Nasional
Share this on:

Rekonsiliasi Jokowi-Prabowo Terancam Batal

  • Rekonsiliasi Jokowi-Prabowo Terancam Batal
  • Rekonsiliasi Jokowi-Prabowo Terancam Batal

JAKARTA - Partai Gerindra setuju dengan usulan mantan koordinator Juru Bicara BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak, agar rekonsiliasi Jokowi-Prabowo dimanfaatkan membawa pulang Habib Rizieq Syihab ke Indonesia. Hal ini disinyalir berimbas pada rencana pertemuan antara Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

Barter politik menjadi penyebab pertemuan tersebut terancam batal. Sebelumnya, kedua tokoh itu disebut-sebut akan bertemu pada Juli ini. Namun, sampai sekarang rencana itu semakin tidak jelas.

Ketua DPP Partai Gerindra Habiburokhman mengatakan kepulangan Rizieq ke Indonesia sangat positif. Karena itu, pihaknya setuju dengan usulan Dahnil. Alasannya, usulan itu sejalan dengan keinginan umat. Dia sangat setuju dengan rekonsiliasi.

Namun, ada baiknya rekonsiliasi juga menyinggung soal kepulangan Rizieq.

"Bukan kami memaksakan, tapi saya sepakat dengan Dahnil. Secara pribadi saya juga punya janji kampanye ke konstituen untuk memulangkan Habib Rizieq apabila terpilih. Kepulangan beliau ke tanah air bisa membawa kesejukan dan memuluslan rekonsiliasi kebangsaan," kata Habiburokhman di Jakarta, Minggu (7/7) kemarin.

Anggota Badan Komunikasi DPP Partai Gerindra, Andre Rosiade juga setuju dengan usulan tersebut. Menurutnya, usulan Dahnil sangat tepat. "Ya kalau bisa bukan cuma Habib Rizieq, tetapi yang lain juga begitu," jelas Andre.

Saat ditanya soal rencana rekonsiliasi, Andre mengaku tidak bisa memastikan apakah rencana itu bisa terwujud. Menurutnya, kepastian rekonsiliasi tergantung pada Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

"Kita tidak tahu apakah pertemuan ini jadi atau tidak. Seandainya jadi tentu harapannya seluruh masalah bisa selesai. Termasuk membawa pulang Habib Rizieq. Harapan kita bisa selesai seluruh masalah. Soal jadi atau tidak pertemuan itu tergantung Pak Prabowo," tuturnya.

Seperti diketahui Dahnil Anzar Simanjuntak melempar wacana rekonsiliasi Jokowi dan Prabowo dimanfaatkan untuk membawa pulang Rizieq Syihab. "Ini pandangan pribadi saya, bila narasi rekonsiliasi politik mau digunakan, agaknya yang paling tepat beri kesempatan kepada HABIB RIZIEQ kembali ke Indonesia," tulis Dahnil dalam akun Twitter-nya, Jumat (5/7) lalu.

Anggota TKN Jokowi-Ma'ruf Amin, Hendrawan Supratikno menyatakan rekonsiliasi yang sehat adalah yang memikirkan kepentingan bangsa. Menurutnya, rekonsiliasi yang sehat muncul dari ketulusan dan komitmen untuk bersama sama memberikan yang terbaik bagi kepentingan dan kemajuan bangsa.

"Jadi bukan berhitung untung rugi atau pakai sistem barter politik," ujar Hendrawan di Jakarta, Minggu (7/7).

Rekonsiliasi, lanjutnya, dilakukan demi persatuan dan kesatuan bangsa. Bukan pertemuan yang sifatnya transaksional. Pertemuan tersebut jangan dibebani titipan transaksional dari para pendukungnya. Hal senada juga disampaikan anggota TKN Jokowi-Ma'ruf, Eva Kusuma Sundari.

Menurut Eva, rekonsiliasi penting untuk diwujudkan. Namun, bukan berarti mengorbankan keadilan. "Karena ini isu politik jangan mengorbankan moralitas. Kasus-kasus kriminal murni jangan dipaksakan untuk diputihkan. Jangan sampai demokrasi mengorbankan keadilan. Karena inti demokrasi adalah keadilan. Dalam demokrasi hukum adalah panglima," tegas Eva. (rh/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Tak Dapat WTP, Jokowi Minta Kementerian Perbaiki Diri

Tak Dapat WTP, Jokowi Minta Kementerian Perbaiki Diri

Alokasi anggaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam RAPBN TA 2020 disetujui Komisi V DPR RI sebesar Rp120,21 triliun.


Soal Pengganti Imam Nahrawi, Jokowi Minta Waktu Sehari

Soal Pengganti Imam Nahrawi, Jokowi Minta Waktu Sehari

Pengunduran diri Imam Nahrawi dari jabatannya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) sudah diterima Presiden Joko Widodo (Jokowi).


Imam Nahrawi Pamitan, Jokowi Bisa Pilih Orang Baru atau Plt

Imam Nahrawi Pamitan, Jokowi Bisa Pilih Orang Baru atau Plt

Menpora Imam Nahrawi resmi mundur dari jabatannya, Kamis (19/9). Ini setelah dirinya ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap dana hibah KONI oleh KPK.


Jokowi Urutan 16 Tokoh Muslim Berpengaruh di Dunia

Jokowi Urutan 16 Tokoh Muslim Berpengaruh di Dunia

Royal Islamic Strategic Studies Centre Yordania kembali merilis tokoh-tokoh muslim paling berpengaruh di dunia untuk tahun 2019.


Jokowi: Jangan Apa-apa Dicap Antek Asing

Jokowi: Jangan Apa-apa Dicap Antek Asing

Sikap alergi yang didasari apatisme, akan sulit menerima hal baru, terlebih hal-hal yang bersifat terobosan dalam membangun bangsa.


Kecewa, Jokowi Sentil Gubernur dan Tegur Menteri

Kecewa, Jokowi Sentil Gubernur dan Tegur Menteri

Kekecewaan Presiden Joko Widodo terhadap kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau dan Kelimantan Tengah begitu terlihat saat memimpin rapat terbata


Aksi Kritisi Sikap Jokowi

Aksi Kritisi Sikap Jokowi

Kendati aksi protes kian masif, Rapat Paripurna DPR RI ke-9 Masa Persidangan I periode 2019-2020 telah menyetujui dan mengesahkan Revisi UU Nomor 30 tahun 2002


Belum Copot Kapolda, Masih Fokus Penegakan Hukum Karhutla

Belum Copot Kapolda, Masih Fokus Penegakan Hukum Karhutla

Presiden Jokowi berjanji akan mencopot Kapolda dan Danrem yang tak mampu mengatasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).


Mendarat di Pekanbaru, Jokowi Langsung Gelar Rapat Terbatas

Mendarat di Pekanbaru, Jokowi Langsung Gelar Rapat Terbatas

Setelah melakukan rangkai pertemuan dengan sejumlah pengusaha tekstil di Istana Negara, Presiden Joko Widodo langsung bertolak ke Pekanbaru, Riau.


DPR Usul Jokowi Segera Lantik Pimpinan KPK Baru

DPR Usul Jokowi Segera Lantik Pimpinan KPK Baru

Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyerahkan tanggung jawab pengelolaan KPK kepada Presiden Joko Widodo.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!