Nasional
Share this on:

Pasokan Listrik ke RS Sangat Minim

  • Pasokan Listrik ke RS Sangat Minim
  • Pasokan Listrik ke RS Sangat Minim

PALU - Kondisi rumah sakit (RS) sudah berangsur membaik. Tenda-tenda yang sebelumnya dibuat dari terpal kini sudah berganti tenda semipermanen milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementerian Sosial (Kemensos), dan TNI. Meski begitu, pasokan listrik di rumah sakit masih sangat minim.

Itu, antara lain, terlihat di RSUD Undata kemarin. Dua tenda sepanjang 20 meter menjadi ruang perawatan pasien korban gempa. Rumah sakit juga sudah memindah sebagian pasien ke ruang rawat inap di dalam gedung.

Nanang, seorang pasien, mengatakan bahwa RS sudah melakukan penanganan yang lebih baik. Itu dibandingkan dengan saat dia dirawat di RSUD Undata di awal-awal setelah terjadi gempa dan tsunami. Saat itu perawatan luka masih diberikan seadanya. ”Hanya diperban, tidak diberikan penanganan lebih,” jelas lelaki asal Gorontalo tersebut.

Perawatan mulai diberikan intensif sejak dia dirawat setelah dua hari. ”Sampai sekarang (kemarin, Red) pelayanan jadi lebih baik,” tutur lelaki yang mendapat 17 jahitan di kaki kirinya itu.

Dade Suherman juga merasakan pelayanan rumah sakit sudah lebih baik. Terutama makanan dan perawatan rutin sudah diberikan rumah sakit.

Nanang yang sehari-hari berjualan siomay di Pantai Talise, Kota Palu, itu hanya mengeluhkan ruang perawatan yang cukup panas. Maklum, Nanang menjalani perawatan di luar gedung RS. ”Kalau malam panas sekali,” jelasnya.

Koordinator IGD RSUD Undata Subhan mengatakan, pasokan obat untuk pasien sudah cukup. Saat ini yang menjadi kendala RS hanya ketersediaan listrik. Hingga kemarin, RSUD Undata masih mengandalkan genset untuk penerangan kala malam dan operasi pasien.

Genset tidak bisa berjalan maksimal karena jatah BBM yang kurang. Setiap hari penggunaan genset tidak bisa full 24 jam. Kondisi itu membuat pelayanan operasi yang dikerjakan tidak bisa maksimal. ”Kami tidak bisa melakukan operasi dengan cepat,” jelasnya. Subhan berharap permasalahan listrik bisa segera diatasi. Terutama dalam penyediaan BBM khusus rumah sakit sebelum listrik PLN benar-benar menyala.

Perbaikan pelayanan perawatan juga terlihat di RS Budi Mulya. Pasien yang sebelumnya berada di bawah tenda terpal dipindahkan ke tenda barak dengan berkasitas 20 orang.

RS Budi Agung sudah mendapat penerangan listrik dari PLN sejak Selasa. Meski begitu, aliran listriknya belum stabil. Kadang menyala. Kadang juga padam. ”Akhirnya kami tetap pakai genset,” jelas Alfian Sirupa, penanggung jawab layanan medis RS Budi Agung.

Selain kebutuhan listrik, pasokan obat juga masih kurang di RS Budi Agung. Terutama antibiotik yang sangat dibutuhkan bagi penanganan pasien luka terbuka dan penanganan patah tulang. (elo/c10/agm/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Peluang RUU PKS Disahkan Sangat Kecil

Peluang RUU PKS Disahkan Sangat Kecil

Rancangan Undang Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) sampai saat ini masih menjadi perdebatan.


Stok Obat Langka, Indonesia Darurat Hepatitis C

Stok Obat Langka, Indonesia Darurat Hepatitis C

Stok obat penyakit Hepatitis C, langka sejak Januari 2019. Sementara kebutuhan sangat mendesak.


Sangat Memberatkan, Kenaikan Tarif BPJS Kesehatan Ditolak

Sangat Memberatkan, Kenaikan Tarif BPJS Kesehatan Ditolak

Kenaikan tarif Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan hingga 100 persen mendapat penolakan dari sejumlah elemen masyarakat.


Indonesia, Negara Penting untuk Cina

Indonesia, Negara Penting untuk Cina

Pemerintah Republik Rakyat Cina melihat, bahwa Indonesia sebagai negara yang sangat penting, dalam konteks kerja sama di berbagai bidang, terutama investasi.


Sejumlah Gedung Dibakar, Papua Masih Membara

Sejumlah Gedung Dibakar, Papua Masih Membara

Kondisi keamanan di Papua masih panas dan membara. Ini sangat berbeda dengan pernyataan Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto


Pilih Oposisi, Sikap PAN Dianggap Tepat

Pilih Oposisi, Sikap PAN Dianggap Tepat

Akhirnya terjawab. PAN memilih berjuang di luar pemerintahan. Langkah oposisi ini dinilai banyak kalangan sangat tepat.


Kaltim Juga Berpotensi Megathrust

Kaltim Juga Berpotensi Megathrust

Calon Ibukota Negara kabarnya akan berada di Kalimantan Timur (Kaltim). Wilayah ini ternyata berada di zona gempa yang masih sangat aktif.


30 Kabupaten Kota Dapat Potongan Tagihan Listrik

30 Kabupaten Kota Dapat Potongan Tagihan Listrik

PT PLN (Persero) menyatakan, akan memberikan kompensasi bagi pelanggan yang terkena pemadaman listrik 'berjamaah' pada Minggu (4/8) dan Senin (5/8) lalu.


10 Pimpinan MPR Tidak Efisien

10 Pimpinan MPR Tidak Efisien

Wacana menambah jumlah pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) menjadi 10 orang dinilai sangat tidak efisien.


UU Siber Jangan Tumpang Tindih

UU Siber Jangan Tumpang Tindih

Rancangan Undang-Undang (RUU) Keamanan dan Ketahanan Siber (Kamtansiber) dinilai sangat dibutuhkan. UU ini tidak bisa dianggap sepele.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!