Nasional
Share this on:

PKS Diminta Tak Memaksa Prabowo

  • PKS Diminta Tak Memaksa Prabowo
  • PKS Diminta Tak Memaksa Prabowo

JAKARTA - Kubu penantang Joko Widodo masih belum kompak dalam berkoalisi. Mereka masih bersikukuh dengan sikap politik masing-masing dalam menyodorkan nama calon wakil presiden (Cawapres) yang akan mendampingi Prabowo Subianto yang diusung sebagai calon presiden (Capres). Partai Demokrat meminta PKS tidak memaksakan kehendaknnya kepada Prabowo.

Kemarin (3/8), pengurus teras Partai Demokrat berkumpul di rumah sang ketua umum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Jalan Mega Kuningan Timur VII, Jakarta Selatan. Diantaranya, Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan, Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Amir Syamsuddin, dan Wakil Ketua Umum Roy Suryo.

Roy Suryo enggan buka suara terkait hasil rapat dengan SBY. “Ini rapat rutin,” kata dia usai rapat kepada Jawa Pos. Menurut dia, kebetulan pertemuan itu pada Jumat, sehingga mereka sekalian menunaikan salat Jumat bersama di Mega Kuningan.

Jubir Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean mengatakan, pertemuan para petinggi partai itu untuk mematangkan visi-misi pemerintahan lima tahun mendatang. “Dan membahas situasi politik nasional terkini,” tutur dia. Dia juga bukam saat ditanya tentang kesepakatan dan hasil rapat tertutup itu.

Yang pasti, kata dia, Partai Demokrat mendukung Prabowo maju sebagai capres. Partainya siap berkoalisi dengan Partai Gerindra dan partai lainnya. Untuk nama cawapres, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada bekas Danjen Kopassus itu. Walaupun partainya menyodorkan salah satu kadernya sebagai cawapres, namun pihaknya tidak memaksa kehendak.

Terkait dengan langkah politik PKS yang mengancam hengkah dari koalisi, Ferdinand mengatakan, Partai Demokrat tidak mempersoalkan sikap tersebut. “Bagi kami tidak masalah PKS melakukan strategi apa pun dalam meraih kesempatan untuk mendapat peluang,” papar dia.

Namun, pihaknya meminta agar PKS tidak memaksakan kehendaknya kepada Prabowo. Dia mengajak semua pihak untuk menyerahkan sepenuhnya kepada Prabowo dalam memilih calon wakilnya. “Tujuan kita ingin mengganti presiden, bukan rebutan cawapres,” tegas dia.

Di sisi lain, DPP Partai Golongan Karya kemarin menemui Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar BJ Habibie. Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto bersama sejumlah pengurus hadir di kediaman Habibie sekitar pukul 18.30 WIB. Nampak bersama Airlangga, Sekretaris Jenderal Lodewijk Friedrich Paulus, Ketua DPP Melchias Markus Mekeng, Roem Kono, Rizal Mallarangeng, Aziz Syamsuddin, hingga Tubagus Ace Hasan Syadzily.

Pertemuan antara pengurus DPP Partai Golkar dengan Wanhor berlangsung di pendopo rumah Habibie. Presiden ke-III RI itu didampingi Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar Akbar Tandjung.

Selama 1,5 jam, Habibie dan Airlangga melakukan pertemuan tertutup. Usai pertemuan, Airlangga mewakili Habibie menyampaikan pembicaraan yang berakhir pukul 20.00 itu. Menurut Airlangga, Habibie menaruh perhatian penuh pada proses pilpres, dimana mulai hari ini masa pendaftaran capres dan cawapres dimulai.

“Keputusan yang diambil satu minggu ke depan akan menentukan Indonesia hingga 5, 10, hingga 15 tahun ke depan,” kata Airlangga menyampaikan pesan Habibie.

Airlangga menyebut, Habibie menitipkan masa depan Indonesia untuk generasi saat ini dan generasi berikut. Dirinya mengapresiasi langkah Partai Golkar yang saat ini terlibat dan mengawal pemerintahan Jokowi. “Beliau sebagai Ketua Dewan Kehormatan sangat mendukung itu,” kata Airlangga.

