Nasional
Share this on:

Libur Idul Adha 72 Orang Tewas Kecelakaan

  • Libur Idul Adha 72 Orang Tewas Kecelakaan
  • Libur Idul Adha 72 Orang Tewas Kecelakaan

Ilustrasi.

JAKARTA - Kecelakaan kendaraan bermotor masih marak saat libur long weekend Hari Raya Idul Adha. Merujuk data Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas Polri), terdapat 315 kasus kecelakaan yang memakan korban 72 orang.

Korban meningggal didominasi pengendara sepeda motor. Menyikapi hal itu, Kementerian Perhubungan berkomitmen menambah kendaraan umum.

?Motor memang tidak dianjurkan untuk perjalanan jauh,? kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Ke depan, pihaknya akan menambah jumlah angkutan umum. Bukan hanya dari segi kuantitas, namun juga dalam hal kualitas. Sehingga masyarakat berpergian jauh tidak lagi menggunakan motor. Tapi memilih moda transportasi yang lebih aman.

?Pekerjaan rumah kami adalah untuk mewujudkan zero accident,? imbuhnya.

Memperbanyak jumlah angkutan umum juga mengurangi tingkat pelanggaran lalu lintas. Pada libur Idul Adha kali ini tercatat 53.249 pelanggaran, dan 48.911 pelanggaran tersebut dikenai tilang.

Menurut pantauan Kementerian Perhubungan, kekurangan moda transportasi pada saat Lebaran juga terjadi pada Idul Adha kali ini. Di Terminal Pulo Gebang, bus jurusan Jawa Tengah mengalami kelangkaan, utamanya pada Kamis lalu (31/8). Akhirnya Kemenhub bersama Organda menambah 34 bus.

Perjalanan darat tertutama menggunakan kendaraan pribadi memang lebih diminati. Tol Cikarang Utama menjadi salah satu gerbang keluar masuk Jakarta terjadi lonjakan.

Walaupun tidak terlalu siknifikan. Sekjen Kemenhub Sugihardjo mengatakan, kemarin ada kepadatan di KM 66 Tol Cikampek sepanjang 2 kilometer. ?Namun kendaraan masih bisa bergerak,? kata Sugihardjo.

Diprediksi 97.000 kendaraan melewati pintu tol Cikarang Utama. Pria yang akrab disapa Jojo itu menjelaskan, angka 97.000 kendaraan itu berarti ada kenaikan 25 persen daripada hari biasa yang berkisar 77.000 kendaraan per hari.

Jojo mengatakan, ada tiga skenario untuk mengantisipasi lonjakan arus balik di Cikarang Utama. Pertama mengoptimalkan seluruh gardu layanan yang totalnya 31.

Kedua, apabila sudah dibuka 31 gardu dan ada petugas yang membantu, namun antrean masih cukup panjang, maka kendaraan akan melambung tidak keluar di Cikarang Utama tapi masuknya melewati Cikarang Utama.

Skenario ketiga, jika masih padat juga dan kendaraan itu sudah bertransaksi tetapi terjadi antrean karena ada penyempitan setelah gardu transaksi maka akan diadakan contra flow agar volumenya sama.

Selain pengendalian di Cikarang Utama, yang penting adalah pengendalian di Cikopo. Karena arus masuk ke gerbang Cikampek terdiri dari Cipali di utara dan Cipularang di selatan dengan masing-masing ada dua lajur.

Kedua tol itu bertemu di KM 66 yang mempunyai tiga lajur sehingga ada penyempitan dari 4 lajur menjadi 3 lajur. (lyn/oki/jpg)

Berita Berikutnya

Harga Beras Masih di Atas HET
Harga Beras Masih di Atas HET

Berita Sejenis

Bus yang Celaka di tanjakan Emen Laik Jalan

Bus yang Celaka di tanjakan Emen Laik Jalan

Informasi yang beredar kecelakaan fatal di tanjakan Emen, Subang, yang menewaskan 27 orang, Sabtu lalu (10/2), dipicu rem blong.


Napi Teroris Bisa Rakit Bom Bakal Bebas

Napi Teroris Bisa Rakit Bom Bakal Bebas

Tiga orang narapidana kasus terorisme bakal bebas dari Nusakambangan dalam waktu dekat. Sayangnya, ketiganya diduga masih memiliki paham radikal.


Empat Bandar Buruan Mabes Divonis Mati

Empat Bandar Buruan Mabes Divonis Mati

Daftar terpidana mati di Lampung semakin panjang. Jika pada 2017 mencapai 14 orang, saat ini, pekan kedua 2018, jumlah tersebut bertambah menjadi 18 terpidana m


2017, PHK Capai 50 Ribu Orang

2017, PHK Capai 50 Ribu Orang

Serikat Buruh menilai tahun 2017 pemerintah masih gagal mewujudkan janji untuk mensejahterakan kaum buruh.


Wow... Arus balik Liburan Tembus 104 Ribu Kendaraan

Wow... Arus balik Liburan Tembus 104 Ribu Kendaraan

Puncak arus balik pada periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2017 terjadi kemarin (1/1).


 2017 Ada 2.000 Bencana, 377 Orang Tewas

2017 Ada 2.000 Bencana, 377 Orang Tewas

Lebih 2 Ribu bencana tercatat menghantam indonesia sepanjang tahun 2017. Mengakibatkan 377 orang tewas, dan membuat 2,5 juta jiwa mengungsi.


Pengguna Transportasi Umum Meningkat

Pengguna Transportasi Umum Meningkat

Libur Natal telah usai. Para pemudik maupun wisatawan mulai terlihat kembali ke Ibu Kota. Penggunaan transportasi umum pun meningkat.


Jelang Libur Panjang, Pengerjaan Tol Elevated Dihentikan Sementara

Jelang Libur Panjang, Pengerjaan Tol Elevated Dihentikan Sementara

Tidak hanya sektor perhubungan laut yang menjadi perhatian menjelang libur Natal dan tahun baru.


112 Orang Terinfeksi Difteri

112 Orang Terinfeksi Difteri

Laju penyebaran virus difteri belum melambat. Hingga berita ini diturunkan, pasien terindikasi difteri masih terus bertambah.


Siap-siap Liburan? Imigrasi Buka Layanan Paspor di Hari Libur

Siap-siap Liburan? Imigrasi Buka Layanan Paspor di Hari Libur

Jelang akhir tahun permohonan paspor ke kantor Imigrasi semakin melonjak. Lantaran banyak warga yang ingin menghabiskan liburan ke luar negeri.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!