Nasional
Share this on:

Penyerangan dan Penusukan Wiranto Disorot Dunia Internasional

  • Penyerangan dan Penusukan Wiranto Disorot Dunia Internasional
  • Penyerangan dan Penusukan Wiranto Disorot Dunia Internasional

JAKARTA - Insiden penusukan Menko Polhukam Wiranto oleh seorang pria tak dikenal di Pandeglang, Banten, Kamis (10/10) kemarin, menjadi perhatian pemberitaan media-media asing.

Kantor berita terkemuka asal Prancis, AFP mengangkat insiden tersebut dengan judul "Indonesia security minister injured in stabbing by suspected IS radical: police". Media ini mengutip pernyataan Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo yang menyebut pelaku penyerangan adalah seorang pria yang diduga "terpapar radikalisme ISIS".

"Seseorang mendekat dan menyerang dia. Kepala kepolisian lokal dan Pak Wiranto terluka," kata Dedi seperti dikutip AFP, Kamis (10/10) kemarin.

Kantor berita Reuters juga mengangkatnya dengan judul "Indonesian Security Minister Attacked by Man With Knife: Police". Media asal Inggris ini juga mengutip pernyataan Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo yang mengonfirmasi insiden penyerangan Wiranto.

Media Singapura, Straits Times memberitakannya dengan judul "Indonesia minister Wiranto attacked by assailant with knife -reports".

Dengan judul "Indonesia security minister attacked", media Australia, 7News.com.au juga memberitakan penyerangan ini. "Seorang pria yang memegang pisau menyerang Menko Polhukam Wiranto pada Kamis, saat kunjungan ke kota Pandeglang di provinsi Banten, di Pulau Jawa," demikian media tersebut mengawali artikelnya.

Situs berita Amerika Serikat, US News.com juga memberitakan peristiwa penyerangan Wiranto ini dengan melansir pemberitaan Reuters. Media-media asing lainnya seperti South Cina Morning Post asal Hong Kong, Channel News Asia asal Singapura juga memberitakannya.

Sementara media Timur Tengah Al Jazeera, ikut memberitakkannya melalui artikel "Indonesia's security minister Wiranto hurt after stabbing attack". Dari Australia, TheStandard.net,au dan The Courier.com.au memuat insiden penusukan Wiranto dengan "Indonesia minister attacked with knife".

Sedangkan dari Amerika, situs NY Daily News memuat isu penikaman terhadap Wiranto dengan "Police: Indonesia's security minister wounded in stabbing". Polri saat ini masih mendalami senjata tajam yang digunakan apakah pisau atau gunting. Saat ini ada dua orang yang sudah diamankan polisi terkait kejadian itu.

"Kedua pelaku mendekat dengan senjata tajam, masih kita dalami apa bentuk pisau atau gunting tapi yang jelas sudah dipersiapkan pelaku," tutur Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo kepada para wartawan.

Dedi menyebut saat ini kedua orang yakni SA dan FA sedang diperiksa oleh Polisi. Diduga pelaku penusukan terpapar paham radikal ISIS.

Direktur RSUD Berkah Pandeglang, dr Firmansyah, mengatakan Wiranto tiba di IGD dalam kondisi sadar. Tim dokter langsung memberikan penanganan medis sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP). "Beliau datang dalam kondisi sadar, langsung kita tangani. Alhamdulillah semua dalam kondisi stabil," ujar Firmansyah.

Firmansyah menuturkan, Wiranto mengalami luka tusuk di bagian perut kiri bawah. Berdasarkan keterangan dokter bedah yang menangani, luka tusuk Wiranto cukup dalam. "Info yang saya dapat dari dokter bedah, lukanya cukup dalam hampir mengenai dinding lapisan perut yang disebut di dunia kedokteran dinding peritoneum," terangnya. (der/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Kukuh Minta BPJS Kelas III Disubsidi, Menkes Lobi Menkeu dan Menko PMK

Kukuh Minta BPJS Kelas III Disubsidi, Menkes Lobi Menkeu dan Menko PMK

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto meminta masyarakat berdoa agar iuran BPJS Kesehatan kelas III disubsidi.


Puan Tegaskan PDI Perjuangan dan NasDem Akur

Puan Tegaskan PDI Perjuangan dan NasDem Akur

Presiden Joko Widodo dinilai sukses membungkam semua tudingan tentang hubungannya dengan Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh.


Kemenlu dan DPR Bahas soal Habib Rizieq secara Tertutup

Kemenlu dan DPR Bahas soal Habib Rizieq secara Tertutup

Pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan Komisi I DPR RI sepakat melakukan pembicaraan tertutup untuk membahas Habib Rizieq Shihab (HRS).


Diprediksi Sulit Eksis, Partai Gelora Target Ikut Pemilu 2020

Diprediksi Sulit Eksis, Partai Gelora Target Ikut Pemilu 2020

Gelombang Rakyat (Gelora) akan segera didaftarkan ke Kementerian Hukum dan HAM pada awal Januari 2020.


Indonesia Butuh Pahlawan Pemberantas Kemiskinan

Indonesia Butuh Pahlawan Pemberantas Kemiskinan

Indonesia saat ini membutuhkan pejuang atau pahlawan pemberantas kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan kesenjangan dan sejenisnya.


Pendaftaran ASN Mulai Dibuka Hari Ini

Pendaftaran ASN Mulai Dibuka Hari Ini

Pemerintah membuka tiga jalur, yakni calon pegawai negeri sipil (CPNS), pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), dan kedinasan pada seleksi CPNS 2019.


Tata Kelola Guru Madrasah Ditinjau Ulang

Tata Kelola Guru Madrasah Ditinjau Ulang

Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) tengah meninjau ulang sejumlah regulasi terkait tata kelola guru dan tenaga kependidikan madrasah.


Soal Cadar, Menag Akhirnya Minta Maaf

Soal Cadar, Menag Akhirnya Minta Maaf

Menag Fachrul Razi meminta maaf atas kondisi ini setelah menimbulkan amarah dan kritik yang kian tajam.


Waspadai Konflik Pilkada Serentak 2020

Waspadai Konflik Pilkada Serentak 2020

Isu suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), konflik horizontal, dan politik uang masih menjadi ancaman di Pilkada 2020 mendatang.


Defisit BPJS Kesehatan Diprediksi Tembus Rp32,8 Triliun

Defisit BPJS Kesehatan Diprediksi Tembus Rp32,8 Triliun

Utang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan kepada rumah sakit dan farmasi mencapai Rp21,16 triliun.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!