Habibie, kata Airlangga, juga menilai proses pembangunan harus berjalan berkesinambungan. Lima tahun pertama pemerintahan saat ini, pembangunan infrastruktur sudah dilaksanakan masif. Lima tahun pemerintahan selanjutnya adalah mengembangkan ekonomi dan kesejahteraan rakyat.

“Pak Habibie menilai bangsa ini akan baik jika pembangunan itu sifatnya berkelanjutan,” kata Menteri Perindustrian itu.

Terkait posisi cawapres, Habibie ternyata juga memberikan arahan. Airlangga menyampaikan, dalam konteks pemilihan cawapres, figur itu harus merupakan pilihan Presiden. Airlangga menyebut pesan Habibie itu sesuai dengan arah yang dilakukan Partai Golkar.

“Kami dalam dukungan kepada pemerintah tidak mempersyaratkan itu (cawapres, red)," ujar sosok yang juga digadang-gadang menjadi cawapres Jokowi itu. (lum/bay/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Jelang Debat, Jokowi ke Bengkulu, Prabowo ke Semarang

Jelang Debat, Jokowi ke Bengkulu, Prabowo ke Semarang

Puncak debat pilpres edisi kedua tinggal sehari lagi. Kemarin (15/2), pihak penyelenggara makin intens menata lokasi debat.


Diberi Keleluasaan, Debat Capres Bakal Lebih Seru

Diberi Keleluasaan, Debat Capres Bakal Lebih Seru

Minggu lusa dua calon presiden (capres), Joko Widodo dan Prabowo Subianto, kembali head-to-head di forum debat.


Australia Tak Ingin Ba’asyir Bebas Bersyarat

Australia Tak Ingin Ba’asyir Bebas Bersyarat

Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison mengajukan protes atas rencana pembebasan Abu Bakar Ba’asyir dari penjara.


Mundur sebagai Ketum PSSI, Edy Merasa Tak Dihargai

Mundur sebagai Ketum PSSI, Edy Merasa Tak Dihargai

’’Saya mundur dari posisi ketua umum PSSI,’’ ujar Edy Ramayadi dalam pidato pembukaan pada Kongres Tahunan PSSI di Hotel Sofitel, Nusa Dua, Bali, kemarin (20/1)


Puan Ajak Prabowo-Mega Foto Bareng

Puan Ajak Prabowo-Mega Foto Bareng

Ada momen-momen unik yang tak tampak di layar televisi tadi malam.


Debat Panas, Capres-Cawapres Tak Singgung Kasus Novel

Debat Panas, Capres-Cawapres Tak Singgung Kasus Novel

Aksi saling sindir mewarnai debat perdana paslon presiden-wakil presiden Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno tadi malam.


Bermanuver Aneh, F-16 TNI-AU Paksa Turun Pesawat Kargo Ethiopia

Bermanuver Aneh, F-16 TNI-AU Paksa Turun Pesawat Kargo Ethiopia

Di atas Jembatan 6, Pulau Galang, Kepulauan Riau (Kepri), sebuah pesawat tiba-tiba melakukan manuver tak lazim alias aneh. Dengan berputar sekali.


Adik Korban Sebut Pelaku Penembakan Letkol Dono Tak Sendirian

Adik Korban Sebut Pelaku Penembakan Letkol Dono Tak Sendirian

Jenazah Letkol CPM Dono Kuspriyanto dimakamkan di Taman Makam Bahagia Dreded Kecamatan Bogor Selatan, kemarin.


Jakarta Surabaya Tersambung Tol, Tak Ada Penurunan Minat pada Moda Lain

Jakarta Surabaya Tersambung Tol, Tak Ada Penurunan Minat pada Moda Lain

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kemarin meninjau persiapan angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Stasiun Pasar Senen kemarin (21/12).


Tak Ada Negosiasi dengan KKSB

Tak Ada Negosiasi dengan KKSB

Ancaman dan gangguan Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) tidak lantas membuat pemerintah mengubah sikap.



Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!