Nasional
Share this on:

Optimis Salip Malaysia Tahun Depan

  • Optimis Salip Malaysia Tahun Depan
  • Optimis Salip Malaysia Tahun Depan

JAKARTA - Jumlah publikasi internasional Indonesia tahun ini mengalami peningkatan signifikan. Bahkan dari sisi jumlah, publikasi internasional Indonesia sepanjang 2018 berada di urutan kedua di ASEAN. Indonesia optimis bisa mengalahkan publikasi Malaysia tahun depan.

Ditemui di sela penganugrahan Sinta Awards di kantor Kemenristekdikti tadi malam, Menristekdikti Mohamad Nasir mengatakan saat ini jumlah publilasi internasional Indonesia sudah berjumlah 12.260-an judul. ''Lebih baik dari Singapura yang diurutan ketiga dengan jumlah publikasi sepuluh ribuan,'' katanya.

Nasir menjelaskan saat ini posisi Indonesia masih kalah dibandingkan dengan Malaysia. Dia menjelaskan publikasi internaisonal Malaysia saat ini mencapai 12.400-an. Menurutnya selisih jumlah publikasi Indonesia dengan Malaysia tidak begitu besar. Sehingga dia optmistis tahun depan bisa mengejarnya.

Menurut Nasir saat ini atmosfer atau iklim akademik di perguruan tinggi sudah baik. Dia mengakui bahwa untuk awalan, kegiatan publikasi internasional itu harus dipaksa terlebih dahulu. Bahkan kewajiban membuat publikasi internasional itu sempat menuai penolakan dari kalangan guru besar kampus negeri maupun swasta.

Dia mengatakan sampai saat ini suara penolakan untuk menerbitkan publikasi internasional masih ada. Tetapi jumlah suara penolakan sudah tidak sebesar tahun lalu. Itu artinya, kata Nasir, kalangan akademisi sudah mulai menerima kewajiban membuat publikasi tersebut.

Nasir mengakui saati ini konsentrasi Kemenristekdikti adalah memperbanyak kuantitas penerbitan dahulu. Upaya berikutnya adalah meningkatkan kualitas publikasi yang sudah diterbitkan. ''Kita ingin kualitas publikasi internasional dari Indonesia kualitasnya juga mendunia,'' jelasnya.

Selanjutnya setelah urusan kualitas publikasi Indonesia meningkat, Nasir menjelaskan harus ada yang diteruskan hingga muncul sebuah karya inovasi. Dia mengatakan Kemenristekdikti siap memfasilitasi pertemuan atau kerjasama antara inovator dengan pemilik modal atau investor.

Lebih lanjur Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan (Risbang) Kemenristekdikti Muhammad Dimyati mengatakan data hingga 22 Juni 2018 berjumlah 12.233 judul. Posisi Indonesia di bawah Malaysia yang mencatatkan jumlah publikasi sebanyak 12.492 judul. Indonesia berhasil mengalahkan Singapura yang mencatatkan publikasi sebanyak 9.543 judul.

Menurut Dimyati publikasi ilmiah merupakan wujud pertanggungjawaban sebuah kegiatan penelitian. Dia berharap dengan sekain banyak publikasi internasional itu, kegiatan penelitian di Indonesia semakin dikenal dunia. (wan/jpg)

Berita Sebelumnya

Kominfo Blokir Aplikasi Tik Tok
Kominfo Blokir Aplikasi Tik Tok

Berita Berikutnya

Jokowi Temui Pimpinan KPK
Jokowi Temui Pimpinan KPK

Berita Sejenis

Jumlah Formasi CPNS diputuskan Pekan Depan

Jumlah Formasi CPNS diputuskan Pekan Depan

Teka-teki terkait formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dibuka pada tahun ini akan segera diketahui.


Tahun Ini Tidak Ada APBN Perubahan

Tahun Ini Tidak Ada APBN Perubahan

Pemerintahan memutuskan untuk tidak melakukan perubahan terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2018.


Bupati Kukar Divonis 10 Tahun

Bupati Kukar Divonis 10 Tahun

Bupati (nonaktif) Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari akhirnya divonis bersalah oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta, kemarin (6/7).


Fredrich Divonis Tujuh Tahun

Fredrich Divonis Tujuh Tahun

Karir Fredrich Yunadi sebagai advokat berujung di penjara.


Pemerintah Bersihkan Pejabat Nakal

Pemerintah Bersihkan Pejabat Nakal

Insiden KM Sinar Bangun di Danau Toba pekan lalu (18/6) masuk catatan buruk dalam arus mudik dan balik tahun ini.


Hampir Separuh Pemudik Sudah Kembali

Hampir Separuh Pemudik Sudah Kembali

Sekitar 48 persen pemudik tercatat telah kembali ke jakarta dan kota-kota besar lain pada H+5 lebaran tahun 2018.


Pelamar CPNS 2018 Diprediksi Tembus 10 Juta

Pelamar CPNS 2018 Diprediksi Tembus 10 Juta

Tahun ini pemerintah berencana kembali membuka rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) baru. Tapi hingga saat ini jadwal dan formasinya belum dilansir.


Untuk THR dan Gaji ke-13 PNS, Pemerintah Siapkan Rp35 Triliun

Untuk THR dan Gaji ke-13 PNS, Pemerintah Siapkan Rp35 Triliun

Lebaran tahun ini benar-benar memberi berkah bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan TNI/Polri. Baik yang masih aktif maupun yang sudah pensiun.


Alhamdulillah, Awal Puasa Tahun Ini Serempak

Alhamdulillah, Awal Puasa Tahun Ini Serempak

Seperti prediksi sebelumnya, tidak ada perbedaan dalam penetapan 1 Ramadan 1439 H/2018 M.


Nilai Turun tapi Asli

Nilai Turun tapi Asli

Nilai ujian nasional (Unas) SMA/SMK selalu turun dalam tiga tahun.



Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!