Nasional
Share this on:

Rupiah Melemah, Biaya Haji Bengkak Rp550 Miliar

  • Rupiah Melemah, Biaya Haji Bengkak Rp550 Miliar
  • Rupiah Melemah, Biaya Haji Bengkak Rp550 Miliar

** JAKARTA** - Pelamahan nilai rupiah terhadap dolar (USD) dan riyal (SAR) berdampak pada biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) 2018. Secara resmi Kementerian Agama (Kemenag) meminta persetujuan penambahan biaya kepada DPR kemarin (24/5). Jumlahnya mencapai Rp550,990 miliar.

Permintaan penambahan biaya akibat pelemahan rupiah itu disetujui Komisi VIII DPR. Untungnya penambahan biaya itu menggunakan uang hasil pengelolaan (indirect cost). Jadi jamaah tidak perlu menanggungnya. Sebab jika kekurangan sebesar Rp550,990 miliar itu dibebankan kepada 204 ribu jamaah haji reguler, setiap orangnya harus menambah ongkos haji sampai Rp2,7 juta.

Menag Lukman Hakim Saifuddin mengatakan nilai riyal terhadap dolar (USD) bersifat tetap atau fixed. Nah ketika nilai rupiah terhadap dolar (USD) melemah, otomatis rupiah juga melemah terhadap riyal. Dia menjelaskan ketika BPIH 2018 disahkan 12 Maret lalu, sesuai data acuan kurs tengah BI, 1 riyal setara dengan Rp3.671 dan 1 USD setara Rp13.766.

Namun pada 23 Mei nilai tukar itu mengalami kenaikan yang lumayan tinggi. Saat ini 1 riyal setara dengan Rp3.784 dan 1 USD setara dengan Rp14.192. Lukman mengatakan menginginkan asumsi riyal dalam BPIH diubah dari Rp3.671 per 1 riyal, menjadi Rp 3.850 per 1 Riyal.

’’Setiap pelemahan Rupiah terhadap SAR (Riyal, Red) sebesar Rp10 butuh tambahan alokasi selisih kurs sebesar Rp 20,749 miliar,’’ kata Lukman.

Dengan usulan perubahan asumsi kurs riyal tersebut, maka secara umum juga ada perubahan dengan total indirect cost BPIH 2018. Sebelumnya dana indirect cost BPIH dipatok Rp6,327 triliun, kemudian bertambah menjadi Rp6,878 triliun. Sebab ada penambahan biaya selisih kurs akibat pelemahan rupiah terhadap riyal maupun dolar sebesar Rp550,990 miliar.

Lukman mengatakan ke depan jangan sampai ada perubahan BPIH karena fluktuasi kurs rupiah terhadap riyal maupun dolar. Untuk itu dia mengusulkan supaya pembayaran atau pelunasan BPIH kembali menggunakan acuan dolar (USD) kembali. Seperti diketahui sejak 2016, pembayaran dan pelunasan BPIH menggunakan acuan Rupiah.

Politisi PPP itu menjelaskan jika pembayaran BPIH menggunakan acuan dolar, maka bisa mencegah resiko munculnya selisih kurs yang besar. Teknisnya calon jamaah haji tetap menyetor uang Rupiah saat pendaftaran maupun pelunasan. Hanya saja uang yang diserahkan nilainya berubah-ubah, tergantung nilai kurs rupiah terhadap dolar saat hari pelunasan.

Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher Parasong menyambut baik usulan penambahan biaya indirect cost, akibat pelemahan rupiah terhadap riyal maupun dolar itu. Dia menjelaskan perubahan BPIH 2018 supaya segera ditetapkan oleh Keputusan Presiden (Keppres).

Kalaupun Keppres belum terbit, Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) tetap diperbolehkan mengeluarkan uang kepada Kemenag untuk keperluan operasional haji. Seperti uang muka sewa pemondokan dan pembayaran kontrak akomodasi lain di Arab Saudi. (wan/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Bos First Travel Divonis Maksimal

Bos First Travel Divonis Maksimal

Seolah air matanya telah mengering, tak ada raut sedih yang berlebihan dari Anniesa Hasibuan dan dua terdakwa kasus penipuan haji dan umroh lainnya


Pelunasan Tahap Kedua, Tetap Wajib Cek Kesehatan

Pelunasan Tahap Kedua, Tetap Wajib Cek Kesehatan

Kemenag rencananya mulai umumkan nama calon jamaah haji (CJH) berhak lunas biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) tahap kedua kemarin (11/5).


Dituntut Jaksa Penjara 20 Tahun, Bos Travel Nangis

Dituntut Jaksa Penjara 20 Tahun, Bos Travel Nangis

Anniesa Hasibuan, salah satu terdakwa kasus penipuan berkedok biro haji dan umroh First Travel tidak mampu menyembunyikan kesedihannya.


Tak Bisa Lagi Andalkan Devisa

Tak Bisa Lagi Andalkan Devisa

Rupiah yang melemah dalam beberapa hari terakhir menyebabkan Bank Indonesia (BI) semakin aktif melakukan intervensi pasar.


Calon Jamaah Haji Wafat, Sekarang Bisa Digantikan

Calon Jamaah Haji Wafat, Sekarang Bisa Digantikan

Kemenag mengeluarkan kebijakan baru yang membolehkan Calon Jamaah Haji yang wafat sebelum berangkat, digantikan oleh salah satu anggota keluarganya.


Hari Pertama, Sudah 26.396 CJH Lunasi ONH

Hari Pertama, Sudah 26.396 CJH Lunasi ONH

Pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) reguler 2018 hari pertama kemarin (16/4) berjalan lancar.


Keppres BPIH Terbit, Pelunasan Dibuka Pekan Depan

Keppres BPIH Terbit, Pelunasan Dibuka Pekan Depan

Setelah ditunggu beberapa hari, Keputusan Presiden (Kappres) tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) reguler 2018 telah terbit.


Dana Abu Tours Tinggal Rp2 Miliar

Dana Abu Tours Tinggal Rp2 Miliar

Aset Abu Tours yang tersisa tidak cukup lagi untuk mengembalikan dana jamaah. Termasuk untuk memberangkatkan jamaah yang belum umrah.


Syahrini Bantah Kecipratan Uang First Travel

Syahrini Bantah Kecipratan Uang First Travel

Syahrini memenuhi panggilan sebagai saksi dalam kasus penipuan biro umroh dan haji First Travel (FT), kemarin.


Jelang Pelunasan, Keppres BPIH Belum Terbit

Jelang Pelunasan, Keppres BPIH Belum Terbit

Kementerian Agama (Kemenag) sudah melansir jadwal pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) regular 2018. Bisa dimulai selasa besok (3/4).



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!