Nasional
Share this on:

Proyek Tol Jakarta-Cikampek Dihentikan

  • Proyek Tol Jakarta-Cikampek Dihentikan
  • Proyek Tol Jakarta-Cikampek Dihentikan

JAKARTA - Sejumlah proyek pembanguan di ruas Tol Jakarta-Cikampek dihentikan sementara. Penghentian mulai 26 Mei pukul 00.00 WIB, hingga 15 Juni mendatang.

Hal ini dilakukan dalam rangka mengatasi potensi kepadatan lalu lintas di ruas tol tersebut saat periode arus mudik dan arus balik Lebaran 2019 yang sudah mulai terlihat, Sabtu (25/5) lalu. Kepastian penghentian proyek pembangunan langsung disampaikan Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri saat kunjungan dan pemantauan di ruas Tol Jakarta- Cikampek, dengan didampingi jajaran direksi PT Jasamarga Tbk, Minggu (26/5) kemarin.

Dari hasil pemantauan pekerjaan proyek di Jalan Tol Jakarta-Cikampek sudah berhenti per hari ini. Penghentian untuk memperlancar dan memberikan kenyamanan bagi para pengguna jalan. Pihaknya juga telah merencanakan sejumlah rekayasa lalu lintas.

Antara lain pemberlakuan sistem contra flow maupun one way yang akan diberlakukan mulai 30-31 Mei dan 1-2 Juni untuk arus mudik, dan 8-10 Juni untuk arus balik. "Rencana operasi itu antara lain contra flow yang akan diberlakukan dari Km 29 hingga di Km 61, pada pukul 06.00-21.00 WIB. Sedangkan one way diberlakukan dari Km 70 sampai dengan Km 263 di ruas Tol Pejagan-Pemalang, pada pukul 09.00-21.00 WIB," terang Refdi.

Refdi menyebut, pemberlakuan skema contra flow dan one way ini dilakukan dengan pertimbangan untuk mengakomodir lalulintas jarak pendek. Dan mengakomodir lalulintas yang dari atau menuju Bandung. Jalur one way ini hanya dapat digunakan untuk kendaraan kecil.

"Jalur one way hanya untuk kendaraan kecil, sedangkan kendaraan besar atau bis serta pengguna jalan dengan jarak pendek agar tetap menggunakan jalur normal. Adapun guna mengutamakan keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan, kecepatan kendaraan yang diizinkan di jalur one way maksimum 80 km/jam," ungkapnya.

Refdi juga mengingatkan, masyarakat agar menggunakan fasilitas diskon 15% tarif Lebaran yang diberikan para pengusaha Jalan Tol mulai 27-29 Mei 2019 untuk arus Mudik. Sementara untuk arus balik tanggal 10-12 Juni nanti.

Direktur Operasi Jasa Marga Subakti Syukur mengakui, penghentian proyek tol akan berdampak positif menjelang arus mudik dan balik Lebaran 2019. Sebab kapasitas lajur di jalan tol dapat bertambah. Penghentian sementara proyek jalan tol ini dilakukan sebagai tindaklanjut surat Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) No. BM.08-P/219 tanggal 22 Mei 2019, tentang Penghentian Sementara Pekerjaan Konstruksi di Jalan Tol dalam Rangka Menghadapi Arus Mudik/Balik Lebaran Tahun 2019/1440 H.

"Diharapkan dengan adanya pemberhentian proyek di jalan tol dimaksud dapat memperlancar arus mudik dan balik Lebaran 2019. Selain itu pengguna jalan yang bepergian melalui tol juga bertambah aman dan nyaman," imbuhnya. (mhf/gw/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

PUPR Mulai Ungkap Runtuhnya Tol BORR

PUPR Mulai Ungkap Runtuhnya Tol BORR

PUPR melalui Komite Keselamatan Konstruksi (Komite K2) dan KKJTJ selesai melakukan evaluasi.


Pertemuan Jokowi-Prabowo Baru Permulaan

Pertemuan Jokowi-Prabowo Baru Permulaan

Pertemuan Joko Widodo dan Prabowo Subianto di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, dimaknai hanya sebatas pertemuan pendahuluan.


Ingin Jadi Ketua MPR, Cak Imin Minta Restu Kiai

Ingin Jadi Ketua MPR, Cak Imin Minta Restu Kiai

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menemui wakil presiden terpilih KH Ma'ruf Amin di kediaman Jl. Situbondo, Jakarta, Jumat (5/7).


JK Bekali Ma'ruf Amin Jurnal Ekonomi

JK Bekali Ma'ruf Amin Jurnal Ekonomi

Wakil presiden terpilih KH Ma'ruf Amin bertemu dengan Wapres Jusuf Kalla (JK) di kantor Wapres, Jakarta, Kamis (4/7).



Kapal Logistik Rusak di Maluku, Tol Laut Dievaluasi

Kapal Logistik Rusak di Maluku, Tol Laut Dievaluasi

Evaluasi tol laut di wilayah perintis menjadi sorotan, menyusul laporan dari masyarakat terkait keterlambatan jadwal kedatangan kapal tol laut.


Aset PKS Terancam Disita

Aset PKS Terancam Disita

Presiden PKS Sohibul Iman sampai sekarang tak kunjung melaksanakan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.


Ibu Kota Pindah ke Kalimantan, Perekonomian Juga Akan Lebih Merata

Ibu Kota Pindah ke Kalimantan, Perekonomian Juga Akan Lebih Merata

Jakarta tidak akan menjadi ibu kota Indonesia lagi pada 2024. Jika skenario pemerintah lancar, ibu kota bakal pindah ke luar Pulau Jawa.


PPDB DKI Jakarta Tak Ikuti Aturan Mendikbud

PPDB DKI Jakarta Tak Ikuti Aturan Mendikbud

Ombudsman mengatakan Pemprov DKI menentukan kuota zonasi lebih kecil dari ketentuan.


Wapres: Jakarta Aman, Publik Diminta Tenang

Wapres: Jakarta Aman, Publik Diminta Tenang

Kondisi keamanan di Jakarta diyakini aman saat Mahkamah Konstitusi (MK) membacakan putusan gugatan Pilpres 2019, besok.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!