Nasional
Share this on:

Operasionalisasi Truk di Tol Dibatasi selama Mudik Lebaran

  • Operasionalisasi Truk di Tol Dibatasi selama Mudik Lebaran
  • Operasionalisasi Truk di Tol Dibatasi selama Mudik Lebaran

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemhub) akan membatasi angkutan truk yang melintasi jalan tol pada saat puncak Mudik Lebaran 2019 ini. Pembatasan tersebut berlaku di seluruh ruas jalan tol dan ruas jalan nasional di Indonesia.

Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 37 tahun 2019 tentang Pengaturan Lalu Lintas Pada Masa Angkutan Lebaran Tahun 2019, pembatasan operasional berlaku terhadap mobil barang dan menutup unit pelaksana penimbangan kendaraan bermotor. Beleid ini ditetapkan di Jakarta oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi mengatakan, kendaraan yang dibatasi meliputi, mobil barang dengan sumbu tiga atau lebih, mobil barang dengan kereta tempelan dan kereta gandengan. Pembatasan ini berlaku di ruas jalan tol dan ruas jalan nasional seluruh Indonesia.

"Ini yang digunakan untuk mengangkut bahan tanah, pasir, dan batu, bahan tambang, dan bahan bangunan," kata Budi, Selasa (21/5) kemarin.

Pembatasan berlaku mulai 30 Mei 2019 pukul 00.00 WIB sampai 2 Juni 2019 pukul 24.00 WIB. Kemudian pada 8 Juni 2019 mulai pukul 00.00 WIB sampai 10 Juni 2019 pukul 24.00 WIB.

Selain itu, Kemenhub juga menutup unit pelaksana penimbangan kendaraan bermotor mulai 29 Mei 2019 pukul 00.00 WIB sampai 12 Juni 2019 pukul 24.00 WIB. Penutupan unit penimbangan berlaku di seluruh Pulau Jawa, Pulau bali, dan Provinsi Lampung.

"Pembatasan operasional dikecualikan untuk mobil barang pengangkut sepeda motor dalam mudik dan balik gratis pengangkutan lebaran, pengangkut bahan bakar minyak atau bahan bakar gas," tuturnya.

Selain itu, pengecualian itu juga mencakup barang ekspor dan impor dari dan ke pelabuhan, air minum dalam kemasan, ternak, pupuk, pos dan uang, serta bahan utama. Mobil barang pengangkut tersebut harus dilengkapi dengan surat muatan yang diterbitkan oleh pemilik barang yang diangkut.

Sementara itu terkait penutupan UPPKB dimulai tanggal 29 Mei pukul 00.00 WIB hingga dengan 12 Juni pukul 24.00 WIB. General Manager Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek, Raddy R Lukman, mengatakan, kendaraan yang melintasi GT Cikarang Utama akan mencapai puncaknya pada H-5 Lebaran atau Jumat 31 Mei 2019.

"Volumenya sekitar 125.000 kendaraan. Lebih banyak ketimbang tahun lalu sekitar 130.000-an kendaraan. Tapi, tahun ini tidak ada transaksi di GT Cikarang Utama," kata Raddy.

Sementara pada puncak balik H+3 Minggu 9 Juni 2019, GT Cikarang Utama akan dilintasi 150.000 kendaraan. Adapun volume kendaraan yang melewati GT Cikampek Utama di KM 70 pada periode puncak mudik diprediksi mencapai 90.000 unit.

Hal ini seiring berlakunya sistem one way, yang memungkinkan terjadinya "pemecahan" kepadatan ke dua arah, Bandung dan Cirebon.

Menurut Raddy, dengan rencana tersebut, kapasitas gardu tol yang ada saat ini kurang mencukupi. Apalagi dengan adanya pekerjaan konstruksi yang mengakibatkan jumlah gardu tol di GT Cikarang Utama semakin berkurang.

Dengan begitu, pemerintah memindahkan GT Cikarang Utama ke GT Cikampek Utama di KM 70 dan GT Kalihurip Utama di KM 67. Hal itu dilakukan untuk memisahkan pergerakan kendaraan yang akan menuju wilayah timur Jawa dan Bandung. (der/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Jalan di Depan MK Mulai Ditutup

Jalan di Depan MK Mulai Ditutup

Jalan Medan Merdeka Barat Jakarta Pusat di depan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) ditutup selama berlangsungnya rapat hakim MK, mulai Senin (24/6) kemarin.


Tol Jakarta-Cikampek 2 Mulai Dibangun

Tol Jakarta-Cikampek 2 Mulai Dibangun

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan (Japek 2) mulai dibangun tahun ini.


Korlantas Minta Rentang Waktu Arus Mudik dan Balik Seimbang

Korlantas Minta Rentang Waktu Arus Mudik dan Balik Seimbang

Jumlah kecelakaan lalulintas selama Operasi Ketupat 2019 turun 65 persen. Demikian juga jumlah korban jiwa yang turun hingga 63 persen.


Penumpang yang Sebabkan Kecelakaan Maut di Tol Cipali Diperiksa intensif

Penumpang yang Sebabkan Kecelakaan Maut di Tol Cipali Diperiksa intensif

Kecelakaan maut terjadi di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Senin (17/6) sekitar pukul 01.00 WIB.


KPU Jawab Tudingan Kecurangan

KPU Jawab Tudingan Kecurangan

Dugaan kecurangan selama penyelenggaraan pemilu yang dituduhkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dibantah.


Pusat Pelototi Absensi ASN di Daerah

Pusat Pelototi Absensi ASN di Daerah

Hari pertama masuk kerja pasca libur lebaran, Kemenpan RB Syafruddin memantau kehadiran ASN secara online.


Baru 720 Kendaraan yang Kembali ke Jakarta

Baru 720 Kendaraan yang Kembali ke Jakarta

Sudah 720 ribu kendaraan kembali ke Jakarta melalui Tol Trans Jawa hingga H+3 arus balik Lebaran, Minggu (9/6) lalu.


Puncak Arus Balik, 160 Ribu Mobil Lintasi Tol Merak-Tangerang

Puncak Arus Balik, 160 Ribu Mobil Lintasi Tol Merak-Tangerang

Sebanyak 160 ribu kendaraan diprediksi melintasi tol Merak-Tangerang yang akan mengarah ke Jakarta pada puncak arus balik Lebaran 2019, Minggu (9/6) kemarin.


Angka Kecelakaan Arus Mudik 2019 Turun 61 Persen

Angka Kecelakaan Arus Mudik 2019 Turun 61 Persen

Angka kecelakaan arus mudik Lebaran 2019 atau Hari Raya Idul Fitri 1440 H hingga H-3 atau Minggu (2/6) turun 61 persen dibanding tahun sebelumnya.


Hari Ini One Way Dihentikan, Dilanjutkan saat Arus Balik Nanti

Hari Ini One Way Dihentikan, Dilanjutkan saat Arus Balik Nanti

Mulai hari ini (4/6), skema rekayasa one way di Jalan Tol Trans Jawa sepanjang 400 kilometer resmi dihentikan.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!