Nasional
Share this on:

Peringkat Produktivitas Indonesia Kalah dari Malaysia dan Vietnam

  • Peringkat Produktivitas Indonesia Kalah dari Malaysia dan Vietnam
  • Peringkat Produktivitas Indonesia Kalah dari Malaysia dan Vietnam

BADUNG - Indonesia masih berada pada peringkat yang gemuk dalam Indeks Modal Manusia (IMM) atau Human Capital Index (HCI). Dalam HCI yang dirilis World Bank kemarin (11/10), Indonesia menduduki peringkat 87 dari 157 negara.

Peringkat ini lebih rendah dibanding negara-negara tetangga, seperti Vietnam yang menempati peringkat 48 dan Thailand di peringkat 65. Sementara itu, Malaysia menempati peringkat 55 dan Singapura sebagai negara maju ada di peringkat 1.

IMM adalah indikator baru dalam menilai pengaruh kebijakan pemerintah di bidang pendidikan dan kesehatan. Dari indeks ini, pemerintah bisa melihat apakah kebijakannya mampu memberikan potensi produktivitas pada rakyatnya ketika mereka masuk dalam usia angkatan kerja nantinya.

Nilai yang diperoleh Indonesia dalam IMM yakni 0,53 dengan batas bawah 0,52 dan batas atas 0,55. Nilai indeks yang paling tinggi adalah 1. Semakin nilai suatu negara mendekati angka 1, maka produktivitas penduduknya semakin tinggi. Sebab, kesehatan dan pendidikan di negara tersebut sudah lebih memadai untuk mencetak generasi yang produktif.

Jika merujuk nilai negara-negara di kawasan, Indonesia mempunyai nilai IMM yang lebih rendah dari negara-negara Asia Pasifik. Nilai IMM di Asia Pasifik sebesar 0,62. Meski masih mempunyai nilai 0,53, namun Indonesia masih mempunyai nilai yang lebih tinggi dibanding negara-negara berpenghasilan menengah ke bawah. Rata-rata negara-negara di kelompok ini mempunyai nilai IMM 0,48.

Presiden World Bank Group Jim Yong Kim mengatakan, masalah penghambat kualitas SDM seperti stunting dan rendahnya kualitas pendidikan harus segera diatasi. “Jangan sampai ada yang mengatakan tidak tahu perkembangan masalah ini. Bila itu yang terjadi, anda sedang menyiapkan generasi yang tidak berkualitas untuk masa depan negara anda,” katanya saat di sela-sela pertemuan tahunan International Monetary Fund (IMF)-World Bank Group kemarin.

Menurut Kim, negara-negara dengan peringkat IMM yang rendah harus mengubah kebijakannya secara struktural terutama di bidang kesehatan dan pendidikan. Negara-negara dengan kualitas produktivitas kerja yang rendah sering terkendala masalah struktural lain dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatannya. Di antaranya, pemahaman jaminan kesehatan dan investasi di bidang pendidikan yang masih rendah.

Indonesia sendiri telah mengalokasikan 20 persen APBN untuk pendidikan. Namun di bidang kesehatan, Indonesia masih mengalami masalah yakni stunting dan kurangnya kesiapan pemerintah dalam membuat program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, Indonesia akan menjadi negara early adopter IMM dari World Bank. Indonesia akan menggunakan IMM sebagai salah satu indikator dalam mengukur pertimbangan kebijakan.

“Investasi di bidang pendidikan, kesehatan dan manusia akan kami perkuat. Kami akan bekerja sama dengan World Bank untuk mengadaptasi indeks ini sehingga kami punya gambaran yang tepat untuk menentukan arah kebijakan penganggaran,” katanya.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemarin bertemu dengan pimpinan negara-negara Asia Tenggara di Bali. Jokowi menyampaikan capaian Indonesia yang telah menurunkan angka kemiskinan menjadi 9,82 persen, terendah dalam sejarah.

Dia juga menyampaikan upaya pemerintah dalam menurunkan stunting dan meningkatkan kualitas pendidikan vokasi. Indonesia juga semakin maju dengan munculnya start-up di bidang pendidikan. “Dalam kaitan ini, saya mencontohkan berkembangnya aplikasi Ruang Guru di Indonesia,” ujarnya.

