Nasional
Share this on:

Masih Ada Kebakaran Hutan, Kapolda/Pangdam Dicopot

  • Masih Ada Kebakaran Hutan, Kapolda/Pangdam Dicopot
  • Masih Ada Kebakaran Hutan, Kapolda/Pangdam Dicopot

Ilustrasi.

JAKARTA - Penanganan dan pencegahan peristiwa kebakaran hutan dan lahan di tahun 2018 dilakukan lebih awal. Pasalnya, puncak musim kemarau diperkirakan terjadi pada bulan Agustus. Itu artinya, bersamaan dengan pelaksanaan Asian Games yang dipusatkan di Jakarta-Palembang.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, berdasarkan pantauan Badan Meteorologi, Krimatologi dan Geofisika (BMKG), tingkat kekeringan di tahun ini akan lebih tinggi dibandingkan tahun 2017. Dengan fakta tersebut, potensi terjadinya kebakaran hutan sangat terbuka.

Dari dua kota yang menyelenggarakan pesta olahraga terbesar di Asia itu, Pelembang masuk kategori rawan terdampak kebakaran hutan. "Kalau terjadi kebakaran, bukan hanya mengganggu Asian games tapi juga reputasi Indonesia," ujarnya dalam.

Pengarahan pengendalian kebakaran hutan dan lahan kepada gubernur dan unsur TNI-Polri di 12 Provinsi rawan kebakaran di Istana Negara, Jakarta, kemarin.

Darmin menjelaskan, meski kejadian maupun jumlah titik hotspot kebakaran terus menurun dalam dua tahun terakhir, namun pemerintah tidak boleh lengah. Oleh karenanya, upaya pencegahan tidak boleh kendor. Bahkan, harus ditingkatkan.

Seperti diketahui, jumlah hotspot menurun drastis jika menilik catatan tiga tahun belakangan. Mulai dari 21.929 titik di tahun 2015, lalu 3.916 titik di tahun 2016, dan 2.567 titik pada tahun 2017.

Darmin menambahkan, sejumlah upaya antisipasi sudah disiapkan. Mulai dari membangun sistem informasi peringatan, sosialisasi SOP dan teknik penggunaan lahan, patroli terpadu, hingga membentuk kelompok masyarakat peduli kebakaran yang sudah diberi insentif ekonomi.

"Agar masyarakat sadar pentingnya pencegahan," imbuhnya. Dari aspek pembiayaan, Darmin menegaskan pemerintah sudah mengalokasikan. Baik melalui APBN, APBD, maupun sokongan dari bantuan internasional.

Pria berusia 69 tahun itu juga mengingatkan, meskipun sejumlah daerah melaksanakan pilkada, Kepala daerah maupun Penjabat yang menggantikan tetap memberikan perhatian. Tentunya dengan tetap berkoordinasi bersama jajaran TNI-polri.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo mengatakan, Asian Games menjadi pertaruhan citra Indonesia di dunia internasional. Karenanya, jika terganggu dengan kabut asap, itu akan memperlakukan Indonesia selain menghambat pelaksanaan.

Dia melanjutkan, di beberapa kesempatan, dirinya sudah memberikan jaminan kepada negara-negara tetangga untuk tidak lagi mengirimkan kabut asap. "Begitu ada asap, muka kita ditaruh di mana," ujarnya berseloroh.

Dalam kesempatan tersebut, mantan Walikota Solo itu juga menegaskan jika aturan main terhadap pihak-pihak yang bertanggung jawab masih sama. Yakni akan mencopot jajaran aparat TNI-Polri yang memimpin wilayah.

"Kalau ada kebakaran, di sebelah mana, saya telepon Panglima, ganti Pangdamnya. Kebakaran enggak rampung di provinsi mana, telepon Kapolri, ganti Kapolda. Kalau kecil lagi, Kapolresnya," imbuhnya mengingatkan.

Cara itu, lanjutnya, sudah terbukti cukup efektif untuk menurunkan angka kebaikan. Terbukti dari penurunan jumlah hotspot maupun luas kawasan yang terkena kebakaran. (far/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Masih Ada Sel Mewah di Sukamiskin, Menkumham Didesak Mundur

Masih Ada Sel Mewah di Sukamiskin, Menkumham Didesak Mundur

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) kembali “kebobolan” soal buruknya pengelolaan Lapas Kelas 1 Sukamiskin, Bandung.


Padamkan Kebakaran Sindoro Sumbing, BNPB Kerahkan Helikopter ke Temanggung

Padamkan Kebakaran Sindoro Sumbing, BNPB Kerahkan Helikopter ke Temanggung

BNPB memobilisasi salah satu helikopternya ke pangkalan penanggulangan Karhutla di Temanggung, Jawa Tengah untuk membantu proses pemadaman api.


2.357 PNS Korup Masih Terima Gaji

2.357 PNS Korup Masih Terima Gaji

Sebanyak 2.357 PNS berstatus koruptor dan berkekuatan hukum tetap (inkracht) masih aktif menjadi abdi negara dan mendapatkan gaji.


Masih Ada Terduga Teroris Dikejar

Masih Ada Terduga Teroris Dikejar

Pengejaran terhadap kelompok Rajendra ternyata belum usai.


Rupiah Melemah Lagi Hingga Rp14.815 per Dolar

Rupiah Melemah Lagi Hingga Rp14.815 per Dolar

Pelemahan nilai tukar rupiah yang masih berlangsung membuat pemerintah cukup disibukkan.


Kemenag: Seharusnya Tidak Boleh Ada Penolakan

Kemenag: Seharusnya Tidak Boleh Ada Penolakan

Upaya penolakan bahkan disebut sebagai intimidasi terhadap kegiatan ceramah agama kembali menyeruak. Kali ini dialami oleh Ustad Abdul Somad (UAS).


Deddy Mizwar Siap Jelaskan ke SBY

Deddy Mizwar Siap Jelaskan ke SBY

Saat ini Wagub Jawa Barat Deddy Mizwar masih menjabat ketua Majelis Pertimbangan Daerah Partai Demokrat Jabar.


Dua Mahasiswa Curi 4 Ribu Data kartu Kredit

Dua Mahasiswa Curi 4 Ribu Data kartu Kredit

Tersangka pencurian data kartu kredit DSC dan AR masih bisa tersenyum saat difoto polisi pasca ditangkap petugas.


Orang Tua Pelaku Penembakan Polisi Pernah Ditangkap

Orang Tua Pelaku Penembakan Polisi Pernah Ditangkap

Pelaku penembakan polisi di jalan tol Cipali, Cirebon hingga kini masih berlum tertangkap.


Kapolda Papua yang Baru Diminta Tangani KKSB

Kapolda Papua yang Baru Diminta Tangani KKSB

Polri menggelar serah terima jabatan (Sertijab) tujuh perwira tinggi (pati) kemarin (20/8) di ruang Rupatama Mabes Polri.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!