapat ke Kubu Jokowi

74,6 persen publik justru tidak setuju Gerindra merapat ke kubu Joko Widodo. Setidaknya itu tergambar dari hasil survei Parameter Politik Indonesia.


Mahasiswa Diimbau Tak Turun ke Jalan saat 20 Oktober

Mahasiswa Diimbau Tak Turun ke Jalan saat 20 Oktober

Sejumlah mahasiswa yang terkumpul dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI), rencananya akan kembali turun berdemonstrasi menjelang pelantikan


Waspadai Kebangkitan Sel-sel Kecil JAD

Waspadai Kebangkitan Sel-sel Kecil JAD

Dua terduga teroris anggota kelompok Jamaah Ansorut Daulah (JAD) Bekasi pimpinan Abu Zee diringkus Tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri.


Indeks Kebudayaan 21 Provinsi Masih Rendah

Indeks Kebudayaan 21 Provinsi Masih Rendah

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyampaikan Indonesia saat ini telah miliki Indeks Pembangunan Kebudayaan yang pertama.


Ihwanul Muslimin dan Hizbut Tahrir Kuasai BEM

Ihwanul Muslimin dan Hizbut Tahrir Kuasai BEM

Penolakan Badan Eksekutif Mahasiwa (BEM) Seluruh Indonesia (SI) atas undangan Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) ke Istana Negara, Jakarta, Jumat (27/9) lalu, dian


Survei LSI, 76,3 Persen Warga Dorong Jokowi Terbitkan Perppu KPK

Survei LSI, 76,3 Persen Warga Dorong Jokowi Terbitkan Perppu KPK

Berdasarkan hasil survei, 76,3 persen warga Indonesia mendorong presiden Joko Widodo menerbutkan Perppu KPK.


Antisipasi Gerakan KKSB, Pasukan Penjaga Freeport Ditambah

Antisipasi Gerakan KKSB, Pasukan Penjaga Freeport Ditambah

Pengamanan di area perusahaan tambang PT Freeport Indonesia di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, akan diperkuat.



Berita Hari Ini

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!