Jokowi hari ini (12/10) akan kembali menghadiri acara pertemuan tahunan IMF-World Bank Group. Dia dijadwalkan akan bertemu dengan para gubernur bank sentral dan menteri keuangan dari negara-negara G20. Dia juga akan bertemu dengan Gubernur Bank Sentral AS (The Fed) Jerome Powell, Bos Alibaba Jack Ma, dan filantropis Melinda Gates. Para eksekutif itu akan membahas mengenai ekonomi digital, komitmen Bali Fintech Agenda, dan normalisasi kebijakan moneter The Fed.

Sejak pertemuan tahunan IMF-World Bank Group dimulai pada Senin (8/10), Bandara Internasional Ngurah Rai semakin sibuk. Dari rata-rata jumlah pergerakan 25 take off dan 25 landing per jam, hingga kemarin jumlahnya meningkat menjadi 35 take off dan 35 landing per jam.

“Kami upayakan supaya tidak ada delay yang berarti bagi semua penerbangan ke Ngurah Rai. Maksimal delay 1 jam,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Penerapan sistem ganjil-genap di beberapa ruas jalan menuju kawasan Nusa Dua juga masih diterapkan. Hingga kemarin malam, tidak ada kemacetan berarti di sekitar kawasan Nusa Dua. (rin/agm/jpg)

Berita Sebelumnya


Berita Sejenis

Target Pemberkasan NIP Tuntas Desember

Target Pemberkasan NIP Tuntas Desember

Karena banyak sebab, jadwal rangkaian rekrutmen CPNS 2018 molor dari yang ditetapkan semula.


Sejumlah Orang Jadi Korban Buntut Penyerangan Polsek Ciracas

Sejumlah Orang Jadi Korban Buntut Penyerangan Polsek Ciracas

Polisi masih terus menyelidiki kasus perusakan dan penyerangan Mapolsek Ciracas pada Rabu dinihari (12/12).


Kakak-Adik Tertimbun Longsor 2 Meter

Kakak-Adik Tertimbun Longsor 2 Meter

Tiga desa di Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, dilanda longsor dan banjir bandang, Senin malam (10/12).


Mantan Bos Century Bebas Bersyarat

Mantan Bos Century Bebas Bersyarat

Mantan pemilik saham mayoritas Bank Century Robert Tantular ternyata telah bebas dari penjara.


Empat Pekerja Masih Belum Ditemukan

Empat Pekerja Masih Belum Ditemukan

Petugas gabungan TNI–Polri berhasil mengevakuasi satu jenazah korban aksi Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) dari Distrik Yigi ke Wamena.


Listrik Mati Dua Kali, Penumpang Lion Air JT 568 Minta Turun

Listrik Mati Dua Kali, Penumpang Lion Air JT 568 Minta Turun

Penumpang pesawat Lion Air penerbangan JT 568 rute Jakarta-Jogjakarta mengalami masalah kelistrikan saat akan berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta.


TNI Ultimatum KKSB Segera Menyerah

TNI Ultimatum KKSB Segera Menyerah

Upaya petugas gabungan TNI dan Polri mencari lima korban aksi Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) berbuah hasil.


Ketakutan, Empat Pekerja Nekat Terobos Hutan agar Selamat dari Pembantaian KKSB

Ketakutan, Empat Pekerja Nekat Terobos Hutan agar Selamat dari Pembantaian KKSB

Paulus Rizal Malaga (30) langsung pucat saat didatangi seorang perempuan paro baya.


Penjagaan Pengadaan Kartu e-KTP Tidak Konsisten

Penjagaan Pengadaan Kartu e-KTP Tidak Konsisten

Badan Pengajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) ikut merespons kabar beredarnya blanko atau kartu bahan baku e-KTP di pasaran.


TNI-Polri Kejar KKSB Hidup atau Mati

TNI-Polri Kejar KKSB Hidup atau Mati

Evakuasi 16 jenazah korban aksi Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) dari Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua selesai.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!