Nasional
Share this on:

Pintu Masuk Jakarta Dijaga Ketat

  • Pintu Masuk Jakarta Dijaga Ketat
  • Pintu Masuk Jakarta Dijaga Ketat

JAKARTA - Jajaran kepolisian daerah (Polda) penyangga Jakarta seperti Polda Jawa Barat, Banten, dan perbatasan Jakarta lainnya yakni Depok, Bekasi dan Tengerang melakukan penjagaan ketat di sejumlah pintu masuk menuju Jakarta. Razia dilakukan untuk mencegah masuknya massa dari luar Jakarta yang hendak melakukan aksi di Mahkamah Konstitusi (MK) saat sidang sengketa hasil pemilu 2019.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan sejumlah langkah dilakukan kepolisian untuk mencegah massa dari daerah yang ingin melakukan demo di MK, Jumat (14/6). "Polri Melaksanakan giat razia-razia dan imbauan-imbauan di jalan-jalan umum, terminal-terminal," kata Dedi, Jumat (14/6).

Tidak hanya Polri, Dedi mengatakan pihak juga melakukan kerjasama dan berkoordinasi dengan sejumlah tokoh masyarakat untuk mencegah massa berbondong-bondong ke Jakarta. "Berkoordinasi dengan tokoh-tokoh masyarakat setempat untuk tidak ada giat mobilisasi massa," ungkapnya.

Dijelaskan Dedi, upaya razia tersebut dilakukan Polda-Polda penyangga Ibu Kota Jakarta,, seperti Polda Jawa Barat dan Banten. Untuk menjaga di perbatasan seperti Depok, Bekasi, dan Tengerang. Terpisah, Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes pol Abdul Karim mengatakan pihaknya telah menyiagakan 760 personel gabungan TNI-Polri di sejumlah titik perbatasan menuju Ibu Kota, Jakarta.

Hal tersbeut dilakukan sebagai salah satu upayapenyekatan khusus untuk pergerakan massa dari Banten atau Tangerang dan sekitarnya ke Jakarta. "Sesuai dengan 'ploting' dari Polda Metro Jaya terkait sidang di MK maka kita lakukan pengamanan di perbatasan," ujarnya, Jumat (14/6).

Dibeberkan Abdul Karim, jumlah personel yang disiagakan yaitu 100 personel dari TNI, 60 personel dari Satpol PP dan 600 personel dari Polres Metro Tangerang Kota. Pengamanan dilakukan di beberapa ruas jalan yang rawan atau berpotensi adanya pergerakan massa ke Jakarta.

"Kita berkomitmen untuk menjaga ketertiban di masyarakat dan keamanan sehingga kota ini tetap aman dan kondusif," ujarnya.

Sedangkan Komandan Distrik Militer (Dandim) 0604 Karawang, Letkol Inf Endang Sumardi, mengatakan sebanyak 1.100 personel gabungan TNI-Polri dikerahkan untuk melakukan "sweeping" kendaraan menuju Jakarta yang hendak menuju ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Imbauan juga kita sudah lakukan agar masyarakat tetap di Karawang. Percayakan saja seluruh keputusanya kepada pimpinan sidang MK, mari kita jaga keamanan ini bersama-sama," kata Endang Sumardi, usai menggelar apel kesiapan pengamanan PHPU di Mapolres Karawang, Kamis (13/6).

Endang mengatakan aparat gabungan yang diterjunkan terdiri atas 800 personel Polri dan 300 personel TNI.

"Mereka juga memfokuskan pengamanan di lima titik vital di Karawang, di antaranya Kantor KPU dan Bawaslu Kabupaten Karawang," katanya. (gw/zul/fin)

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

JK: Anak Muda Sukses di Bisnis Jangan Didorong Masuk Kabinet

JK: Anak Muda Sukses di Bisnis Jangan Didorong Masuk Kabinet

Partai politik (Parpol) yang memperoleh suara terbanyak di DPR RI hampir dipastikan mendapat kursi.


Pansel KPK Tak Indahkan LHKPN

Pansel KPK Tak Indahkan LHKPN

Sejumlah penyelenggara negara yang masuk dalam daftar 192 nama yang lolos seleksi administrasi, ternyata belum sepenuhnya memberikan laporan harta kekayaan.


Pertemuan Jokowi-Prabowo Baru Permulaan

Pertemuan Jokowi-Prabowo Baru Permulaan

Pertemuan Joko Widodo dan Prabowo Subianto di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, dimaknai hanya sebatas pertemuan pendahuluan.


Ingin Jadi Ketua MPR, Cak Imin Minta Restu Kiai

Ingin Jadi Ketua MPR, Cak Imin Minta Restu Kiai

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menemui wakil presiden terpilih KH Ma'ruf Amin di kediaman Jl. Situbondo, Jakarta, Jumat (5/7).


JK Bekali Ma'ruf Amin Jurnal Ekonomi

JK Bekali Ma'ruf Amin Jurnal Ekonomi

Wakil presiden terpilih KH Ma'ruf Amin bertemu dengan Wapres Jusuf Kalla (JK) di kantor Wapres, Jakarta, Kamis (4/7).


Koalisinya Sudah Cukup, KIK Tutup Pintu untuk Parpol Lain

Koalisinya Sudah Cukup, KIK Tutup Pintu untuk Parpol Lain

Wacana bergabungnya parpol (partai politik) pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, kian santer didengungkan.


Jokowi-Ma'ruf Menang, Barier Beton dan Kawat Berduri Masih Terpasang

Jokowi-Ma'ruf Menang, Barier Beton dan Kawat Berduri Masih Terpasang

Paska putusan Mahkaman Konstitusi (MK), Gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di Jalan MH Thamrin masih dijaga ketat.


Aset PKS Terancam Disita

Aset PKS Terancam Disita

Presiden PKS Sohibul Iman sampai sekarang tak kunjung melaksanakan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.


Ibu Kota Pindah ke Kalimantan, Perekonomian Juga Akan Lebih Merata

Ibu Kota Pindah ke Kalimantan, Perekonomian Juga Akan Lebih Merata

Jakarta tidak akan menjadi ibu kota Indonesia lagi pada 2024. Jika skenario pemerintah lancar, ibu kota bakal pindah ke luar Pulau Jawa.


Pendaftar SBMPTN Tahun Ini Turun

Pendaftar SBMPTN Tahun Ini Turun

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) resmi menutup pendaftaran seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM PTN) 2019, Senin malam (24/6).



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!