Nasional
Share this on:

Mudik ke Semarang? Tak Perlu Lagi Keluar di Brexit

  • Mudik ke Semarang? Tak Perlu Lagi Keluar di Brexit
  • Mudik ke Semarang? Tak Perlu Lagi Keluar di Brexit

PEMALANG - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Menargetkan sebagian ruas tol Pemalang-Batang yang masih dalam tahap pembangunan bisa dilalui pemudik pada Lebaran tahun 2018.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menargetkan pada bulan Mei 2018, seksi 3 dan 4 Jalan Tol Pejagan-Pemalang sepanjang 37 km dari Brebes Timur hingga Pemalang bisa beroperasi.

Dengan demikian, Basuki berharap pada mudik Lebaran 2018, pemudik yang ke arah Semarang tidak lagi keluar Pintu Tol Brebes Timur atau yang lebih dikenal dengan Brebes Exit (Brexit). Pemudik bisa meneruskan ke ruas tol Pemalang-Semarang.

”Ruas sepanjang 114,2 km akan dibuka. Namun sifatnya fungsional atau belum dikenakan tarif tol,” kata Basuki kemarin (15/4).

Basuki menjelaskan, di periode mudik tahun ini tidak ada lagi jalur darurat. Berdasar peninjauannya langsung, kondisi jalan yang fungsional sudah berada dalam kondisi perkerasan beton atau aspal yang kualitasnya lebih baik dari lean concrete.

Ruas tol Pemalang-Batang memiliki panjang total 39,2 km. Demi kepentingan mudik, PUPR telah melakukan percepatan pada seksi 1 Pemalang-Pekalongan sepanjang 17 km yang menjadi titik kritis di ruas tersebut. Kondisi tanah yang lunak diatasi pengerjaannya menggunakan teknologi Vacuum Consolidation Method (VCM).

Percepatan dilakukan dengan meningkatkan intensitas pekerjaan penimbunan tanah dari semula 5 ribu meter kubik per hari, menjadi sebanyak 20 ribu meter kubik per hari. Ruas yang sudah selesai ditimbun dilanjutkan penghamparan batu agregat.

”Pertengahan Mei sudah bisa dimulai pengaspalan dan akan selesai dalam dua minggu. Saya akan melakukan pengecekan pada awal Mei 2018,” ujar Basuki.

Hingga saat ini Jalan Tol Batang-Semarang sepanjang 75 km masih dalam proses pembangunan dengan progres konstruksi 75,4 persen. Saat meninjau pembangunan Jembatan Kali Kuto yang menjadi titik kritis di ruas tersebut, Basuki optimis akan bisa dilalui pada mudik Lebaran nanti.

Kecepatan pembangunan salah satunya terlihat dari pembangunan rangka jembatan. Basuki mengatakan, terakhir kali berkunjung setengah bulan lalu, bangunan bawah jembatan belum naik. ”Sekarang sudah berdiri dan minggu ke-3 April akan dimulai pemasangan rangka baja pelengkung jembatannya. Sehingga saya lebih optimis bisa digunakan saat mudik nanti,” kata Menteri Basuki.

Jalan tol Pemalang-Batang dan Batang-Semarang merupakan rangkaian tol Trans Jawa yang ditargetkan bisa tersambung mulai dari pelabuhan Merak di ujung Barat hingga Banyuwangi di ujung timur pada akhir 2019 sesuai arahan Presiden Joko Widodo saat meresmikan Tol Ngawi-Wilangan, 29 Maret 2018 lalu. (tau/zul)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Percepat Revisi UU Perkawinan
Percepat Revisi UU Perkawinan

Berita Sejenis

Arus Mudik Semakin Landai

Arus Mudik Semakin Landai

Mendekati hari H lebaran, arus mudik masih terus terjadi. Di beberapa moda transportasi, jumlah pemudik semakin sedikit.


Pemudik Roda Dua dan Pribadi Turun

Pemudik Roda Dua dan Pribadi Turun

Puncak arus mudik pertama yang diperkirakan Kementerian Perhubungan bisa dianggap lancar. Jumlah pemudik dengan kendaraan roda dua pun berkurang.


Jalan Tol Semarang-Solo Satu Tarif

Jalan Tol Semarang-Solo Satu Tarif

Kementerian PUPR dan PT Jasa Marga telah sepakat menetapkan tarif tunggal untuk Jalan Tol Semarang-Solo seksi A, B, dan C.


Mobil Dinas Dilarang Buat Mudik

Mobil Dinas Dilarang Buat Mudik

Bagi aparatur sipil negara (ASN) yang ingin menggunakan kendaraan dinas untuk mudik Lebaran, tampaknya, harus mengurungkan niatnya.


Bos First Travel Divonis Maksimal

Bos First Travel Divonis Maksimal

Seolah air matanya telah mengering, tak ada raut sedih yang berlebihan dari Anniesa Hasibuan dan dua terdakwa kasus penipuan haji dan umroh lainnya


Waspadai Bencana Gunung Meletus saat Mudik

Waspadai Bencana Gunung Meletus saat Mudik

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) meminta semua pihak mewaspadai ancaman bencana geologi pada periode mudik nanti.


Merapi Erupsi Lagi, 10 Desa Mulai Dikosongkan

Merapi Erupsi Lagi, 10 Desa Mulai Dikosongkan

Aktivitas letusan freatik Gunung Merapi terus terjadi. Kemarin, sedikitnya dua kali muncul letusan.


Erupsi Lagi, Status Gunung Merapi Waspada

Erupsi Lagi, Status Gunung Merapi Waspada

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menaikan status Gunung Merapi dari normal menjadi waspada.


Mudik, Toilet di Rest Area Tol Gratis

Mudik, Toilet di Rest Area Tol Gratis

Untuk menghindari tumpukan dan antrian di rest area, PT Jasa Marga telah menyiapkan pengaturan khusus yakni menejemen lalu lintas di dalam rest area.


Mengaku Kalah, Najib Tak Beri Selamat

Mengaku Kalah, Najib Tak Beri Selamat

Angin perubahan itu bernama Pilihan Raya Umum (PRU) 14.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!