Nasional
Share this on:

Pemerintah Klaim Jumlah TKA Masih Proporsional

  • Pemerintah Klaim Jumlah TKA Masih Proporsional
  • Pemerintah Klaim Jumlah TKA Masih Proporsional

JAKARTA - Pemerintah mengklaim kalau jumlah TKA (tenaga kerja asing) Indonesia masih berada di dalam taraf wajar. Tidak mencapai jutaan sebagaimana diisukan.

Di kawasan Indonesia Morowali Industrial Park, Sulawesi Tengah yang disebut-sebut menjadi markas TKA Tiongkok saja, lanjutnya, persentasenya masih kecil. Dari sekitar 28 ribu pekerja, TKA Tiongkok hanya sekitar 3 ribuan.

"Orang yang dibuka tenaga kerja lokalnya kan jauh lebih tinggi dibandingkan TKA,” ujarnya seteah melakukan jumpa pers dengan sejumlah wartawan yang berkunjung ke Morowali di Kantor Staf kepresidenan, Jakarta, kemarin (7/8).

Hanif menuturkan, sejumlah temuan yang sebelumnya disampaikan beberapa lembaga seperti Ombudsman sudah ditindaklanjuti. Bukan hanya oleh pengawas Kemenaker, melainkan juga dicek langsung oleh komisi IX dan satgas yang terdiri dari 24 kementerian/lembaga.

"Temuan dari teman wartawan yang berkunjung ke sana relatif tidak jauh berbeda dengan yang selama ini disampaikan Kemenaker," imbuhnya.

Kalaupun ditemukan TKA bekerja sebagai sopir, hal itu terpaksa dilakukan terhadap mobil-mobil yang memiliki desain setir di sebelah kiri. Di Morowali sendiri, lanjutnya, TKA masih digunakan sesuai dengan kebutuhan proyek.

Khususnya di posisi yang tidak bisa dilakukan oleh SDM lokal. Hanif memastikan jika selama ini proses transfer of knowledge terjadi di sana.

Terkait kenaikan jumlah TKA seperti yang terjadi di Jawa Tengah, Hanif membantah, jika itu sebagai dampak langsung dari disahkannya Perpres 20 tahun 2018 tentang penggunaan TKA. Dia menilai, peningkatan itu harus dilihat secara umum. Seperti pertumbuhan ekonomi atau penambahan lapangan kerja.

"Harus dilihat tenaga kerja lokalnya ada berapa. Kalau ngambil case Morowali kan jauh lebih besar lokal daripada asing," tuturnnya.

Hanif menambahkan, dari sisi keahlian, Indonesia sebetulnya memiliki tenaga yang ahli di berbagai bidang. Hanya saja, jumlahnya masih dibawah kebutuhan. Sebab, faktanya, dari 133 juta angkatan kerja yang ada, 60 persennya masih lulusan SD/SMP.

"Kita ada jagoan matematika, fisika, ngelas ada, bahkan kita selalu kirim untuk asian skill competition kita banyak juara. Tapi banyak gak?," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Staf Kepresidenan Jenderal Moeldoko berharap isu TKA tidak dimobilisasi untuk kepentingan politik. Sebab jika dilakukan, isu tersebut tidak akan selesai meski sudah disodorkan data riil lapangan.

Diakuinya, memang ada satu dua kasus TKA yang ilegal. Namun, pemerintah sudah menjalankan fungsinya dengan melakukan penangkapan. "Menaker menyiapkan tim pengawas bekerja dengan sungguh-sungguh," kata mantan Panglima TNI itu menambahkan. (far/ttg/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Akhir Tahun, 13 Tol Siap Beroperasi

Akhir Tahun, 13 Tol Siap Beroperasi

Pada akhir tahun 2018, 13 ruas Jalan Tol. Ruas-ruas baru tersebut masih lanjutan dari megaproyek Jalan Tol Trans Jawa dan Sumatera.


Tuntutan Tidak Dituruti, Guru Honorer Mau Mogok Lagi

Tuntutan Tidak Dituruti, Guru Honorer Mau Mogok Lagi

Merasa tuntutannya tidak dituruti pemerintah, mulai hari ini (15/10) guru hunorer kembali menggelar aksi mogok mengajar.


Peringkat Produktivitas Indonesia Kalah dari Malaysia dan Vietnam

Peringkat Produktivitas Indonesia Kalah dari Malaysia dan Vietnam

Indonesia masih berada pada peringkat yang gemuk dalam Indeks Modal Manusia (IMM) atau Human Capital Index (HCI).


Pertamina Tahu Rencana Kenaikan Harga Premium

Pertamina Tahu Rencana Kenaikan Harga Premium

Drama maju mundur kenaikan harga BBM (Bahan Bakar Minyak) jenis premium masih menuai sejumlah komentar.


Pemerintah Labil Kenaikan Harga BBM

Pemerintah Labil Kenaikan Harga BBM

Pemerintah plin-plan dalam menetapkan kebijakan kenaikan harga BBM (Bahan Bakar Umum) jenis premium.


PP 43/2018 Diteken, Pelapor Korupsi Bakal Dihadiahi Rp200 Juta

PP 43/2018 Diteken, Pelapor Korupsi Bakal Dihadiahi Rp200 Juta

Kabar baik bagi mereka yang getol membongkar skandal korupsi. Pemerintah bakal memberikan hadiah bagi masyarakat yang melaporkan kasus korupsi.


Besok, Operasi SAR Dihentikan

Besok, Operasi SAR Dihentikan

Pemerintah dan gabungan tim SAR besok (11/10) atau 13 hari pasca gempa dan tsunami yang melanda Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).


Pendaftaran CPNS Diperpanjang Himgga 15 Oktober

Pendaftaran CPNS Diperpanjang Himgga 15 Oktober

Pemerintah akhirnya menyikapi masih minimnya jumlah pendaftar CPNS baru tahun ini.


Tinggal Sepekan, Pendaftar CPNS Baru 284.740 Orang

Tinggal Sepekan, Pendaftar CPNS Baru 284.740 Orang

Masa pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) tinggal sepekan lagi. Namun, hingga kemarin belum ada peningkatan jumlah pelamar yang signifikan.


BBM di Palu Masih Langka

BBM di Palu Masih Langka

SPBU masih dipenuhi warga kemarin. Antrean panjang mengular dari warga tampak terlihat.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!