Nasional
Share this on:

Ribuan Honorer K2 Daftar CPNS

  • Ribuan Honorer K2 Daftar CPNS
  • Ribuan Honorer K2 Daftar CPNS

JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) menampik adanya upaya mempersulit para tenaga honorer kategori dua (K2) untuk mendaftar CPNS baru. Data sampai kemarin (12/10) sore pukul 16.00 WIB menyebutkan jumlah honorer K2 yang daftar CPNS mencapai 6.218 orang.

Rekapitulasi sementara dari BKN menyebutkan total jumlah pembuat akun di website sscn.bkn.go.id mencapai 4.228.686 orang. Dari jumlah tersebut pelamar yang sudah menyelesaikan proses pendaftaran ada 2.802.751 orang. Khusus untuk pelamar kategori honorer K2, jumlah yang sudah membuat akun ada 7.556 orang. Dari jumlah tersebut 6.218 orang sudah menyelesaikan proses pendaftaran.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan menuturkan skema pendaftaran bagi para tenaga honorer K2 memang berbeda dengan pelamar umum. Sebelum membuat akun di website sscn.bkn.go.id para tenaga honorer K2 itu memang diwajibkan untuk melakukan verifikasi ke Badan Kepegawaian Derah (BKN) setempat.

Di kantor BKD setempat, para tenaga honorer K2 itu melakukan verifikasi kartu tanda peserta ujian tes CPNS yang digelar 2013 lalu. Setelah mendapatkan tanda tangan verifikasi dari BKD, mereka baru bisa membuat akun di website sscn.bkn.go.id.

’’Sering kali eks tenaga honorer K2 mau buru-buru saja. Tanpa baca petunjuk (pendaftaran, Red),’’ jelasnya.

Ridwan menegaskan panduan pendaftaran untuk kelompok tenaga honorer K2, maupun kelompok pendaftar lainnya, sudah disajikan di website pendaftaran CPNS. Dia mengatakan ketika tenaga honorer K2 sudah bisa membuat akun di website sscn.bkn.go.id, berarti proses verifikasi di BKD sudah selesai.

Deputi Sumber Daya Manausia (SDM) Aparatur Kementerian PAN-RB Setiawan Wangsaatmaja mengatakan tenaga honorer K2 yang mendaftar CPNS baru tetap harus melewati selesai. ’’Honorer K2 tidak otomatis masuk (menjadi CPNS, red),’’ tuturnya.

Setiawan menjelaskan proses seleksi bagi honorer K2 hanya untuk sesama K2 saja. Begitupula untuk pelamar kategori lulusan cumlaude hanya menjalani seleksi sesama pelamar kategori cumlaude.

Dia juga mengatakan proses seleksi CPNS di wilayah yang terdampai gemda dan tsunami di Sulawesi Tengah ditunda. Diantaranya di Kota Palu, Kabupaten Donggala, serta Kabupaten Sigi. Namun Setiawan belum bisa menuturkan penundaan pelaksanaan pendaftaran tes CPNS di daerah terdampak bencana itu diterapkan sampai kapan. (wan/jpg)

Berita Berikutnya

Bank Dunia Bantu Rp76 Miliar
Bank Dunia Bantu Rp76 Miliar

Berita Sejenis

Hasil Pilpres Dibayangi Gugatan

Hasil Pilpres Dibayangi Gugatan

Aroma konflik pascapilpres mulai terasa. Ini ditandai dengan kecemasan soal kontroversi Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang belum tuntas.


Menpora Diduga Terima Rp1,5 Miliar

Menpora Diduga Terima Rp1,5 Miliar

Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK menampilkan daftar pembagian dana hibah dari Kemenpora sejumlah total Rp3,4 miliar.


Isu Keppres Pengangkatan Honorer K2 Jadi PNS Tak Masuk Akal

Isu Keppres Pengangkatan Honorer K2 Jadi PNS Tak Masuk Akal

Pengurus honorer K2 di sejumlah daerah ramai membahas rencana silaturahmi nasional (silatnas) akbar dengan Presiden Joko Widodo.


Pendaftar PPPK Tembus 80 Ribu

Pendaftar PPPK Tembus 80 Ribu

Antusiasme para pegawai honorer K2 untuk mengikuti seleksi calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahap pertama tahun ini cukup tinggi.


Siap-siap, Juni Nanti Ada Seleksi CPNS Lagi

Siap-siap, Juni Nanti Ada Seleksi CPNS Lagi

Tenaga pendidikan dan kesehatan bakal jadi fokus utama perekrutan dalam seleksi CPNS (calon pegawai negeri sipil) tahun ini.


Yakin Bebas, Ribuan Santri Siap Sambut Ba’asyir

Yakin Bebas, Ribuan Santri Siap Sambut Ba’asyir

Munculnya silang pendapat antara Presiden RI Joko Widodo dengan jajaran menterinya terkait pembebasan Ustad Abu Bakar Ba’asyir.


Honorer Ingin Semua Diakomodasi

Honorer Ingin Semua Diakomodasi

Tawaran pemerintah untuk mengundang 159 ribu guru honorer K2 mengikuti tes calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPPK) belum mendapat respon positi


Alhamdulillah, 159 ribu Guru Honorer K2 Bisa Jadi PPPK

Alhamdulillah, 159 ribu Guru Honorer K2 Bisa Jadi PPPK

Jumlah guru honorer K2 yang akan mengikuti tes Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPPK) sudah selesai dipetakan.


Alhamdulillah, MA Cabut Batas Usia Maksimal CPNS 35 Tahun

Alhamdulillah, MA Cabut Batas Usia Maksimal CPNS 35 Tahun

Mahkamah Agung (MA) mengabulkan sebagian permohonan gugatan guru honorer kepada menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi (PAN-RB).


Urus NIP Setelah Semua Klir

Urus NIP Setelah Semua Klir

Sejumlah instansi sudah mengumumkan hasil akhir seleksi calon pengawai negeri sipil (CPNS). Tahap berikutnya adalah pemberkasan nomor induk pegawai (NIP).



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!