Nasional
Share this on:

Pendaftaran Paslon Pilkada 16-18 Juni 2020

  • Pendaftaran Paslon Pilkada 16-18 Juni 2020
  • Pendaftaran Paslon Pilkada 16-18 Juni 2020

JAKARTA - Pendaftaran pasangan calon (Paslon) Pilkada Serentak 2020 akan dilaksanakan selama tiga hari. Yakni pada 16-18 Juni 2020. Ketentuan tersebut tertuang dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota 2020. Semua peserta diminta untuk memahami aturan dan tahapan tersebut.

Ketua KPU RI, Arief Budiman meminta semua pihak yang terlibat dalam proses tersebut mempelajari isi PKPU. "Setelah PKPU 15 Tahun 2019 diundangkan, saya berharap semua pihak bisa bisa mempelajari dan mencermati. Selanjutnya menjalankan sesuai dengan tahapannya tepat waktu. Ini penting agar semua proses yang dilalui bisa berjalan dengan lancar," ujar Arief di Gedung KPU, Jakarta, Rabu (21/8) kemarin.

Berdasarkan informasi yang tercantum dalam PKPU tersebut, sebelum melakukan pendaftaran, para calon kepala daerah baik yang diusung partai politik atau gabungan partai politik maupun perseorangan harus memenuhi sejumlah persyaratan dukungan dan disampaikan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Persyaratan dukungan itu akan diteliti KPU untuk menetapkan apakah para calon memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Selanjutnya, penetapan pasangan calon akan dilaksanakan pada 8 Juli 2020. Selanjutnya pengundian nomor urut pada 9 Juli 2020.

Selain itu, KPU melakukan pembentukan Panitia Pemungutan Suara Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pilkada Serentak 2020. Pembentukan PPK dilakukan pada 1-31 Januari 2020 dengan masa kerja selama 1 Februari-23 November 2020. Pembentukan PPS dilakukan pada 21 Februari-23 Maret 2020 dengan masa kerja 23 Maret-23 November 2023.

Sementara pembentukan KPPS pada 21 Juni-21 Agustus 2020 dengan masa tugas 23 Agustus-30 September 2020. Adapun pembentukan pengawas di setiap tingkatan dilakukan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI.

Untuk pendaftaran pemantau pemilu dilakukan pada 1 November-16 September 2020. Pendaftaran lembaga survei dan lembaga hitung cepat dilaksanakan pada 1 November-23 Agustus 2020.

Pelaksanaan pemungutan suara Pilkada 2020 akan dilaksanakan 23 September 2020. Pilkada Serentak 2020 digelar di 270 daerah. Meliputi 9 provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota.

Menurut Arief, penyelenggara pemilu di daerah wajib mengetahui detail PKPU tersebut. Di dalam PKPU itu terdapat tahapan awal mulai dari penyusunan program, kegiatan, hingga anggaran. Selain itu, para peserta pemilu juga harus memahami isi PKPU dengan baik.

"KPU juga mengimbau kepada kepolisian untuk memperkirakan waktu pengamanan bila terjadi potensi konflik. Begitu pula bagi pemerintah. Karena PKPU penting untuk naskah perjanjian hibah daerah (NPHD). Peserta pemilu mohon memperhatikan dengan seksama kapan waktu pencalonan, kampanye, pemutakhiran data pemilih dan lainnya. Mereka wajib mengikuti seluruh tahapan dengan baik," ucapnya.

PKPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang tahapan program dan jadwal Pilkada 2020 diundangkan oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) pada tanggal 9 Agustus 2019. PKPU ini juga dapat diakses melalui Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH), di situs resmi KPU RI. (khf/zul/rh/fin)

Berita Sebelumnya

315 Daerah Kembali Minta Pemekaran
315 Daerah Kembali Minta Pemekaran

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Larangan Mantan Koruptor Maju Pilkada Terganjal Regulasi

Larangan Mantan Koruptor Maju Pilkada Terganjal Regulasi

Upaya Komisi Pemilihan Umum (KPU) memasukkan larangan mantan koruptor di Peraturan KPU (PKPU) mendapat penolakan.


Kemenperin Jaring 100 Formasi untuk Dosen

Kemenperin Jaring 100 Formasi untuk Dosen

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali membuka kesempatan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk 359 formasi pada tahun 2019.


Jokowi Tetap Ingin Pilkada Langsung

Jokowi Tetap Ingin Pilkada Langsung

Wacana Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tidak langsung menuai polemik. Ada yang pro, ada pula yang kontra.


Draf Larangan Koruptor Nyalon Pilkada di Tangan Presiden

Draf Larangan Koruptor Nyalon Pilkada di Tangan Presiden

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman mengakui, salah satu bahasan yang disampaikan saat bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).


Ini Syarat Pendaftaran PPG Prajabatan 2019

Ini Syarat Pendaftaran PPG Prajabatan 2019

Kemendikbud akan melakukan seleksi ketat untuk mencari calon guru andal melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Mandiri.


Tujuh Kementerian Belum Buka Pendaftaran CPNS

Tujuh Kementerian Belum Buka Pendaftaran CPNS

Hari pertama pendaftaran penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019, sebanyak tujuh kementerian belum mengumumkan kebutuhan formasi.


Diprediksi Sulit Eksis, Partai Gelora Target Ikut Pemilu 2020

Diprediksi Sulit Eksis, Partai Gelora Target Ikut Pemilu 2020

Gelombang Rakyat (Gelora) akan segera didaftarkan ke Kementerian Hukum dan HAM pada awal Januari 2020.


Digaransi Tak Lemot, Server Bisa Tampung Data 4,5 Juta Pelamar CPNS Sekaligus

Digaransi Tak Lemot, Server Bisa Tampung Data 4,5 Juta Pelamar CPNS Sekaligus

Pendaftaran secara online calon pegawai negeri sipil (CPNS) akan dibuka, Senin (11/11) hari ini.


Pendaftaran ASN Mulai Dibuka Hari Ini

Pendaftaran ASN Mulai Dibuka Hari Ini

Pemerintah membuka tiga jalur, yakni calon pegawai negeri sipil (CPNS), pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), dan kedinasan pada seleksi CPNS 2019.


Waspadai Konflik Pilkada Serentak 2020

Waspadai Konflik Pilkada Serentak 2020

Isu suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), konflik horizontal, dan politik uang masih menjadi ancaman di Pilkada 2020 mendatang.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!