Nasional
Share this on:

Jembatan Cincin Lama Selesai H-10 Lebaran

  • Jembatan Cincin Lama Selesai H-10 Lebaran
  • Jembatan Cincin Lama Selesai H-10 Lebaran

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono optimistis menyatakan bahwa perbaikan Jembatan Cincin Lama di Widang, Tuban, Jatim  akan selesai pada H-10 lebaran nanti.

Basuki mengungkapkan, pemasangan 6 rangka jembatan akan selesai pada 23 Mei 2018 dan dilanjutkan dengan pengecoran lantai jembatan. ”Diharapkan H-10 atau tanggal 4 Juni 2018 sudah bisa dilewati,” kata Basuki saat meninjau lokasi, kemarin.

Saat ini, progres perbaikan sudah mencapai 50%.  Tiga dari  enam set rangka baja jembatan sudah selesai terpasang.

Kendala perbaikan, kata Basuki diantaranya masih ada beberapa barang bukti berupa rangka jembatan yang runtuh di titik yang akan dikerjakan. Oleh karena itu, Kementerian PUPR terus berkordinasi dengan Kepolisian Daerah (POLDA) setempat agar pekerjaan dapat dilanjutkan.

“Saya sudah telpon Bapak Kapolda, agar diberikan izin pekerjaan dilanjutkan. Beliau setuju dan akan segera kami kerjakan. Jangan saling tunggu dan tidak boleh ragu-ragu karena untuk kepentingan umum,” jelas Basuki.

Sebelum runtuh, Jembatan Cincin Lama dilintasi kendaraan dari arah Lamongan yang menuju Tuban. Sementara untuk menuju arah sebaliknya, kendaraan melintasi Jembatan Cincin Baru yang berada di sebelahnya.

Rangka yang dipasang untuk menggantikan bentang yang runtuh adalah rangka baja tipe Garuda Paksi A-50 dengan bentang 50 meter yang didatangkan dari Gudang Peralatan Kementerian PUPR di Cibinong. Perkiraan biaya sebesar Rp10-12 miliar dan dikerjakan oleh kontraktor PT. Brantas Abipraya. Besar tonase yang diijinkan melintas diatas rangka ini adalah sebesar 45 ton.

Pemeliharaan Jembatan Cincin Lama dilakukan secara rutin oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII dan Ditjen Bina Marga PUPR. Pada tahun 2018, alokasi dana preservasi dan rehabilitasi 15 jembatan di ruas jalan Babat-Tuban-Lamongan-Gresik sebesar Rp5,7 miliar. Dari jumlah tersebut preservasi untuk Jembatan Cincin Lama dan Jembatan Cincin Baru sebesar Rp1,29 miliar.

Sementara pengecekan terhadap kondisi jembatan di Indonesia telah dilakukan rutin oleh Kementerian PUPR. ”Setiap tahun dua kali kita audit yakni sebelum dan sesudah musim hujan. Namun pemeliharaan dan perbaikan jembatan juga perlu diikuti oleh kepatuhan terhadap aturan beban kendaraan,” jelas Basuki.

Basuki mengatakan, koordinasi terus dilakukan dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Korlantas, dan Kementerian Perdagangan untuk menegakkan kembali aturan pembatasan berat beban. ”Salah satu yang dibahas kita minta tidak ada import truk bekas berukuran besar, soal jembatan timbang, serta pengecekan beban truk yang keluar gudang,” pungkas Basuki. (tau/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Wiranto Dioperasi Tiga Jam

Wiranto Dioperasi Tiga Jam

Operasi yang dilakukan tim medis dokter RSPAD Gatot Subroto Jakarta kepada Menko Polhukam Wiranto, akhirnya selesai dilakukan.


Jika Perppu Diteken, Tak Otomatis Kembali ke UU Lama

Jika Perppu Diteken, Tak Otomatis Kembali ke UU Lama

Presiden Joko Widodo (Jokowi) diminta berhati-hati dalam menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) KPK.


Orang Lama Masih Dominasi DPR

Orang Lama Masih Dominasi DPR

Dari data yang dirilis Komisi Pemilihan Umum (KPU), tercatat hampir setengah anggota DPR RI terpilih merupakan pendatang baru.


Presiden Terima 10 Nama Capim KPK

Presiden Terima 10 Nama Capim KPK

Selesai sudah pelaksanaan tes wawancara terhadap 20 calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK) kemarin (29/8).


Akhirnya Ibu Kota Negara Pindah ke Kalimantan

Akhirnya Ibu Kota Negara Pindah ke Kalimantan

Desain dan rencana pemindahan ibu kota negara sebenaranya sudah digagas sejak lama, bahkan sejak era Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno.


Kocak Banget, Baca Nih Curhatan Netizen soal Mati Lampu di Akun Instagram PLN

Kocak Banget, Baca Nih Curhatan Netizen soal Mati Lampu di Akun Instagram PLN

Pemadaman listrik yang cukup lama di wilayah Jabodetabek pada Minggu (4/8) menuai kontroversi.


Sengketa Batas Darat RI-Timor Leste Selesai

Sengketa Batas Darat RI-Timor Leste Selesai

Pemerintah Indonesia bersama Timor Leste telah sepakat menyelesaikan permasalahan batas wilayah darat diantara kedua negara.


Perpres Mobil Listrik Segera Terbit

Perpres Mobil Listrik Segera Terbit

Peraturan Presiden (Perpres) yang mengatur masalah mobil listrik sudah hampir selesai. Saat ini draft Perpres itu ada di Menteri Keuangan.


PUPR Mulai Ungkap Runtuhnya Tol BORR

PUPR Mulai Ungkap Runtuhnya Tol BORR

PUPR melalui Komite Keselamatan Konstruksi (Komite K2) dan KKJTJ selesai melakukan evaluasi.


Pertemuan Jokowi-Prabowo Diatur Pramono, BG, dan Edhy Prabowo

Pertemuan Jokowi-Prabowo Diatur Pramono, BG, dan Edhy Prabowo

Pertemuan antara Joko Widodo dan Prabowo Subianto sudah dirancang cukup lama. Sampai akhirnya, kedua tokoh itu benar-benar bertatap muka, kemarin.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!