Nasional
Share this on:

Pimen Kiye, Empat dari 10 Anak Indonesia Kerdil

  • Pimen Kiye, Empat dari 10 Anak Indonesia Kerdil
  • Pimen Kiye, Empat dari 10 Anak Indonesia Kerdil

Ilustrasi.

JAKARTA - Kemarin (16/9) pemerintah menyerukan dimulainya Kampanye Nasional Pencegahan Stunting secara nasional. Deklarasi tersebut menjadi titik awal penyadaran masyarakat mengenai bahaya stunting dan bagaimana upaya pencegahannya. Melalui upaya ini, diharapkan prevalensi stunting bisa diturunkan dari 37,2 persen pada 2013 menjadi 28 persen pada 2019.

Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek menuturkan bahwa stunting merupakan nama lain dari kerdil. Kerdil badan karena kekurangan gizi kronis mengakibatkan kemampuan otak tidak maksimal. ”Artinya anak-anak itu jadi kurang pandai,” ujar Nila.

Menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 menyatakan bahwa empat dari 10 anak atau 37,2 persen mengalami stunting. Hal ini tentu mengkhawatirkan bagi kualitas bangsa.

Nila menegaskan bahwa Indonesia harus bebas dari generasi stunting, maka pencegahan stunting itu menjadi upaya yang sangat penting. ”Indonesia itu tanahnya subur, maka generasinya harus sehat, jangan stunting,” ucapnya.

Nila juga berpesan kepada para orang tua dan remaja agar memahami bagaimana cara mencegah stunting. Caranya dengan memperbaiki pola makan, pola pengasuhan, dan juga perhatikan kebersihan. Remaja juga harus diberi pengetahuan mengenai penanggulangan stunting, sebab mereka adalah calon orang tua.

Secara khusus Nila berpesan bagi para ibu hamil, agar senantiasa menjaga kehamilannya. Caranya dengan mencukupi kebutuhan gizi janin hingga usia 2 tahun. ”Sejak janin tumbuh dalam kandungan hingga usia 2 tahun kehidupan harus diberikan ASI Eksklusif. Selain itu didukung dengan makanan pendamping ASI,” jelasnya.

Selain itu, masyarakat juga diharapkan untuk senantiasa menerapkan hidup sehat. Dia mengajak agar masyarakat rajin berolahraga, perbanyak makan sayur dan buah, serta cek kesehatan secara berkala.

Sementara itu, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memimpin Kampanye Nasional Pencegahan Stunting. Dia mengatakan, pencegahan stunting penting dilakukan karena BPS mencatat satu dari tiga anak bawah lima tahun (balita) Indonesia masih mengalami stunting (2013). Jumlahnya mencapai sembilan juta balita.

“Stunting tidak hanya terjadi pada anak dari keluarga miskin. Stunting juga terjadi pada anak keluarga kaya, di kota maupun di desa,” kata Moeldoko, Kepala Staf Kepresidenan.

Apabila kondisi tersebut terus dibiarkan, investasi apapun yang dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM menjadi tidak optimal. “Karena apapun yang kita beri, guru, laboratorium, kurikulum, atau pelatihan menjadi kurang optimal karena kemampuan otak anak-anak kita dalam menyerap ilmu pengetahuan terbatas,” jelasnya.

Pada usia produktifnya, anak stunting berpenghasilan 20% lebih rendah daripada anak yang tumbuh optimal. Stunting bisa menurunkan Produk Domestik Bruto negara sebesar 3%. Bagi Indonesia, kerugian akibat stunting mencapai sebesar Rp 300 triliun per tahun.

Kampanye Nasional Pencegahan Stunting ini sekaligus implementasi dari Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo 16 Agustus 2018 lalu yang menegaskan bahwa pembangunan SDM diawali sejak dari kandungan.

“Kalau kita cegah stunting dari sekarang, pada tahun 2040 nanti, ketika anak-anak ini berusia 22 tahun, mereka akan jauh lebih hebat daripada generasi sebelumnya. Ini investasi jangka panjang kita sebagai bangsa,” tegas Moeldoko.

Dia menambahkan, Pemerintah menyiapkan berbagai program dan aktivitas untuk mencegah stunting. Antara lain revitalisasi pos pelayanan terpadu (Posyandu) bagi sarana pendidikan gizi dan pemantauan tumbuh kembang balita, serta melatih para petugas kesehatan dan kader agar mampu mendidik masyarakat.

Juga, pemberian tablet tambah darah bagi ibu hamil serta vitamin A, obat cacing, dan imunisasi untuk balita. (lyn/far/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

TKW Dijual Online
TKW Dijual Online

Berita Sejenis

843 Hektare Lahan di Riau Terbakar

843 Hektare Lahan di Riau Terbakar

Meskipun sebagian besar wilayah indonesia masih dalam masa musim hujan, namun wilayah Provinsi Riau saat ini memasuki musim kemarau.


14 Siswa SD di Solo Ditolak Sekolah

14 Siswa SD di Solo Ditolak Sekolah

Pemerintah telah mencanangkan pendidikan 12 tahun. Sayangnya nasib miris datang dari 14 siswa SD di Solo, Jawa Tengah, yang terpaksa harus keluar dari sekolah.


Tol Trans Jawa Mahal, Sopir Truk Minta Diturunkan Separuh

Tol Trans Jawa Mahal, Sopir Truk Minta Diturunkan Separuh

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menegaskan bahwa tarif tol di Indonesia tergolong murah.


Buni Yani Dieksekusi, Istri Memilih Urus Anak di Rumah

Buni Yani Dieksekusi, Istri Memilih Urus Anak di Rumah

Terpidana kasus pelanggaran Undang-Undang ITE Buni Yani akhirnya memenuhi panggilan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Depok.


Duet Tommy-Anisha Pandu Debat Capres Kedua

Duet Tommy-Anisha Pandu Debat Capres Kedua

’’Saya bangga dan sangat tersanjung menjadi bagian dari sejarah demokrasi Indonesia.’’


Calon Istri Ahok Sudah Mundur dari Kepolisian

Calon Istri Ahok Sudah Mundur dari Kepolisian

Bripda Puput yang dikabarkan akan menikah dengan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok bukan lagi anggota Polri.


Orang Tua Bripda Puput: Rencana Pernikahan dengan Ahok Belum Ada

Orang Tua Bripda Puput: Rencana Pernikahan dengan Ahok Belum Ada

Mantan gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (BTP) dipastikan akan keluar dari tahanan Mako Brimob hari ini.


Abu Bakar Ba’asyir Batal Bebas, Ponpes Ngruki Merasa Di-PHP

Abu Bakar Ba’asyir Batal Bebas, Ponpes Ngruki Merasa Di-PHP

Pembatalan pembebasan Abu Bakar Ba’asyir mendapat reaksi dari keluarga dan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Mukmin Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah.


Besok Ahok Bebas, Tidak Ada Pengamanan Khusus

Besok Ahok Bebas, Tidak Ada Pengamanan Khusus

Mantan Guberur DKI Basuki Tjahaja Purnama akan bebas dari Rumah Tahanan Kelapa Dua, Mako Brimob, Depok, Jawa Barat besok (24/1).


Australia Tak Ingin Ba’asyir Bebas Bersyarat

Australia Tak Ingin Ba’asyir Bebas Bersyarat

Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison mengajukan protes atas rencana pembebasan Abu Bakar Ba’asyir dari penjara.



Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!