Nasional
Share this on:

Pintu Masuk Jakarta Dijaga Ketat

  • Pintu Masuk Jakarta Dijaga Ketat
  • Pintu Masuk Jakarta Dijaga Ketat

JAKARTA - Jajaran kepolisian daerah (Polda) penyangga Jakarta seperti Polda Jawa Barat, Banten, dan perbatasan Jakarta lainnya yakni Depok, Bekasi dan Tengerang melakukan penjagaan ketat di sejumlah pintu masuk menuju Jakarta. Razia dilakukan untuk mencegah masuknya massa dari luar Jakarta yang hendak melakukan aksi di Mahkamah Konstitusi (MK) saat sidang sengketa hasil pemilu 2019.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan sejumlah langkah dilakukan kepolisian untuk mencegah massa dari daerah yang ingin melakukan demo di MK, Jumat (14/6). "Polri Melaksanakan giat razia-razia dan imbauan-imbauan di jalan-jalan umum, terminal-terminal," kata Dedi, Jumat (14/6).

Tidak hanya Polri, Dedi mengatakan pihak juga melakukan kerjasama dan berkoordinasi dengan sejumlah tokoh masyarakat untuk mencegah massa berbondong-bondong ke Jakarta. "Berkoordinasi dengan tokoh-tokoh masyarakat setempat untuk tidak ada giat mobilisasi massa," ungkapnya.

Dijelaskan Dedi, upaya razia tersebut dilakukan Polda-Polda penyangga Ibu Kota Jakarta,, seperti Polda Jawa Barat dan Banten. Untuk menjaga di perbatasan seperti Depok, Bekasi, dan Tengerang. Terpisah, Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes pol Abdul Karim mengatakan pihaknya telah menyiagakan 760 personel gabungan TNI-Polri di sejumlah titik perbatasan menuju Ibu Kota, Jakarta.

Hal tersbeut dilakukan sebagai salah satu upayapenyekatan khusus untuk pergerakan massa dari Banten atau Tangerang dan sekitarnya ke Jakarta. "Sesuai dengan 'ploting' dari Polda Metro Jaya terkait sidang di MK maka kita lakukan pengamanan di perbatasan," ujarnya, Jumat (14/6).

Dibeberkan Abdul Karim, jumlah personel yang disiagakan yaitu 100 personel dari TNI, 60 personel dari Satpol PP dan 600 personel dari Polres Metro Tangerang Kota. Pengamanan dilakukan di beberapa ruas jalan yang rawan atau berpotensi adanya pergerakan massa ke Jakarta.

"Kita berkomitmen untuk menjaga ketertiban di masyarakat dan keamanan sehingga kota ini tetap aman dan kondusif," ujarnya.

Sedangkan Komandan Distrik Militer (Dandim) 0604 Karawang, Letkol Inf Endang Sumardi, mengatakan sebanyak 1.100 personel gabungan TNI-Polri dikerahkan untuk melakukan "sweeping" kendaraan menuju Jakarta yang hendak menuju ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Imbauan juga kita sudah lakukan agar masyarakat tetap di Karawang. Percayakan saja seluruh keputusanya kepada pimpinan sidang MK, mari kita jaga keamanan ini bersama-sama," kata Endang Sumardi, usai menggelar apel kesiapan pengamanan PHPU di Mapolres Karawang, Kamis (13/6).

Endang mengatakan aparat gabungan yang diterjunkan terdiri atas 800 personel Polri dan 300 personel TNI.

"Mereka juga memfokuskan pengamanan di lima titik vital di Karawang, di antaranya Kantor KPU dan Bawaslu Kabupaten Karawang," katanya. (gw/zul/fin)

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

UU PKS Didesak Segera Disahkan

UU PKS Didesak Segera Disahkan

Sejumlah massa menyampaikan aspirasi di depan Gedung DPR/MPR RI Jakarta, Selasa (17/9).


Bangun Istana di Papua, Jokowi Janjikan 1.000 Sarjana Papua Bekerja di BUMN

Bangun Istana di Papua, Jokowi Janjikan 1.000 Sarjana Papua Bekerja di BUMN

Indonesia akan membangun Istana Kepresidenan baru. Lokasinya bukan di Jakarta atau di Kalimantan Timur (Kaltim). Tetapi di Papua.


Struktur Kabinet Jokowi-Ma'ruf Mulai Difinal;isasi

Struktur Kabinet Jokowi-Ma'ruf Mulai Difinal;isasi

Penyusunan kabinet pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin sudah masuk dalam tahap finalisasi. Keputusan final ada di tangan Presiden Jokowi dan para ketua umum partai


Seruan Lawan Upaya Pelemahan KPK Semakin Luas

Seruan Lawan Upaya Pelemahan KPK Semakin Luas

Sejumlah pegawai dan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jilid IV menggelar aksi di lobi Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta, Jumat (6/9).


Puluhan Babi Hutan Indonesia Serang Malaysia

Puluhan Babi Hutan Indonesia Serang Malaysia

Migrasi puluhan babi hutan, termasuk anak babi dari Indonesia yang masuk secara ilegal ke Melaka, Malaysia melalui perairan menjadi persoalan besar bagi pemerin


Putin Dijadwalkan Bertandang ke Indonesia Awal 2020

Putin Dijadwalkan Bertandang ke Indonesia Awal 2020

Kedutaan Besar Rusia di Jakarta menyampaikan, Presiden Vladimir Putin dijadwalkan akan mengunjungi Indonesia pada awal 2020.


Rusia Dukung Pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan

Rusia Dukung Pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan

Sebagai salah satu mitra Indonesia, pemerintah Rusia siap mendukung rencana pemindahan ibu kota Indonesia, dari Jakarta ke Kalimantan Timur.


45,3 Persen Publik Tak Setuju Ibu Kota Dipindah

45,3 Persen Publik Tak Setuju Ibu Kota Dipindah

Pro dan kontra atas rencana pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim), terus bergulir.


Jakarta Masih Layak sebagai Ibu Kota Negara

Jakarta Masih Layak sebagai Ibu Kota Negara

Wacana pemindahan ibu kota negara Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim) masih ramai diperbincangkan publik.


BBM Mulai Masuk, Blokir Dibuka

BBM Mulai Masuk, Blokir Dibuka

Penyaluran BBM menuju lembaga penyalur ke Kota dan Kabupaten Jayapura, Papua berangsur normal kembali tiga hari pascaaksi demo rasisme yang berujung anarkisme.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!