Nasional
Share this on:

Naik KA Tak Perlu Check-In di Stasiun

  • Naik KA Tak Perlu Check-In di Stasiun
  • Naik KA Tak Perlu Check-In di Stasiun

JAKARTA - Calon penumpang kini makin dimudahkan naik kereta api. Tak perlu check-in di stasiun, konsumen tinggal memanfaatkan e-boarding pass dari aplikasi baru PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang sudah bisa dinikmati sejak Oktober ini.

”Diluncurkan sejak awal Oktober dan bisa diakses di seluruh Indonesia,” tutur VP Public Relations PT KAI Agus Komarudin.

Sebelumnya, PT KAI telah memiliki aplikasi KAI Access untuk melihat jadwal kereta dan memesan tiket. E-boarding pass pun dapat dinikmati dengan aplikasi tersebut, namun harus mengunduh versi terbaru. ”Jadi penumpang harus mengunduh KAI Access dulu,” jelas Agus.

Dengan menggunakan e-boarding pass, penumpang akan menghemat waktu banyak. Sebab, penumpang tak perlu antre di mesin check-in. Proses check-in bisa dilakukan di luar stasiun, dua jam sebelum berangkat. Boarding pass pun tak perlu dicetak lagi. Setelah melakukan check-in, penumpang akan memperoleh e-ticket.

Untuk pembatalan, penumpang harus datang ke stasiun. Jika penumpang tidak berada di stasiun keberangkatan maka e-ticket akan dijadikan bukti transaksi untuk selanjutnya dilakukan pembatalan atau ubah jadwal. Hal tersebut juga berlaku bagi penumpang yang akan mengubah jadwal atau membatalkan perjalanan seminggu sebelum keberangkatan.

Ketika sudah mendekati hari pemberangkatan, e-ticket diproses menjadi boarding pass di check-in counter. Selanjutnya proses pembatalan atau perubahan jadwal bisa dilakukan.

”Jika sudah masuk dalam periode 2 jam sebelum berangkat, e-ticket diproses menjadi e-boarding. Kemudian e-boarding diprint, baru bisa dilakukan pembatalan,” jelasnya.

Tidak hanya untuk urusan tiket, e-boarding ini juga bisa digunakan untuk memesan makanan. Ke depan, e-boarding bisa juga untuk memesan taksi dan porter. Sehingga penumpang bisa dimudahkan saat akan ke stasiun atau keluar stasiun.

Kini pihak menejemen PT KAI tengah bernegosiasi dengan beberapa penyedia layanan taksi. ”Sedang kita godok untuk taksi konvensional maupun transportasi online,” terangnya. E-boarding pass berlaku di seluruh stasiun di Jawa dan Sumatera. (lyn/oki/jpnn)

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!