Nasional
Share this on:

Pencarian Empat Pekerja PT Istaka Karya Terus Berlanjut

  • Pencarian Empat Pekerja PT Istaka Karya Terus Berlanjut
  • Pencarian Empat Pekerja PT Istaka Karya Terus Berlanjut

JAKARTA - Sempat jeda saat Natal dan tahun baru, operasi pencarian empat pekerja PT Istaka Karya yang masih hilang dilanjutkan. TNI juga tengah menyiapkan prajurit untuk melanjutkan pembangunan jembatan di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua.

Baik yang bertugas melaksanakan pengamanan maupun pembangunan. Sebab, bisa jadi pekerjaan di lokasi tersebut harus dilanjutkan oleh aparat.

Hal itu disampaikan oleh Kapendam XVII/Cendrawasih Kolonel Infanteri Muhammad Aidi saat diwawancarai Jawa Pos kemarin (6/1). Dia menyampaikan bahwa jumlah prajurit TNI yang melaksanakan operasi pencarian pekerja PT Istaka Karya tidak dikurangi. ”Justru ada penambahan pasukan. Bukan pengurangan,” ungkap perwira menengah TNI AD yang biasa dipanggil Aidi itu.

Kodam XVII/Cendrawasih memang belum bisa memastikan kapan kelanjutan pembangunan jembatan dilaksanakan. Pasca serangan Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) perlu perhitungan lebih matang sebelum proyek itu dimulai kembali. Namun, Aidi menyebut, kelanjutan poyek tersebut bakal diputuskan dalam waktu dekat.

”Januari ini kami akan masukkan pasukan dalam rangka pembangunan jembatan itu,” terang dia.

Menurut Aidi, sejauh ini instansinya belum mendapat informasi apakah PT Istaka Karya akan kembali menempatkan pekerja mereka di lokasi proyek atau tidak. ”Saya belum tahu keputusan dari Jakarta,” jelasnya.

Yang pasti, instansinya sudah bersiap diri agar begitu pekerjaan kembali dimulai mereka bisa langsung membantu. Kalau pun PT Istaka Karya tidak menempatkan pekerja, dia memastikan TNI akan tetap bekerja.

Skema tersebut, sambung Aidi, pernah dilaksanakan ketika pekerja dari PT Modern yang tengah melaksanakan pembangunan Jalan Trans Papua di Kabupaten Puncak diserang oleh kelompok bersenjata. Lantaran tidak ada pekerja PT Modern yang dikirim untuk melanjutkan pembangunan, prajurit TNI yang bekerja. Namun, proyek tetap berada di bawah koordinasi PT Modern. ”Mungkin sama juga seperti itu,” ujarnya.

Berkaitan dengan operasi pencarian empat pekerja PT Istaka Karya yang masih dinyatakan hilang, Aidi menyebut, operasi itu bakal terus dilaksanakan. Bersamaan dengan operasi tersebut, TNI juga membagikan bantuan untuk masyarakat di Kabupaten Nduga.

”Masih akan kami kirim sembako ke sana,” terangnya. Serupa dengan para keluarga, aparat yang bertugas juga berharap besar empat pekerja itu masih hidup.

Menurut Aidi, aparat kesulitan mencari empat pekerja tersebut lantaran besar kemungkinan mereka berpindah-pindah tempat. Sejauh ini hanya informasi dari masyarakat yang dimiliki oleh petugas.

”Titik empat orang itu yang diperkirakan dari keterangan yang dihimpun,” terangnya. Selama masih ada harapan, dia memastikan TNI akan terus berusaha sebaik mungkin untuk menemukan mereka.

Hal serupa disampaikan oleh Danrem 172/Praja Wira Yakthi Kolonel Infanteri Jonathan Binsar Parluhutan Sianipar. Pria yang biasa dipanggil Binsar itu menyebut, pencarian bakal dilaksanakan sampai empat pekerja ditemukan.

”Kami berharap di awal Januari ini sudah mulai lagi. Sambil nanti kami akan memberikan bantuan kemanusiaan bersama dengan tim bantuan kemanusian yang dibentuk oleh provinsi dan Kabupaten Nduga,” beber dia.

Binsar juga menyebut, beberapa titik yang diduga kuat merupakan lokasi hilangnya empat pekerja PT Istaka Karya bakal kembali didatangi oleh timnya. ”Titiknya kami sudah tahu. Tinggal kami ke sana nanti,” jelasnya. Selama mereka belum melihat langsung kondisi empat pekerja tersebut, dia menegaskan bawah instansinya tetap mengganggap empat pekerja itu masih hilang atau belum bisa ditemukan. (syn/ali/zul)

Berita Sebelumnya


Berita Sejenis

Nonton Guguran Lava Pijar Merapi

Nonton Guguran Lava Pijar Merapi

Sejak Agustus lalu guguran lava pijar Gunung Merapi di perbatasan Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) dengan Jawa Tengah terus terjadi.


Kirim KRI Spica Cari CVR Lion Air PK-LQP

Kirim KRI Spica Cari CVR Lion Air PK-LQP

Pencarian cockpit voice recorder (CVR) Lion Air PK-LQP kembali dilaksanakan mulai, Selasa (8/1).


Polisi Miliki Data 145 Model-Artis Terlibat Prostitusi Online

Polisi Miliki Data 145 Model-Artis Terlibat Prostitusi Online

Kasus prostitusi yang melibatkan artis papan atas terus bergulir.


Aktivitas Kegempaan Indonesia Meningkat, 2018 Terjadi 11.577 Gempa

Aktivitas Kegempaan Indonesia Meningkat, 2018 Terjadi 11.577 Gempa

Tren Seismisitas di wilayah indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun.


Korban Tewas Tsunami Selat Sunda Tembus 400 Orang

Korban Tewas Tsunami Selat Sunda Tembus 400 Orang

Korban Tewas akibat tsunami di Selat Sunda pada sabtu malam (22/12) terus bertambah seiring masih terus dilakukannya operasi pencarian dan penyelamatan (SAR).


Enam Desa di Kecamatan Sumur, Pandeglang Masih Terisolasi

Enam Desa di Kecamatan Sumur, Pandeglang Masih Terisolasi

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan pencarian korban hilang dan penanganan korban luka bencana tsunami Selat Sunda menjadi prioritas.


Jakarta Surabaya Tersambung Tol, Tak Ada Penurunan Minat pada Moda Lain

Jakarta Surabaya Tersambung Tol, Tak Ada Penurunan Minat pada Moda Lain

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kemarin meninjau persiapan angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Stasiun Pasar Senen kemarin (21/12).


Sejumlah Orang Jadi Korban Buntut Penyerangan Polsek Ciracas

Sejumlah Orang Jadi Korban Buntut Penyerangan Polsek Ciracas

Polisi masih terus menyelidiki kasus perusakan dan penyerangan Mapolsek Ciracas pada Rabu dinihari (12/12).


Empat Pekerja Masih Belum Ditemukan

Empat Pekerja Masih Belum Ditemukan

Petugas gabungan TNI–Polri berhasil mengevakuasi satu jenazah korban aksi Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) dari Distrik Yigi ke Wamena.


Ketakutan, Empat Pekerja Nekat Terobos Hutan agar Selamat dari Pembantaian KKSB

Ketakutan, Empat Pekerja Nekat Terobos Hutan agar Selamat dari Pembantaian KKSB

Paulus Rizal Malaga (30) langsung pucat saat didatangi seorang perempuan paro baya.



Berita Hari Ini

Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!