Nasional
Share this on:

Jika First Travel Dipailitkan, Jamaah Cuma Dapat Rp200 Ribu

  • Jika First Travel Dipailitkan, Jamaah Cuma Dapat Rp200 Ribu
  • Jika First Travel Dipailitkan, Jamaah Cuma Dapat Rp200 Ribu

JAKARTA - Proposal perdamaian yang diajukan oleh First Travel (FT) dalam proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) masih menggantung. Namun, muncul sebuah wacana bahwa PKPU adalah mekanisme paling mudah bagi FT untuk cuci tangan.

Riesqi Rahmadiansyah, Salah satu pengacara Jamaah mengungkapkan bahwa jamaah akan menjadi pihak yang sangat dirugikan jika First Travel pailit. “Jangan sampai, kalau sampai FT mati (pailit,Red), siapa yang mau tanggung jawab uang jamaah,” kata Riesqi di Komisi VIII DPR, kemarin.

Riesqi menjelaskan, dalam sistem PKPU, jika suatu perusahaan pailit ada beberapa jenis kreditur yang akan menerima tagihan utang. Yakni kreditur preference, kreditur separatis, dan kreditur kongkuren. “Jamaah itu posisinya ada di kreditur konkuren,” ujar Riesqi.

Jika FT Pailit, maka prioritas pembayaran hutang perusahaan pertama akan masuk ke kreditur preferen, seperti gaji pegawai dan hutang perusahaan. Prioritas kedua adalah ke kreditur separatis, yakni yang memegang hak tanggungan atas aset perusahaan.

Riesqi mencontohkan Pengusaha asal Mesir Ahmes Saber Amin yang mengaku bahwa FT punya hutang padanya sekitar2 juta USD. Dalam UU PKPU, Ahmes disebut kreditur separatis. Jika FT Pailit, likuidasi aset akan diprioritaskan untuk membayar hutang padanya.

Terlebih lagi, setiap hutang yang besar, FT harus menjaminkan sesuatu. Sehingga jika terjadi kepailitan, aset penjamin otomatis jatuh ke tangan pemilik hak tanggungan. “Masak hutang 2 juta dolar tidak pakai jaminan, itu rumah-rumah mewah itu sudah dijaminkan semua,” kata Riesqi.

Jika disimulasikan, saat ini tagihan hutang FT mencapai Rp200 miliar. Jika FT pailit, pertama akan dilakukan untuk membayar hutang-hutang perusahaan, kemudian biaya PKPU yang diperkirakan mencapai hingga Rp7 miliar.

Lantas baru membayar gaji pegawai yang sudah 6 bulan menunggak. Dalam hitungan Riesqi, paling-paling hanya ada jatah Rp10 miliar untuk membayar hutang ke jamaah.

Jika Rp10 miliar dibagikan pada 59 ribu jamaah korban FT, maka diperkirakan masing-masing jamaah hanya akan mendapatkan Rp200 ribu. “Itu buat masuk dufan aja nggak cukup, makanya saya bilang jamaah cuma dapat kotoran aja,” katanya.

Untuk itu menurut Riesqi, langkah terbaik saat ini adalah meyakinkan Jamaah dalam voting untuk menerima proposal perdamaian yang diajukan oleh FT. Kalau FT pailit dan tidak bisa membayarkan hutang secara menyeluruh, maka proses penuntutannya akan lebih sulit.

Akan lebih baik jika Jamaah mau memberikan waktu pada FT untuk menuntaskan kewajibannya memberangkatkan jamaah. “Kalau menurut saya, isi proposal, FT nggak mau ngapa-ngapain lebih baik diterima, daripada pailit,” tegas Riesqi. (tau/jpnn)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Agar Tol Murah, Gugat Pemerintah Dong...

Agar Tol Murah, Gugat Pemerintah Dong...

Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagio menilai bahwa tingginya tarif tol tidak akan berubah jika tidak ada aksi nyata dari masyarakat.


Purnama dan Gerhana Bulan Bisa Picu Gempa

Purnama dan Gerhana Bulan Bisa Picu Gempa

Fenomena gerhana bulan total nanti malam, selain langka juga dibumbui dengan kabar dapat terjadinya gempa bumi.


80 Ribu Taksi Online Terancam Tilang

80 Ribu Taksi Online Terancam Tilang

Kepatuhan pengemudi taksi online untuk menjalankan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 108/2017 sangat rendah.


Beroperasional Juni, Tiket LRT Rp5 Ribu

Beroperasional Juni, Tiket LRT Rp5 Ribu

Light Rail Transit (LRT) di Palembang akan beroperasi pada Juni nanti.


Tahun Ini ada Rekrutmen CPNS Lagi

Tahun Ini ada Rekrutmen CPNS Lagi

Kebutuhan pegawai pemerintah tidak terelakkan lagi. Selama dua tahun ini, diperkirakan ada sekitar 220 ribu Aparatur Sipil Negara (ASN) yang pensiun.


Ongkos Haji Tahun Ini Rp35 Juta

Ongkos Haji Tahun Ini Rp35 Juta

Meski baru sebatas hitungan awal, calon jamaah yang berangkat tahun ini siap-siap antisipasi kenaikan ongkos haji.


Sebentar Lagi Beras Impor 500 Ribu Ton Datang

Sebentar Lagi Beras Impor 500 Ribu Ton Datang

Impor beras yang dibuka pemerintah untuk stabilkan harga dan menambah stok tidak bisa selesai dalam waktu dekat.


Sikat 150 Ribu Tabung, Elpiji Subsidi Dioplos Mafia

Sikat 150 Ribu Tabung, Elpiji Subsidi Dioplos Mafia

Salah satu biang kerok kelangkaan elpiji 3 kg bersubsidi Desember lalu terungkap.


Empat Bandar Buruan Mabes Divonis Mati

Empat Bandar Buruan Mabes Divonis Mati

Daftar terpidana mati di Lampung semakin panjang. Jika pada 2017 mencapai 14 orang, saat ini, pekan kedua 2018, jumlah tersebut bertambah menjadi 18 terpidana m


Gus Ipul Siap Jika diganti Risma

Gus Ipul Siap Jika diganti Risma

Calon Gubernur Jatim PDIP-PKB, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengakui, jika isu terkait Azwar Anas cukup berimbas pada koalisinya.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!