Nasional
Share this on:

PNS Bekasi Dilarang Cuti Akhir Tahun

  • PNS Bekasi Dilarang Cuti Akhir Tahun
  • PNS Bekasi Dilarang Cuti Akhir Tahun

Ilustrasi.

BEKASI - Akhir tahun ini mungkin jadi masa kelabu bagi ribuan PNS Kota Bekasi. Pasalnya, jelang pergantian tahun 2018 ini seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi dilarang mengajukan cuti.

Pelarangan itu dilakukan agar para abdi negara itu menyelesaikan laporan pertanggungjawaban penggunaan anggaran tahun 2017. ”Agar pegawai yang belum menyelesaikan tugasnya segera menyelesaikan laporan pertanggungjawabannya, karena itulah larangan cuti dibuat,” terang Kabid Penilai Kinerja Aparatur (PKA) pada Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Bekasi, Widy Tiawarman, kemarin.

Pengajuan cuti, kata Widi juga, baru bisa dilakukan awal 2018 mendatang. Pasalnya, laporan pertanggungjawaban penggunaan anggaran harus diserahkan kepada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) setempat sebelum 28 Desember 2017.

Bukan hanya pegawai pengguna anggaran yang dilarang cuti, pelarangan ini juga berlaku bagi semua PNS. Dia juga mengaku, boleh saja pegawai mengajukan cuti akhir tahun kepada pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tempat para pegawai itu bernaung.

Tapi nantnya, usulan cuti itu akan dikoreksi oleh BKPPD. ”BKPPD yang menentukan. Pastinya pegawai tidak boleh cuti. Tapi kalau sudah tanggal 1 Januari 2018 baru pegawai boleh mengajukan cuti,” cetusnya juga.

Menurut Widi lagi, jelang akhir tahun ini seluruh pegawai Pemkot Bekasi hanya bisa menikmati libur nasional selama dua hari yakni tanggal 25 dan 26 Desember 2017. Setelah libur maka pegawai tersebut harus kembali bekerja.

Untuk mengantisipasi pegawai yang mangkir, pihaknya akan mengumpulkan absen yang ada di tiap-tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). ”Kami akan tindak mereka yang secara sengaja mangkir kerja,” ucapnya lagi.

Seperti diketahui, saat ini tercatat jumlah seluruh pegawai berstatus PNS di Pemkot Bekasi mencapai 12.759 orang. Sementara jumlah pegawai berstatus TKK ada sebanyak 5.151 orang.

Sementara itu, Kepala BPKAD Kota Bekasi Sopandi Budiman mengatakan, batas penyerahan laporan penggunaan anggaran untuk kegiatan lelang akan ditunggu terakhir hari ini (22/12). Tapi pihaknya memberikan dispensasi penyerahan laporan itu hingga 31 Desember.

”Biasanya, banyak penyerahan laporan yang tidak tepat waktu. Namun kami tetap berharap semua OPD tepat waktu,” katanya. Sebenarnya, kata Sopandi, laporan penggunaan anggaran belanja rutin pegawai sudah masuk mulai 15 Desember 2017 lalu.

”Kalau belanja rutin seperti gaji pegawai, pembayaran listrik sih sudah masuk, tinggal nunggu laporan dari dinas yang banyak kegiatan lelangnya saja. Sebab mereka kan masih melakukan pencairan untuk membayar ke pihak ketiga,” tandasnya.

Sementara itu, Kusyanti, seorang PNS Kota Bekasi yang berdinas di salah satu kelurahan mengaku menerima keputusan pelarangan cuti akhir tahun tersebut. ”Tapi pasti ada pengecualian bagi PNS atau TKK yang merayakan Natal. Kalau tidak boleh pasti tidak wajar,” ujarnya. (dny/jpg)

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Cuti Sehari Dalam Seminggu

Cuti Sehari Dalam Seminggu

Kepala daerah dipastikan boleh terlibat dalam dukungan politik terhadap partai atau calon presiden.


Pemerintah Berhentikan 2.357 PNS Koruptor

Pemerintah Berhentikan 2.357 PNS Koruptor

Pemerintah pusat akan menindak tegas pegawai negeri sipil (PNS) yang terbukti melakukan korupsi.


Data NIK Tidak Muncul, Segera Lapor Dinas Dukcapil

Data NIK Tidak Muncul, Segera Lapor Dinas Dukcapil

Pendaftaran CPNS baru tahun lalu, diwarnai keluhan soal input NIK (nomor induk kependudukan).


Tukin 120 Ribu Guru PNS Kemenag Macet

Tukin 120 Ribu Guru PNS Kemenag Macet

Penganggaran untuk tunjangan guru PNS di Kementerian Agama (Kemenag) menyisakan masalah.


2.357 PNS Korup Masih Terima Gaji

2.357 PNS Korup Masih Terima Gaji

Sebanyak 2.357 PNS berstatus koruptor dan berkekuatan hukum tetap (inkracht) masih aktif menjadi abdi negara dan mendapatkan gaji.


Separo Kuota CPNS untuk Guru dan Dosen

Separo Kuota CPNS untuk Guru dan Dosen

Prioritas pemerintah dalam rekrutmen CPNS baru tahun ini tetap pada pendidik.


Senin Mangkir, Romy Dipanggil KPK Lagi Besok

Senin Mangkir, Romy Dipanggil KPK Lagi Besok

Penyidikan kasus dugaan korupsi usulan dana perimbangan keuangan daerah pada RAPBN Perubahan Tahun Anggaran 2018 terus berkembangan.


Empat Tahun Sudah 488 Kapal Ditenggelamkan

Empat Tahun Sudah 488 Kapal Ditenggelamkan

Upaya memerangi kasus pencurian ikan (illegal fishing) terus dilakukan dengan penenggelaman kapal.


BSNP Pastikan Kabar Unas Tiga Kali Tidak Benar

BSNP Pastikan Kabar Unas Tiga Kali Tidak Benar

Beredar pesan berantai yang menyinggung tentang ujian nasional (Unas) 2019. Isinya Unas tahun depan digelar tiga kali.


Rutan Kontainer Khusus Teroris Selesai Dibangun Akhir Tahun

Rutan Kontainer Khusus Teroris Selesai Dibangun Akhir Tahun

Polri bekerja cepat untuk membangun rumah tahanan (Rutan) khusus kasus terorisme.



Berita Hari Ini

Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!