Nasional
Share this on:

Patut Ditunggu, ke Mana Demokrat Akhirnya Berlabuh

  • Patut Ditunggu, ke Mana Demokrat Akhirnya Berlabuh
  • Patut Ditunggu, ke Mana Demokrat Akhirnya Berlabuh

JAKARTA - Partai Demokrat akan segera menentukan sikap politik pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) atas sengketa Pilpres 2019 yang menolak seluruh gugatan Prabowo-Sandiaga. Sekjen DPP Partai Demokrat Hinca Pandjaitan menyatakan peluit berakhirnya kompetisi Pemilu 2019 sudah dibunyikan. Artinya pertandingan sudah selesai.

"Saatnya kita saling berpelukan, bergandengan tangan, serta eratkan persaudaraan," tulis Hinca dalam akun Twitternya, Jumat (28/6).

Menurut Hinca, Partai Demokrat sejak kontestasi dimulai, tetap bersama Koalisi Adil Makmur. Namun, usai putusan MK dan penetapan presiden dan wapres terpilih oleh KPU pada Minggu (30/6) mendatang, Demokrat berhak menentukan jalan politiknya sendiri.

"Setelah Pilpres selesai, maka masing-masing partai punya kedaulatan untuk menentukan arah dan koalisi ke depan. Sampai saat ini memang belum diputuskan. Tapi, sikap Demokrat akan ditentukan dalam waktu dekat," papar Hinca.

Seperti diketahui, pada Kamis (27/6), MK telah mengeluarkan putusan terkait sengketa Pilpres 2019 yang menolak seluruh dalil gugatan Prabowo-Sandiaga. Dalam keterangan resminya, meski kecewa Prabowo dan Sandi akan mematuhi hasil putusan MK. Dia mengajak para pendukungnya untuk berbesar hati menerima hasil putusan MK.

Sementara itu, Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan Ketua Umum PDIP mendorong agar para pemimpin dan tokoh nasional membangun kembali semangat persaudaraan dan persatuan pasca pemilu 2019.

"Putusan MK telah menyelesaikan perselisihan hasil pemilu 2019. Kini saatnya, para pemimpin dan tokoh nasional bersatu kembali dan memberikan contoh teladan kepada masyarakat. Kalau dicermati pernyataan-pernyataan Ibu Megawati, nggak ada pernyataan yang negatif tentang Pak Prabowo," kata Hasto di Jakarta, Jumat (28/6).

Karena itu, Hasto meyakini bahwa para pemimpin dan tokoh nasional akan saling menghormati dan membangun persaudaraan satu sama lain. Hasto menegaskan, semangat persaudaraan ini harus dikembangkan di antara pemimpin dan bahkan diupayakan menjadi kultur kepemimpinan di Indonesia yang saling menjaga silaturrahmi dan persaudaraan.

"Putusan MK yang final dan mengikat. Semua upaya hukum sudah selesai. Kini, saatnya bersama-sama mempersiapkan diri untuk membangun bangsa dan negara," paparnya.

Hal senada disampaikan Calon Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin. Dia mengajak semua pihak menghormati keputusan MK. "Keputusan MK itu final dan mengikat. Saya mengajak elit politik, simpatisan maupun pendukung capres-cawapres untuk kembali mewujudkan kedamaian, memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa," kata Ma'ruf Amin di Komplek Pondok Pesantren An Nawawi Tanara, Kabupaten Serang, Banten, Jumat (28/6).

Dirinya akan bekerja keras setelah ditetapkan oleh KPU sebagai pasangan presiden dan wapres terpilih. "Pembangunan menjadikan skala prioritas yang harus diemban. Program pembangunan itu, di antaranya sektor ekonomi, penyerapan lapangan pekerjaan, pendidikan, kesehatan, pertanian, perkebunan, perikanan, pariwisata dan lainnya," jelasnya. (rh/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Caketum Golkar Harus Terbuka
Caketum Golkar Harus Terbuka

Berita Sejenis

Mina Akan Diperluas dengan Meratakan Gunung

Mina Akan Diperluas dengan Meratakan Gunung

Desakan Pemerintah Indonesia akhirnya didengar. Pemerintah Arab Saudi berencana memperluas kapasitas Mina pascamusim haji 2019.


Dua Relawan Akhirnya Rekonsiliasi

Dua Relawan Akhirnya Rekonsiliasi

Peringatan HUT Kemerdekaan ke-74 RI jadi momentum rekonsiliasi relawan 01 (TKN) dan 02 (BPN) di tingkat akar rumput.


Menteri Harus Profesional, Jangan dari Parpol

Menteri Harus Profesional, Jangan dari Parpol

residen Joko Widodo (Jokowi) akhirnya membocorkan komposisi kabinet periode 2019-2024.


Plh dan Plt Dilarang Rolling Pejabat

Plh dan Plt Dilarang Rolling Pejabat

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana akhirnya mengirimkan Surat Edaran (SE) Nomor 2/SE/VII 2019 tentang Kewenangan Pelaksana Harian (Plh) d


Pertemuan SBY-Jokowi Munculkan Spekulasi

Pertemuan SBY-Jokowi Munculkan Spekulasi

Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) disebut-sebut akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo.


Dikritik soal LHKPN, Pansel Capim KPK Melawan

Dikritik soal LHKPN, Pansel Capim KPK Melawan

Setelah terus dihujani kritik pedas terkait buruknya LHKPN bagi capim KPK, akhirnya Pansel KPK angkat bicara.


Debat Capim KPK Sudah Ditunggu

Debat Capim KPK Sudah Ditunggu

Rencana Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar debat publik bagi calon pemimpin lembaga antirasuah itu mendapat dukungan da


615 Rumah Sakit Turun Kelas

615 Rumah Sakit Turun Kelas

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akhirnya buka suara mengenai kisruh sejumlah rumah sakit yang mengalami penurunan kelas.


Demokrat Incar Posisi Ketua MPR

Demokrat Incar Posisi Ketua MPR

Upaya Partai Gerindra mengincar kursi pimpinan MPR masih kokoh.


Suku Bunga Akhirnya Turun Juga

Suku Bunga Akhirnya Turun Juga

Setelah bertahan sejak November 2018, Bank Indonesia memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuan BI 7-day Reverse Repo Rate (BI7DRR).



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!