Nasional
Share this on:

Pesawat Militer Jatuh di Rumah Warga, 17 Orang Tewas

  • Pesawat Militer Jatuh di Rumah Warga, 17 Orang Tewas
  • Pesawat Militer Jatuh di Rumah Warga, 17 Orang Tewas

ISLAMABAD - Sedikitnya 17 orang tewas dan puluhan korban lainnya mengalami kritis, dalam insiden kecelakaan pesawat militer Pakistan yang sedang latihan terjatuh di tengah pemukiman warga, di Rawalpindi, Selasa (30/7).

Pejabat layanan darurat Pakistan, Farooq Butt mengtakan, dalam insiden tersebut, lima awak pesawat seluruhnya meninggal dan terdapat 12 warga sipil yang juga menjadi korban meninggal. "Sebuah pesawat kecil menabrak sebuah area perumahan. Sejauh ini kami telah mendapati 17 jasad, yang terdiri dari 12 warga sipil dan 5 awak pesawat," kata Butt, Selasa (30/7).

Menurut Butt, jumlah korban meninggal diperkirakan dapat terus meningkat. Saat ini beberapa korban terluka dilaporkan sedang dalam kondisi kritis. "20 orang terluka akibat insiden tersebut dan sedang dalam penanganan darurat di rumah sakit," ujarnya.

Butt mengatakan, saat ini evakuasi masih berlangsung di lokasi kecelakaan. Dalam sebuah laporan, disebutkan bahwa ada rumah yang terbakar akibat jatuhnya pesawat militer itu.

Sementara itu, pihak militer tidak memberikan rincian mengenai penyebab kecelakaan pesawat. Pihaknya hanya mengatakan, bahwa sebuah pesawat penerbangan militer yang sedang melakukan latihan penerbangan rutin jatuh di Mora, desa di pinggiran Rawalpindi.

"Pesawat nampaknya secara tiba-tiba terputus dari pantauan menara pengawas. Belum dapat dipastikan apakah ada kerusakan yang menyebabkan pesawat kehilangan kendali dan akhirnya terjatuh," terangnya.

Insiden kecelakaan pesawat ini bukan yang pertama kali terjadi di Pakistan. Sejumlah kecelakaan pesawat dan helikopter dilaporkan sering terjadi di negara Asia Selatan itu selama bertahun-tahun.

Pada 2016 lalu, sebuah pesawat komersial Pakistan International Airlines terbakar setelah satu dari dua mesin turboprop-nya mati ketika terbang dari utara Pakistan ke Islamabad. Insiden itu menewaskan lebih dari 40 orang.

Kecelakaan paling mematikan terjadi pada 2010 lalu, ketika sebuah pesawat Airbus 321 yang dioperasikan oleh maskapai swasta Airblue menabrak bukit-bukit di luar Islamabad dari Karachi. Insiden itu menewaskan seluruh 152 penumpang. (der/zul/afp/fin)

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

KPK Juga Harus Fokus Kembalikan Duit Negara

KPK Juga Harus Fokus Kembalikan Duit Negara

Upaya pemberantasan korupsi bukan hanya menghukum badan dengan memasukkan orang ke dalam penjara. Namun, bagaimana menekan kerugian negara.


Rumah Kelahiran Jadi Museum, Pesawat Ciptaan Habibie Dipajang

Rumah Kelahiran Jadi Museum, Pesawat Ciptaan Habibie Dipajang

Rumah kelahiran Almarhum Presiden ke-3 Indonesia, BJ Habibie di Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel) akan dijadikan Museum BJ Habibie oleh pemerintah setempat.


Kondisi Kesehatan BJ Habibie Semakin Membaik

Kondisi Kesehatan BJ Habibie Semakin Membaik

Kondisi kesehatan Presiden RI ketiga Baharuddin Jusuf Habibie berangsur-angsur membaik. Kabar ini datang dari Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD).


Asrama Mahasiswa Papua Dilempari Ular

Asrama Mahasiswa Papua Dilempari Ular

Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya mendapatkan dugaan teror ular oleh orang yang tak dikenal.


WNI di Amerika Gelar Aksi Damai untuk Papua

WNI di Amerika Gelar Aksi Damai untuk Papua

Sekitar 500 warga negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di 12 negara bagian Amerika Serikat berencana menggelar aksi "Kumpul-Kumpul Kitong Basodara".


Harga Pangan Dunia Anjlok

Harga Pangan Dunia Anjlok

Badan Pangan PBB, Food and Agriculture Organization (FAO) menyebut, harga komoditas pangan dunia pada Agustus 2019 jatuh.


Orang Lama Masih Dominasi DPR

Orang Lama Masih Dominasi DPR

Dari data yang dirilis Komisi Pemilihan Umum (KPU), tercatat hampir setengah anggota DPR RI terpilih merupakan pendatang baru.


Warga Asing Dibatasi ke Papua

Warga Asing Dibatasi ke Papua

Insiden kerusuhan yang terjadi di Papua dan Papua Barat, membuat pemerintak ekstra waspada. Peningkatan keamanan terus dilakukan.


Iuran BPJS Naik, Kelas I Jadi Rp160, Kelas II Rp110

Iuran BPJS Naik, Kelas I Jadi Rp160, Kelas II Rp110

Jajaran orang-orang penting di Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) kembali dibuat pusing dengan munculnya desakan uji publik rencana kenaikan iuran BPJS.


Warga Papua Ogah Demo Lagi

Warga Papua Ogah Demo Lagi

Sedikitnya 300 warga yang mengikuti aksi demo pada Kamis (29/8) ogah melakukan aksi serupa. Mereka mengaku merasa ditipu oleh koordinator aksi massa.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!