Nasional
Share this on:

MUI Berharap Urusan Diplomasi Ditangani Kemenlu

  • MUI Berharap Urusan Diplomasi Ditangani Kemenlu
  • MUI Berharap Urusan Diplomasi Ditangani Kemenlu

Yahya Cholil Staquf.

JAKARTA - Kunjungan Yahya Cholil Staquf, yang notabene anggota Wantimpres Presiden Joko Widodo, ke Israel terus menjadi sorotan. Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyebut kalau kunjungan itu berniat membawa misi diplomasi sebaiknya dikoordinasikan dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

Ketua Umum MUI Ma'ruf Amin menegaskan bahwa kehadiran Yahya ke Israel atas nama pribadi. "Tidak ada kaitannya dengan MUI. Kemudian juga sudah diklarifikasi tidak atas nama PBNU," kata Ma'ruf di Jakarta kemarin (12/6).

Untuk itu Ma'ruf menegaskan kehadiran Yahya ke Israel itu inisiatif sendiri dan tanggung jawab pribadi. Namun Ma'ruf mengatakan keberangkatan Yahya itu harus dilihat seberapa jauh berpengaruh pada upaya diplomasi Kemenlu memperjuangkan kemerdekaan Palestina maupun mengembalikan Yerusalem sebagai ibukota Palestina. "Atau malah mengganggu (upaya diplomasi Kemenlu, Red)," tuturnya.

Namun Ma'ruf menegaskan bukan tugas MUI untuk menggali lebih jauh maksud kedatangan Yahya ke Israel itu. Dia mengatakan MUI juga sama sekali tidak punya hak untuk menindak Yahya.

Selain itu Ma'ruf juga mengomentari larangan bagi WNI untuk berkunjung ke Israel. Dia menegaskan baik Indonesia maupun Israel sangat wajar salinf melarang kedatangan ke negara masing-masing. Yang jadi persoalan adalah menurut Ma'ruf adalah, orang Indonesia itu mau berkunjung ke Yerusalem.

"Yerusalem sebagai ibukota Palestina. Tidak ada kaitannya sama sekali dengan kunjungan ke Israel. Kok dilarang," jelasnya.

Untuk itu secepatnya Indonesia atau internasional untuk berupaya mengembalikan kembali Yerusalem sebagai ibukota Palestina. Sehingga warga negara Indonesia bisa berkunjung ke sana untuk ziarah.

Terpisah, Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani mengatakan, setiap warga Indonesia yang datang ke forum internasional harus menjadi wakil Indonesia. Hal itu juga berlaku bagi Yahya yang akan berkunjung ke Israel.

“Apapun yang disampaikan di dunia internasional harus mewakili rakyat Indonesia,” tegas dia saat ditemui usai melepas kegiatan mudik gratis di kantor DPP PDIP Jalan Lenteng Agung kemarin (12/6).

Dia berharap Yahya menyampaikan sikap Indonesia, tentang pancasila, dan Undang-Undang 1945. Sebagai bangsa Indonesia, dia berkewajiban membela Indonesia. “Di mana pun dia berada,” terang politikus PDI Perjuangan itu.

Terkait dengan kedatangan Yahya ke Israel yang akan menyakiti umat Islam Indonesia dan Palestina? Puan enggan berkomentar soal kemungkinan tersebut. Dia khawatir akan membuat gaduh jika mengomentari masalah tersebut. Intinya, Yahya datang sebagai wakil Indonesia dan harus bersikap sebagai delegasi Indonesia. (wan/lum/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

MUI Sebut Poligami Adalah Syariat Islam

MUI Sebut Poligami Adalah Syariat Islam

Pernyataan Komisioner Komnas Perempuan Imam Nahe’i bahwa poligami bukan ajaran Islam memantik reaksi Majelis Ulama Indonesia (MUI).


Nuril Berharap Terima Putusan Kasasi Pekan Ini

Nuril Berharap Terima Putusan Kasasi Pekan Ini

Salinan putusan kasasi Mahkamah Agung (MA) terhadap Baiq Nuril Maknun diharapkan keluar pekan ini.


Kemenlu Berharap Bukan WNI

Kemenlu Berharap Bukan WNI

Beredar kabar bahwa dua warga negara Indonesia (WNI) menjadi korban penculikan di perairan Semporna, Sabah, Malaysia.


Vaksin MR Haram tapi Diperbolehkan

Vaksin MR Haram tapi Diperbolehkan

Setelah menggelar rapat selama dua jam, tadi malam pukul 22.00 Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa terkait vaksin measles-rubella (MR).


Kemenlu Tetap Beri Bantuan Hukum

Kemenlu Tetap Beri Bantuan Hukum

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) terus memantau kasus penggerebekan 116 WNI di Arab Saudi.


Keluarga Berharap Ba’asyir Bisa Dirawat di Rumah

Keluarga Berharap Ba’asyir Bisa Dirawat di Rumah

Pemerintah berencana memindahkan lokasi pemidanaan terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba’asyir.


Malaysia Minta Indonesia Tak Hentikan Pengiriman TKI

Malaysia Minta Indonesia Tak Hentikan Pengiriman TKI

Pemerintah Malaysia berharap kepada Indonesia untuk tidak memoratorium pengiriman pekerja migran ke Malaysia.


MUI Tidak Ingin Penganiayaan Ulama Terulang

MUI Tidak Ingin Penganiayaan Ulama Terulang

Aksi teror berupa penganiayaan kepada sejumlah ulama di beberapa daerah membuat Majelis Ulama Indonesia (MUI) bersikap.


Soal KTP Penghayat Kepercayaan, MUI Hormati Putusan MK

Soal KTP Penghayat Kepercayaan, MUI Hormati Putusan MK

Dewan Pimpinan MUI masih menyesalkan putusan MK Nomor Perkara 97/PPU-XIV/2016 berkaitan dengan pencantuman kolom penghayat kepercayaan dalam e-KTP.


Penolakan Ustad Somad Diserahkan ke Kemenlu

Penolakan Ustad Somad Diserahkan ke Kemenlu

Ustad Abdul Somad saat ini sedang menjadi tren dan jadi buah bibir.



Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!