Nasional
Share this on:

Korlantas Minta Rentang Waktu Arus Mudik dan Balik Seimbang

  • Korlantas Minta Rentang Waktu Arus Mudik dan Balik Seimbang
  • Korlantas Minta Rentang Waktu Arus Mudik dan Balik Seimbang

Foto: jawa pos

**JAKARTA ** - Jumlah kecelakaan lalulintas selama Operasi Ketupat 2019 turun 65 persen. Demikian juga jumlah korban jiwa yang turun hingga 63 persen.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Refdi Andri menjelaskan pada Operasi Ketupat 2019 jumlah kecelakaan sebanyak 560 kejadian. Jumlah ini jauh menurun dibanding tahun 2018 yang mencapai 1.593 kejadian.

"Jumlahnya turun drastis mencapai 65 persen, bila dibandingkan jumlah kecelakaan lalu lintas selama Operasi Ketupat 2018," katanya dalam acara Evaluasi Akhir Operasi Ketupat 2019, di Jakarta, Selasa (18/6).

Angka korban jiwa juga mengalami penurunan sebanyak 63 persen. Korban meninggal dunia pada Operasi Ketupat 2018 sebanyak 358 orang. Sedangkan pada 2019 ada 133 orang korban meninggal. "Mudah-mudahan dengan laka lantas yang turun mendekati 65 persen dibandingkan dengan tahun lalu, termasuk yang luka berat dan luka ringan, jadi acuan kami untuk bekerja lebih keras lagi," katanya.

Refdi mengatakan, selain itu pada arus mudik 2019 juga mengalami perbaikan. Salah satu alasannya sistem satu arah atau one way di Tol Trans Jawa. Kelancaran saat arus mudik pada Operasi Ketupat 2019 disebabkan rentang waktu pada arus mudik cukup lama sehingga kepulangan pemudik ke kampung halaman terbagi-bagi.

"Saat mudik, rentang waktunya panjang, ada delapan hingga sembilan hari," katanya.

Meski demikian, diakuinya ada sejumlah titik kemacetan saat arus balik. Hal itu terjadi karena rentang waktu arus balik singkat yakni 7 hingga 9 Juni 2019. Dengan demikian pemudik secara bersamaan kembali ke Jakarta.

"Saat arus balik, rentang waktunya singkat. 7, 8 dan 9 Juni, karena 10 Juni sudah masuk kerja. Inilah yang menjadi perhatian kami. Mudah-mudahan di tahun depan, ada keseimbangan pergerakan (arus pemudik) baik dari sisi rentang waktu dan jumlah kendaraan," katanya.

Refdi menegaskan penyelenggarakan Operasi Ketupat tahun depan akan lebih baik lagi. Pihaknya pun berkomitmen untuk mewujudkan lalu lintas tanpa kecelakaan atau zero accident.

"Semestinya laka lantas tidak terjadi. Semestinya tidak ada korban, apalagi korban meninggal," katanya.

Operasi Ketupat 2019 digelar pada 29 Mei hingga 10 Juni 2019. Tak hanya kerja Polri semata, keberhasilan operasi tersebut merupakan hasil kerja keras sejumlah pemangku kepentingan diantaranya Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jasa Raharja, Jasa Marga, Bina Marga serta pengelola rest area Tol Trans Jawa dan Tol Trans Sumatera. (gw/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Langit Jakarta Dihiasi Pesawat Tanpa Awak

Langit Jakarta Dihiasi Pesawat Tanpa Awak

Laporan dan data seketika tentang perkembangan situasi keamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, kemarin (20/10), terpantau lewat udara.


Ini Pepatah Bugis Tanda Terima Kasih Jokowi untuk JK

Ini Pepatah Bugis Tanda Terima Kasih Jokowi untuk JK

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pepatah adat Bugis diakhir pidatonya usai acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024 di gedung


94 Guru Dikirim ke Perbatasan Malaysia

94 Guru Dikirim ke Perbatasan Malaysia

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengirim sebanyak 94 guru untuk mengajar di sejumlah Community Learning Center (CLC) yang berbatasan langsun


Masalah DPT Pemilu Tak Pernah Tuntas

Masalah DPT Pemilu Tak Pernah Tuntas

Pengawasan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan politik uang pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak pada 2020 mendatang masih jadi sorotan Badan Pengawas Pem


Pelibatan Anak dan Terorisme Tindakan Keji

Pelibatan Anak dan Terorisme Tindakan Keji

Polisi menemukan fakta baru dalam kasus penikaman Menko Polhukam Wiranto di Pandeglang, Banten.


Lima Kandidat Berpeluang Jadi Jaksa Agung

Lima Kandidat Berpeluang Jadi Jaksa Agung

Kasak kusuk calon menteri dan pejabat tinggi lainnya ramai diperbincangkan. Salah satunya untuk posisis Jaksa Agung.


Peluang Gerindra dan Demokrat di Tangan Jokowi

Peluang Gerindra dan Demokrat di Tangan Jokowi

Presiden terpilih Joko Widodo memastikan jumlah menteri di kabinet periode 2019-2024 tetap sama. Yakni 34 orang.


KPU Usul Tata Kelola Pemilu Diubah

KPU Usul Tata Kelola Pemilu Diubah

Jika pemilihan presiden dan legislatif baik DPRD maupun DPR RI dirasa berat, perlu ada desain ulang penyelenggaraan pemilu 2024 mendatang.


Guru Honorer Akan Digaji Setara UMR

Guru Honorer Akan Digaji Setara UMR

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyatakan penetapan gaji guru honorer kedepannya bakal disetarakan minimal dengan Upah Minimum Regional (UM


Presiden Jokowi Tak Mau Teken Revisi UU KPK

Presiden Jokowi Tak Mau Teken Revisi UU KPK

Presiden Joko Widodo disebut-sebut tidak mau menandatangani UU KPK hasil revisi. Meski begitu, sesuai aturan UU KPK tersebut tetap berlaku sah dan mengikat.



Berita Hari Ini

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!