Nasional
Share this on:

Pasokan Listrik ke RS Sangat Minim

  • Pasokan Listrik ke RS Sangat Minim
  • Pasokan Listrik ke RS Sangat Minim

PALU - Kondisi rumah sakit (RS) sudah berangsur membaik. Tenda-tenda yang sebelumnya dibuat dari terpal kini sudah berganti tenda semipermanen milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementerian Sosial (Kemensos), dan TNI. Meski begitu, pasokan listrik di rumah sakit masih sangat minim.

Itu, antara lain, terlihat di RSUD Undata kemarin. Dua tenda sepanjang 20 meter menjadi ruang perawatan pasien korban gempa. Rumah sakit juga sudah memindah sebagian pasien ke ruang rawat inap di dalam gedung.

Nanang, seorang pasien, mengatakan bahwa RS sudah melakukan penanganan yang lebih baik. Itu dibandingkan dengan saat dia dirawat di RSUD Undata di awal-awal setelah terjadi gempa dan tsunami. Saat itu perawatan luka masih diberikan seadanya. ”Hanya diperban, tidak diberikan penanganan lebih,” jelas lelaki asal Gorontalo tersebut.

Perawatan mulai diberikan intensif sejak dia dirawat setelah dua hari. ”Sampai sekarang (kemarin, Red) pelayanan jadi lebih baik,” tutur lelaki yang mendapat 17 jahitan di kaki kirinya itu.

Dade Suherman juga merasakan pelayanan rumah sakit sudah lebih baik. Terutama makanan dan perawatan rutin sudah diberikan rumah sakit.

Nanang yang sehari-hari berjualan siomay di Pantai Talise, Kota Palu, itu hanya mengeluhkan ruang perawatan yang cukup panas. Maklum, Nanang menjalani perawatan di luar gedung RS. ”Kalau malam panas sekali,” jelasnya.

Koordinator IGD RSUD Undata Subhan mengatakan, pasokan obat untuk pasien sudah cukup. Saat ini yang menjadi kendala RS hanya ketersediaan listrik. Hingga kemarin, RSUD Undata masih mengandalkan genset untuk penerangan kala malam dan operasi pasien.

Genset tidak bisa berjalan maksimal karena jatah BBM yang kurang. Setiap hari penggunaan genset tidak bisa full 24 jam. Kondisi itu membuat pelayanan operasi yang dikerjakan tidak bisa maksimal. ”Kami tidak bisa melakukan operasi dengan cepat,” jelasnya. Subhan berharap permasalahan listrik bisa segera diatasi. Terutama dalam penyediaan BBM khusus rumah sakit sebelum listrik PLN benar-benar menyala.

Perbaikan pelayanan perawatan juga terlihat di RS Budi Mulya. Pasien yang sebelumnya berada di bawah tenda terpal dipindahkan ke tenda barak dengan berkasitas 20 orang.

RS Budi Agung sudah mendapat penerangan listrik dari PLN sejak Selasa. Meski begitu, aliran listriknya belum stabil. Kadang menyala. Kadang juga padam. ”Akhirnya kami tetap pakai genset,” jelas Alfian Sirupa, penanggung jawab layanan medis RS Budi Agung.

Selain kebutuhan listrik, pasokan obat juga masih kurang di RS Budi Agung. Terutama antibiotik yang sangat dibutuhkan bagi penanganan pasien luka terbuka dan penanganan patah tulang. (elo/c10/agm/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Listrik Mati Dua Kali, Penumpang Lion Air JT 568 Minta Turun

Listrik Mati Dua Kali, Penumpang Lion Air JT 568 Minta Turun

Penumpang pesawat Lion Air penerbangan JT 568 rute Jakarta-Jogjakarta mengalami masalah kelistrikan saat akan berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta.


Denda E-Tilang Pencabutan Listrik-Air Perlu Kajian

Denda E-Tilang Pencabutan Listrik-Air Perlu Kajian

Di tengah upaya Polri menerapkan elektronik tilang (e-tilang), muncul usulan adanya sanksi denda berupa pencabutan aliran listrik PLN dan air PDAM.


1,8 Juta Peserta SKD CPNS Hanya 8 % yang Lulus

1,8 Juta Peserta SKD CPNS Hanya 8 % yang Lulus

Di tengah polemik nilai ambang batas tes CPNS terlalu tinggi atau soal sangat sulit, pada kenyataannya yang lulus sedikit.


Tambahan Subsidi Listrik Diperkirakan Rp 30 Triliun

Tambahan Subsidi Listrik Diperkirakan Rp 30 Triliun

Pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat berdampak pada subsidi listrik.


Jatim-Bali Padam Selama Satu Jam

Jatim-Bali Padam Selama Satu Jam

Hampir sebagian besar wilayah Jawa Timur (Jatim) dan secara keseluruhan wilayah Bali mengalami pemadaman listrik total alias black out kemarin (5/9).


Situs Diretas, Data Pilkada Sempat Berubah

Situs Diretas, Data Pilkada Sempat Berubah

Serangan hacker terhadap situs KPU sangat gencar. Dampak dari tindakan para peretas itu, ada data Pilkada yang sempat berubah.


Penghasilan Minim, Ojol Tuntut Kenaikan Tarif

Penghasilan Minim, Ojol Tuntut Kenaikan Tarif

Aksi unjuk rasa yang dilakukan ribuan pengemudi ojek online (Ojol) di kawasan Monas kemarin (27/3) mendapat respon dari istana.


”Nyanyian” Setnov Dibantah Oka

”Nyanyian” Setnov Dibantah Oka

Menabrak tiang listrik. Benjolan sebesar bakpao. Menjadi beberapa sandiwara yang menyertai perjalanan Setya Novanto dari buron sampai menjadi terdakwa KPK.


Mega: Jokowi Capres, Pasti Metal

Mega: Jokowi Capres, Pasti Metal

Peta Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 semakin terang. Pertarungan head-to-head antara Jokowi dan Prabowo Subianto pada Pilpres 2014 sangat mungkin terulang.


Gugat Cerai, Kesabaran Ahok Habis setelah Tujuh Tahun

Gugat Cerai, Kesabaran Ahok Habis setelah Tujuh Tahun

Basuki Tjahaja Purnama sudah bersabar sangat lama. Selama tujuh tahun, dia menunggu istrinya, Veronica Tan, mengakhiri hubungan terlarang dengan Julianto Tio.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!