Nasional
Share this on:

PUPR Siapkan Bentang Cadangan

  • PUPR Siapkan Bentang Cadangan
  • PUPR Siapkan Bentang Cadangan

Jembatan Cincin Satu Babat retak Rabu pagi (23/7). (Anjar Dwi Pradipta/Jawa Pos)

JAKARTA - Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Arie Setiadi Moerwanto mengakui bahwa jembatan Cincin Lama Babat adalah jembatan lama. Jembatan tipe Callender Hamilton Bridge tersebut dibangun pada tahun 1970-an. Di era Pemerintahan Presiden Soeharto.

Dalam catatan PUPR, Jembatan babat terdiri dari dua ruas kembar. Cincin lama dan Cincin Baru. dibangun pada tahun 1970-an dan selesai pada tahun 1990-an. Material jembatan diimpor dari inggris. Pada tahun 2000, Kementerian PUPR membangun jembatan Cincin Baru tepat di sampingnya.

Arie mengatakan, satu tim pendahulu dari PUPR telah diberangkatkan ke lokasi kemarin (17/4). Disusul oleh tim ahli independen yang berangkat hari ini (18/4). Tim akan menyelidiki penyebab keruntuhan. “Tapi kalau dilihat dari foto-foto dan laporan lapangan, kemungkinan besar kelebihan beban,” katanya.

Arie mengungkapkan, jembatan cincin lama memiliki kapasitas beban 45 ton. Sementara saat insiden terjadi ada 1 truk pengangkut limbah smelter dan 2 truk pasir bermuatan penuh. Berat ketiganya diperkirakan masing-masing 40 ton. “Jadi bebannya sekitar 120 ton, tapi masih akan dihitung besok,” kata Arie kemarin (17/4).

Tim akan menganalisis struktur dan kondisi pilar-pilar jembatan. Jika kondisinya dinilai masih baik dan layak, maka PUPR hanya akan mengganti bentang yang runtuh saja. Arie mengatakan bahwa PUPR punya beberapa cadangan bentang baru untuk menggantikan satu dari 5 bentang yang ambruk.

“Siap untuk dimobilisasi, mudah-mudahan selesai sebelum lebaran tiba,” ujarnya.

Bentang yang rubuh, kata Arie memiliki panjang 55 meter dan lebar 4 meter. Sebagai jembatan lama, jembatan Cincin lama harus terus dipelihara. Berton-ton beban berat yang melintas akan membuat rangka jembatan bergetar dan melonggarkan baut-baut di rangka jembatan.

“Karena ini jembatan lama, maka harus terus dikencangkan. Beda dengan jembatan baru yang (bautnya,Red) sudah saling mengikat dan mengunci,” jelas Arie.

Arie mengatakan, setiap tahun PUPR melakukan kegiatan pemeliharaan jembatan. Semua jembatan terutama yang berada di jalur-jalur utama rutin diperiksan dan diperbaiki. Umumnya jembatan-jembatan di pulau Jawa bisa menahan beban hingga 45 ton.

“Kondisi jembatan baik, tapi ya kalau kelebihan muatan jadi tidak baik,” kata Arie.

Untuk itu, kata Arie pihaknya telah berkoodinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk mengaktifkan kembali fungsi jembatan timbang secara profesional.

Arie menambahkan, butuh sekitar seminggu untuk tim menilai kondisi jembatan. Satu tim menilai bangunan bagian bawah, satu tim bagian atas. Setelah itu, butuh sekitar 1,5 bulan untuk memasang bentang yang baru. “Jadi kira-kira 2 bulan lah,” pungkasnya.

Sementara itu, Kemenhub akan menerapkan sistem bergantian bagi kendaraan dari Lamongan yang sudah terlanjur masuk antrian jembatan.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, untuk kendaraan kecil, baik dari Lamongan hingga Tuban dapat menggunakan jembatan Widang baru secara bersamaan. Sementara truk pengangkut barang dari arah Surabaya ke Tuban akan diarahkan ke Paciran, Brondong, dan Tuban.

Sementara kendaraan yang sudah masuk ke arah Lamongan akan diarahkan ke Cepu, Blora, dan Purwodadi. Untuk kendaraan yang sudah berada di Tuban menuju Surabaya akan diarahkan menuju ke jalan lama Deandels Tuban, Brondong, Paciran kemudian Surabaya.

“Pihak kepolisian juga akan memasang papan petunjuk arah untuk mengalihkan kendaraan barang agar sementara waktu tidak melintasi lokasi kejadian,” pungkas Budi. (tau/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Akses ke Donggala Mulai Terbuka

Akses ke Donggala Mulai Terbuka

Pemulihan kondisi akses jalan pasca gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala menjadi salah satu dari empat fokus Kementerian PUPR.


Jelang Musim Kering, Siapkan 2,2 Juta Ton Cadangan Beras

Jelang Musim Kering, Siapkan 2,2 Juta Ton Cadangan Beras

Gejala kekeringan yang melanda sejumlah daerah dikhawatirkan akan membuat harga pangan, khususnya beras meroket.


Jalan Tol Semarang-Solo Satu Tarif

Jalan Tol Semarang-Solo Satu Tarif

Kementerian PUPR dan PT Jasa Marga telah sepakat menetapkan tarif tunggal untuk Jalan Tol Semarang-Solo seksi A, B, dan C.


Untuk THR dan Gaji ke-13 PNS, Pemerintah Siapkan Rp35 Triliun

Untuk THR dan Gaji ke-13 PNS, Pemerintah Siapkan Rp35 Triliun

Lebaran tahun ini benar-benar memberi berkah bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan TNI/Polri. Baik yang masih aktif maupun yang sudah pensiun.


Jembatan Cincin Lama Selesai H-10 Lebaran

Jembatan Cincin Lama Selesai H-10 Lebaran

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono optimistis menyatakan bahwa perbaikan Jembatan Cincin Lama di Widang.


Divonis 15 tahun, Setnov Siapkan Banding

Divonis 15 tahun, Setnov Siapkan Banding

Kubu Setya Novanto (Setnov) sepertinya bakal melakukan perlawanan terhadap vonis yang dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta.


Mudik ke Semarang? Tak Perlu Lagi Keluar di Brexit

Mudik ke Semarang? Tak Perlu Lagi Keluar di Brexit

Kementerian PUPR Menargetkan sebagian ruas tol Pemalang-Batang yang masih dalam tahap pembangunan bisa dilalui pemudik pada Lebaran tahun 2018.


Tarif Tol di Indonesia Kemahalan

Tarif Tol di Indonesia Kemahalan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah mempertimbangkan opsi memperpanjang konsesi untuk Badan Pengelola Jalan Tol (BPTJ).


Pengawasan Kualitas Rumah Subsidi Ditingkatkan

Pengawasan Kualitas Rumah Subsidi Ditingkatkan

Kementerian PUPR akan memperketat pengawasan penyaluran Kredit Pemilikan Rumah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (KPR FLPP).


Pemerintah Mulai Siapkan Aturan Rumah Subsidi

Pemerintah Mulai Siapkan Aturan Rumah Subsidi

Pemerintah sedang menyiapkan peraturan menteri untuk menerbitkan surat layak fungsi (SLF) bagi rumah subsidi.



Berita Hari Ini

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!