Nasional
Share this on:

Minggu, Jemaah Haji Indonesia Mulai Bergerak ke Makkah

  • Minggu, Jemaah Haji Indonesia Mulai Bergerak ke Makkah
  • Minggu, Jemaah Haji Indonesia Mulai Bergerak ke Makkah

**JAKARTA ** - Jemaah haji Indonesia mulai berdatangan di Kota Madinah Al Munawarah. Rencananya sembilan hari sejak kedatangan, mereka mulai melaksanakan salat Arbain di Masjid Nabawi. Sementara, untuk keberangkatan ke Makkah diagendakan 14 Juli berdasarkan ketentuan embarkasi.

Kepala Daerah Kerja Madinah Akhmad Jauhari, berpesan kepada jemaah yang hendak beribadah ke Masjid Nabawi agar tidak membawa uang dalam jumlah berlebihan. "Sebelum jemaah tiba kita sudah melakukan sosialisasi kepada jemaah utamanya bagaimana jemaah bisa melakukan pengamanan diri. menjaga barang-barang secara mandiri," ujar Jauhari.

Jangan pula, lanjut dia,jemaah merasa bahwa di tanah suci tidak ada praktik kejahatan. "Yang namanya kejahatan itu di mana pun ada, termasuk di Masjid Nabawi, apalagi di tengah kerumunan orang banyak, potensi itu selalu ada," ujarnya.

Ia juga mengimbau jemaah agar tidak mudah percaya kepada orang yang belum dikenal, kecuali petugas dibekali dengan seragam, baju, rompi, topi, dan menggunakan tanda pengenal (id card). "Atribut id card ini harus selalu melekat di petugas, kalau ada orang yang memakai pakaian seragam tapi tidak pakai atribut perlu diwaspadai," imbau Jauhari.

Menurutnya, id card menjadi pelengkap yang mutlak bagi petugas haji karena melalui id cad, jemaah dapat mengenali bahwa yang bersangkutan adalah petugas yang tergabung dalam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1440 H/2019M.

Jemaah juga diimbau agar selalu waspada ketika ada seseorang menawarkan jasa penitipan barang dan jemaah disarankan untuk tidak keluar hotel sendirian. "Ketika sendirian, akan menjadi sasaran orang-orang yang akan melakukan niat jahat," imbuhnya.

Begitu juga dengan perhiasan, ia mengimbau jemaah haji agar tidak menggunakan perhiasan yang mengundang terjadinya kejahatan. "Lebih baik, perhiasannya disimpan saja," terangnya.

Disinggung soal pemberangkatan ke Makkah, Jauhari mengatakan, dari agenda yang ada dilakukan pada tanggal 14 Juli mendatang. Adapun jemaah haji yang pertama diberangkatkan adalah jamaah haji yang tergabung dalam embarkasi Surabaya kloter 1 (SUB 1), embarkasi Batam kloter 1 (BTH 1) dan jemaah dari embarkasi Batam kloter 2 (BTH 2).

Akhmad Jauhari mengatakan bahwa jemaah dari 3 kloter tersebut akan diberangkatan menuju kota Makkah Al Mukaramah setelah menyelesaikan salat arbain dan melaksanakan ziarah ke situs-situs bersejarah di kota Madinah Al Munawarah.

"Persiapan selanjutnya adalah penyiapan dokumen, dokumen (paspor-red) yang selama ini disimpan oleh muassasah, H-3 pemberangkatan harus dilakukan pengecekan dokumen," ujar Jauhari.

Hal ini dilakukan agar seluruh dokumen jemaah haji embarkasi SUB 1 dan BTH 1 dan 2 sudah lengkap dan dikelompokkan sesuai rombongan. "Kalau ada satu jemaah yang dokumennya belum siap maka jemaah itu tidak bisa diberangkatkan pada hari tersebut," imbuh Jauhari.

Ia menambahkan bahwa pengecekan dokumen dilakukan di kantor muassasah adillah oleh para ketua kloter, dan didampingi PPIH. Terkait penyiapan transportasi untuk tiga hari pertama pemberangkatan jemaah haji Indonesia ke Makkah, PPIH Arab Saudi telah berkoordinasi dengan pihak naqobah terkait jumlah bis yg akan digunakan untuk mengangkut jemah.

Jauhari juga mengatakan bahwa dalam proses pemberangkatan jemaah dari Madinah ke Makkah, pihaknya senantiasa berkoordinasi dengan daerah kerja Makkah. "Agar teman-teman di Makkah sudah bisa melakukan (persiapan, red) penyambutan," pungkasnya. (ful/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Lima Tahun, Angka Stunting atau Kekerdilan pada Anak Turun

Lima Tahun, Angka Stunting atau Kekerdilan pada Anak Turun

Angka stunting atau kekerdilan pada anak di Indonesia turun 3,1 persen dari tahun sebelumnya.


Lima Tahun Bertugas, JK 601 Kali Pidato

Lima Tahun Bertugas, JK 601 Kali Pidato

Wakil presiden Jusuf Kalla (JK), Jumat (18/10) kemarin, melaksanakan tugas terakhirnya sebagai RI-2. Pada Minggu (20/10) lusa, JK akan meletakkan jabatannya.


Daftar Dewan HAM PBB, Indonesia Bersaing dengan Tiga Negara

Daftar Dewan HAM PBB, Indonesia Bersaing dengan Tiga Negara

Indonesia akan bersaing dengan tiga negara dalam emungutan suara pencalonan Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).


Penderita Gangguan Jiwa akibat Game Online di Indonesia Meningkat

Penderita Gangguan Jiwa akibat Game Online di Indonesia Meningkat

Korban yang mengalami gangguan jiwa akibat game online bertambah banyak. Kasus terakhir terungkap di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.


UU KPK Revisi Mulai Berlaku, KPK Dihabisi saat Era Jokowi

UU KPK Revisi Mulai Berlaku, KPK Dihabisi saat Era Jokowi

Revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU KPK) resmi berlaku, Kamis (17/10) kemarin.


74,6 Persen Publik Tak Setuju Gerindra Merapat ke Kubu Jokowi

74,6 Persen Publik Tak Setuju Gerindra Merapat ke Kubu Jokowi

74,6 persen publik justru tidak setuju Gerindra merapat ke kubu Joko Widodo. Setidaknya itu tergambar dari hasil survei Parameter Politik Indonesia.


Siap-siap, Minggu Depan Pendaftaran CPNS Sudah Dibuka

Siap-siap, Minggu Depan Pendaftaran CPNS Sudah Dibuka

Pengumuman penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 akan dibuka pekan depan.


Tak Juga Diteken Jokowi, UU KPK Otomatis Mulai Berlaku Hari Ini

Tak Juga Diteken Jokowi, UU KPK Otomatis Mulai Berlaku Hari Ini

UU KPK hasil revisi mulai berlaku hari ini, Kamis (17/10). Tepat 30 hari setelah disahkan oleh DPR RI.


Larangan Demo saat Pelantikan Presiden Ditentang

Larangan Demo saat Pelantikan Presiden Ditentang

Polri melarang aksi demonstrasi jelang pelantikan Presiden dan wakil Presiden terpilih, Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Gedung DPR/MPR RI, Minggu (20/10).


Mahasiswa Diimbau Tak Turun ke Jalan saat 20 Oktober

Mahasiswa Diimbau Tak Turun ke Jalan saat 20 Oktober

Sejumlah mahasiswa yang terkumpul dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI), rencananya akan kembali turun berdemonstrasi menjelang pelantikan



Berita Hari Ini

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!