Nasional
Share this on:

PNS Bekasi Dilarang Cuti Akhir Tahun

  • PNS Bekasi Dilarang Cuti Akhir Tahun
  • PNS Bekasi Dilarang Cuti Akhir Tahun

Ilustrasi.

BEKASI - Akhir tahun ini mungkin jadi masa kelabu bagi ribuan PNS Kota Bekasi. Pasalnya, jelang pergantian tahun 2018 ini seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi dilarang mengajukan cuti.

Pelarangan itu dilakukan agar para abdi negara itu menyelesaikan laporan pertanggungjawaban penggunaan anggaran tahun 2017. ”Agar pegawai yang belum menyelesaikan tugasnya segera menyelesaikan laporan pertanggungjawabannya, karena itulah larangan cuti dibuat,” terang Kabid Penilai Kinerja Aparatur (PKA) pada Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Bekasi, Widy Tiawarman, kemarin.

Pengajuan cuti, kata Widi juga, baru bisa dilakukan awal 2018 mendatang. Pasalnya, laporan pertanggungjawaban penggunaan anggaran harus diserahkan kepada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) setempat sebelum 28 Desember 2017.

Bukan hanya pegawai pengguna anggaran yang dilarang cuti, pelarangan ini juga berlaku bagi semua PNS. Dia juga mengaku, boleh saja pegawai mengajukan cuti akhir tahun kepada pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tempat para pegawai itu bernaung.

Tapi nantnya, usulan cuti itu akan dikoreksi oleh BKPPD. ”BKPPD yang menentukan. Pastinya pegawai tidak boleh cuti. Tapi kalau sudah tanggal 1 Januari 2018 baru pegawai boleh mengajukan cuti,” cetusnya juga.

Menurut Widi lagi, jelang akhir tahun ini seluruh pegawai Pemkot Bekasi hanya bisa menikmati libur nasional selama dua hari yakni tanggal 25 dan 26 Desember 2017. Setelah libur maka pegawai tersebut harus kembali bekerja.

Untuk mengantisipasi pegawai yang mangkir, pihaknya akan mengumpulkan absen yang ada di tiap-tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). ”Kami akan tindak mereka yang secara sengaja mangkir kerja,” ucapnya lagi.

Seperti diketahui, saat ini tercatat jumlah seluruh pegawai berstatus PNS di Pemkot Bekasi mencapai 12.759 orang. Sementara jumlah pegawai berstatus TKK ada sebanyak 5.151 orang.

Sementara itu, Kepala BPKAD Kota Bekasi Sopandi Budiman mengatakan, batas penyerahan laporan penggunaan anggaran untuk kegiatan lelang akan ditunggu terakhir hari ini (22/12). Tapi pihaknya memberikan dispensasi penyerahan laporan itu hingga 31 Desember.

”Biasanya, banyak penyerahan laporan yang tidak tepat waktu. Namun kami tetap berharap semua OPD tepat waktu,” katanya. Sebenarnya, kata Sopandi, laporan penggunaan anggaran belanja rutin pegawai sudah masuk mulai 15 Desember 2017 lalu.

”Kalau belanja rutin seperti gaji pegawai, pembayaran listrik sih sudah masuk, tinggal nunggu laporan dari dinas yang banyak kegiatan lelangnya saja. Sebab mereka kan masih melakukan pencairan untuk membayar ke pihak ketiga,” tandasnya.

Sementara itu, Kusyanti, seorang PNS Kota Bekasi yang berdinas di salah satu kelurahan mengaku menerima keputusan pelarangan cuti akhir tahun tersebut. ”Tapi pasti ada pengecualian bagi PNS atau TKK yang merayakan Natal. Kalau tidak boleh pasti tidak wajar,” ujarnya. (dny/jpg)


Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Sekarang, PNS Bisa Cuti Dampingi Istri Melahirkan

Sekarang, PNS Bisa Cuti Dampingi Istri Melahirkan

Badan Kepegawaian Negara (BKN) melansir aturan baru tentang tata cara pemberian cuti PNS.


Pemerintah Diminta Segera Buka CPNS Guru

Pemerintah Diminta Segera Buka CPNS Guru

Kekurangan guru PNS, khususnya di jenjang SD sudah sangat mendesak.


USBN Delapan Mapel di SD Batal

USBN Delapan Mapel di SD Batal

Sedaianya ujian sekolah berstandar nasional (USBN) di jenjang SD tahun ini terdiri dari delapan mata pelajaran (mapel).


2017, PHK Capai 50 Ribu Orang

2017, PHK Capai 50 Ribu Orang

Serikat Buruh menilai tahun 2017 pemerintah masih gagal mewujudkan janji untuk mensejahterakan kaum buruh.


Wow... Arus balik Liburan Tembus 104 Ribu Kendaraan

Wow... Arus balik Liburan Tembus 104 Ribu Kendaraan

Puncak arus balik pada periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2017 terjadi kemarin (1/1).


 2017 Ada 2.000 Bencana, 377 Orang Tewas

2017 Ada 2.000 Bencana, 377 Orang Tewas

Lebih 2 Ribu bencana tercatat menghantam indonesia sepanjang tahun 2017. Mengakibatkan 377 orang tewas, dan membuat 2,5 juta jiwa mengungsi.


Potensi Zakat PNS Tembus Rp15 Triliun

Potensi Zakat PNS Tembus Rp15 Triliun


Pindad Siap Penuhi Kebutuhan Senjata TNI-Polri

Pindad Siap Penuhi Kebutuhan Senjata TNI-Polri

PT Pindad memprediksi mampu mengantongi laba bersih Rp53 miliar sampai akhir tahun ini.


Seleksi CPNS 2018, Hati-hati Honorer Siluman

Seleksi CPNS 2018, Hati-hati Honorer Siluman

Tahun depan pemerintah direncanakan mengangkat CPNS daerah. Di antaranya adalah mengakomodasi para tenaga honorer guru yang sudah lama bekerja.


Jelang Libur Panjang, Pengerjaan Tol Elevated Dihentikan Sementara

Jelang Libur Panjang, Pengerjaan Tol Elevated Dihentikan Sementara

Tidak hanya sektor perhubungan laut yang menjadi perhatian menjelang libur Natal dan tahun baru.



Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!