Nasional
Share this on:

Mensos Diperiksa KPK 11 Jam

  • Mensos Diperiksa KPK 11 Jam
  • Mensos Diperiksa KPK 11 Jam

JAKARTA - Keterlibatan Menteri Sosial (Mensos) Idrus Marham dalam pusaran dugaan korupsi kesepakatan kerjasama pembangunan proyek PLTU Riau 1 terus dikejar oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kemarin (15/8), mantan Sekjen Partai Golkar itu diperiksa lebih dari 11 jam terkait perkara itu.

Pemeriksaan Idrus kemarin merupakan yang ketiga kalinya. Selama di ruang penyidik, Idrus sempat diperiksa secara silang untuk dua tersangka dalam kasus tersebut. Yakni, Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih dan bos Blackgold Natural Resoruces Ltd Johannes B. Kotjo.

Setelah diperiksa, Idrus pun keluar dari gedung KPK pukul 21.38. Dia menyatakan lamanya pemeriksaan lantaran dirinya yang meminta penyidik untuk menyelesaikan proses melengkapi keterangan kemarin.

"Saya bilang, kalau bisa diselesaikan sekarang akan lebih bagus. Saya memang sengaja minta dituntaskan supaya tidak berkali-kali dipanggil," akunya.

Dia pun menjelaskan, semua keterangan terkait dengan keterlibatannya dalam proyek PLTU Riau 1 sudah ia jelaskan ke penyidik. Termasuk pertemuan-pertemuan dengan kedua tersangka sebelum operasi tangkap tangan (OTT) KPK bergulir bulan lalu.

"Sekali lagi, saya katakan, kalau masalah substansi biar penyidik saja," bebernya.

Sebelumnya, KPK mengaku telah mengantongi bukti pertemuan Idrus dengan tersangka yang terekam dalam CCTV. Terkait hal itu, Idrus juga menyerahkannya ke penyidik. "Tidak etis jika saya jelaskan semua. Nanti malah dianggap ndak bagus ya," tuturnya.

"Semua yang terkait sudah saya jelaskan semua," imbuh dia.

Lalu apakah pemeriksaan kemarin terkait dengan rencana KPK membuka penyelidikan baru dalam kasus PLTU Riau 1? Idrus mengaku tidak tahu menahu. "Yang tahu tentang penyidikan itu kan KPK. Masa saya tahu yang begini-begini (penyidikan baru, Red)," terangnya. "Itu KPK yang lebih paham."

Juru Bicara KPK Febri Diansyah menerangkan, pemeriksaan Idrus kemarin masih mendalami seputar pertemuan saksi dengan para tersangka. Penyidik, kata dia, kembali mengklarifikasi pertemuan itu apakah berkaitan dengan perkara suap yang diberikan Kotjo kepada Eni.

"Sedang didalami dan diklarifikasi lebih lanjut mengenai isi pertemuan itu, apakah pertemuan itu sifatnya formal atau informal," jelasnya. (tyo/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

KPK Kaji Lagi Pemeriksaan Internal

KPK Kaji Lagi Pemeriksaan Internal

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal kembali melakukan eksaminasi terkait hasil investigasi Indonesialeaks.


Amien Mengaku Bahagia Diperiksa Penyidik

Amien Mengaku Bahagia Diperiksa Penyidik

Enam jam Amien Rais diperiksa sebagai saksi kasus hoax penganiayaan Ratna Sarumpaet kemarin.


Wali Kota Pasuruan Diduga Terima Fee Rp230 Juta

Wali Kota Pasuruan Diduga Terima Fee Rp230 Juta

Usai menjalani pemeriksaan di Polres Pasuruan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) langsung menerbangkan Wali Kota Pasuruan Setiyono ke Jakarta.


Kena OTT, Status Hukum Wali Kota Pasuruan Ditentukan Hari Ini

Kena OTT, Status Hukum Wali Kota Pasuruan Ditentukan Hari Ini

Wali Kota Pasuruan Setiyono kena operasi tangkap tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kemarin pagi (4/10).


Sofyan Basir Diperiksa KPK Lagi

Sofyan Basir Diperiksa KPK Lagi

Sudah tiga kali Direktur Utama (Dirut) PT PLN Sofyan Basir diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).


Pelaku Lain Mengarah ke Setnov

Pelaku Lain Mengarah ke Setnov

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera menyelesaikan penyidikan tersangka Wakil Ketua Komisi VII DPR (nonaktif) Eni Maulani Saragih.


Anak Buah Zumi Zola Beber Sejumlah Setoran

Anak Buah Zumi Zola Beber Sejumlah Setoran

Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menghadirkan para saksi yang menguatkan dakwaan perkara Gubernur Jambi (nonaktif) Zumi Zola Zulkifli.


KPK Umbar Penyelidikan Newmont

KPK Umbar Penyelidikan Newmont

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) buka-bukaan soal penyelidikan dugaan korupsi penjualan saham PT Newmont Nusa Tenggara kepada PT Amman Mineral Internasional.


Keluarga Budi Mulya Tagih Janji KPK

Keluarga Budi Mulya Tagih Janji KPK

Keluarga terpidana mantan Deputi Bidang Moneter Bank Indonesia (BI) Budi Mulya kembali mendatangi gedung KPK kemarin (19/9).


Jatim-Bali Padam Selama Satu Jam

Jatim-Bali Padam Selama Satu Jam

Hampir sebagian besar wilayah Jawa Timur (Jatim) dan secara keseluruhan wilayah Bali mengalami pemadaman listrik total alias black out kemarin (5/9).



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!