Nasional
Share this on:

Libur Idul Adha 72 Orang Tewas Kecelakaan

  • Libur Idul Adha 72 Orang Tewas Kecelakaan
  • Libur Idul Adha 72 Orang Tewas Kecelakaan

Ilustrasi.

JAKARTA - Kecelakaan kendaraan bermotor masih marak saat libur long weekend Hari Raya Idul Adha. Merujuk data Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas Polri), terdapat 315 kasus kecelakaan yang memakan korban 72 orang.

Korban meningggal didominasi pengendara sepeda motor. Menyikapi hal itu, Kementerian Perhubungan berkomitmen menambah kendaraan umum.

?Motor memang tidak dianjurkan untuk perjalanan jauh,? kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Ke depan, pihaknya akan menambah jumlah angkutan umum. Bukan hanya dari segi kuantitas, namun juga dalam hal kualitas. Sehingga masyarakat berpergian jauh tidak lagi menggunakan motor. Tapi memilih moda transportasi yang lebih aman.

?Pekerjaan rumah kami adalah untuk mewujudkan zero accident,? imbuhnya.

Memperbanyak jumlah angkutan umum juga mengurangi tingkat pelanggaran lalu lintas. Pada libur Idul Adha kali ini tercatat 53.249 pelanggaran, dan 48.911 pelanggaran tersebut dikenai tilang.

Menurut pantauan Kementerian Perhubungan, kekurangan moda transportasi pada saat Lebaran juga terjadi pada Idul Adha kali ini. Di Terminal Pulo Gebang, bus jurusan Jawa Tengah mengalami kelangkaan, utamanya pada Kamis lalu (31/8). Akhirnya Kemenhub bersama Organda menambah 34 bus.

Perjalanan darat tertutama menggunakan kendaraan pribadi memang lebih diminati. Tol Cikarang Utama menjadi salah satu gerbang keluar masuk Jakarta terjadi lonjakan.

Walaupun tidak terlalu siknifikan. Sekjen Kemenhub Sugihardjo mengatakan, kemarin ada kepadatan di KM 66 Tol Cikampek sepanjang 2 kilometer. ?Namun kendaraan masih bisa bergerak,? kata Sugihardjo.

Diprediksi 97.000 kendaraan melewati pintu tol Cikarang Utama. Pria yang akrab disapa Jojo itu menjelaskan, angka 97.000 kendaraan itu berarti ada kenaikan 25 persen daripada hari biasa yang berkisar 77.000 kendaraan per hari.

Jojo mengatakan, ada tiga skenario untuk mengantisipasi lonjakan arus balik di Cikarang Utama. Pertama mengoptimalkan seluruh gardu layanan yang totalnya 31.

Kedua, apabila sudah dibuka 31 gardu dan ada petugas yang membantu, namun antrean masih cukup panjang, maka kendaraan akan melambung tidak keluar di Cikarang Utama tapi masuknya melewati Cikarang Utama.

Skenario ketiga, jika masih padat juga dan kendaraan itu sudah bertransaksi tetapi terjadi antrean karena ada penyempitan setelah gardu transaksi maka akan diadakan contra flow agar volumenya sama.

Selain pengendalian di Cikarang Utama, yang penting adalah pengendalian di Cikopo. Karena arus masuk ke gerbang Cikampek terdiri dari Cipali di utara dan Cipularang di selatan dengan masing-masing ada dua lajur.

Kedua tol itu bertemu di KM 66 yang mempunyai tiga lajur sehingga ada penyempitan dari 4 lajur menjadi 3 lajur. (lyn/oki/jpg)

Berita Berikutnya

Harga Beras Masih di Atas HET
Harga Beras Masih di Atas HET

Berita Sejenis

Sekolah Negeri Butuh 988.133 Guru PNS

Sekolah Negeri Butuh 988.133 Guru PNS

Kebutuhan guru yang berstatus aparatur sipil negara (ASN) di sekolah negeri berjumlah 988.133 orang.


Usut Tuntas Calo Anggaran

Usut Tuntas Calo Anggaran

Menyusul hasil Operasi Tangkap Tangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi yang menetapkan empat orang tersangka terkait pemberian gratifikasi.


Tambahan Cuti Lebaran Belum Pasti

Tambahan Cuti Lebaran Belum Pasti

Pemerintah membuat masyarakat kebingungan. Rangkaian cuti bersama pada momen Hari Raya Idul Fitri tiba-tiba hendak mereka ubah.


323.669 Orang Berebut Sekolah Kedinasan

323.669 Orang Berebut Sekolah Kedinasan

Pendaftaran sekolah kedinasan yang terpusat dan online resmi ditutup Senin malam (30/4) lalu.


Bos Pabrik Miras Pembunuh 51 Orang Dibekuk

Bos Pabrik Miras Pembunuh 51 Orang Dibekuk

Polda Jawa Barat yang bertekad untuk membongkar habis pabrik miras Cicalengka berhasil membekuk bos pabrik pembunuh 51 orang.


Cuti Lebaran Ditambah Tiga Hari

Cuti Lebaran Ditambah Tiga Hari

Revisi surat keputusan bersama (SKB) 3 menteri tentang cuti bersama dan libur nasional kemarin diteken.


Jalur Kereta Ngawi Belum Normal

Jalur Kereta Ngawi Belum Normal

Petak Kedungbanteng-Walikukun, Ngawi, masih belum normal pasca kecelakaan Kereta Api Sancaka dengan truk Jumat lalu (6/4).


KBRI Pastikan Proses Hukum Kasus Enen Terus Berjalan

KBRI Pastikan Proses Hukum Kasus Enen Terus Berjalan

Seorang WNI bernama Enen Cahyati (48), ditemukan tewas di sebuah kamar di Hometown Suite Hotel, Phnom Penh, Kamboja, Minggu (28/3).


30 Ribu Orang Diperkirakan Akan Mudik Lebaran Nanti

30 Ribu Orang Diperkirakan Akan Mudik Lebaran Nanti

Tahun ini jumlah pemudik diperkirakan mencapai 30.000 orang. Meningkat sekitar 2.000 orang dibandingkan tahun lalu.


6,7 Juta Orang Terancam Tak Bisa Nyoblos

6,7 Juta Orang Terancam Tak Bisa Nyoblos

KPU akhirnya menetapkan daftar pemilih sementara (DPS) untuk pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun ini.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!